Siapkan Bulan Ramadhan Dengan Berbagi Kedamaian


Vemala
11 February 2015

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu umat islam, Karena Di bulan tersebut banyak keistimewaan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu umat islam, Karena Di bulan tersebut banyak keistimewaan dan Spesial di banding bulan lainnnya yang memiliki manfaat untuk jasmani dan rohani. 

 

Mungkin sebagian umat muslim, akan berfikir melakukan ibadah berpuasa di bulan ramadhan hanya melakukan kewajiban saja. Namun sebagian lainnya menyadari , bahwa di bulan puasa merupakan untuk meningkatkan keimanan dan kesehatan jiwa dan raga. Dengan begitu sebentar lagi kita akan mengetahuinya tentang manfaat yang sangat istimewa yang sesungguhnya, tentang menjalani ibadah di bulan ramadhan.

 

Mempersiapkan Bulan Puasa Dengan Jiwa Dan Raga
 
Untuk melakukan apapun itu, Termasuk menjalani bulan puasa ramadhan memerlukan persiapan diri entah itu secara jiwa dan raga.
 
Kenapa perlu mempersiapkan hal itu ?
 
Karena di saat melakukan ibadah dibulan ramadhan memerlukan semua itu, sehingga ibadah yang di lakukan bisa berjalan dengan pada semestinya dan berjalan dengan sangat baik.
 
Ada banyak hal yang akan kita pelajari untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari menjalankan bulan puasa, seperti pada penjelasan di bawah ini.
 

Mendekatkan hati Dan Fikiran Pada pencipta

 

Menjalani ibadah bulan puasa, bukan hanya melakukannya saja dan selesai sudah. Tapi hal yang paling dari itu adalah bagaimana ada menjalaninya dengan ilmu yang cukup dan hati yang damai dan senang hati melakukan ibadah ibadah di bulan puasa.
 
Kita tidak tahu, apakah ibadah kita sudah berjalan dengan baik atau tidak. Namun kita bisa menjalinya dengan mempersiapkan ilmu dan kematangan hari dengan suka cita menjalaninya.
 

Persiapkan Fikiran Untuk Ilmu Islam Lebih Banyak

 

Sebagain dari kita mungkin sudah mengetahuinya ilmu penegtahuan tentang sejarah di bulan ramadhan dan ibadah-ibadah yang seperti apa yang harus dilakukan sehingga di saat melakukannya mendapatkan ilmu yang cukup, sehingga mendekati untuk terimanya ibadah kita.
 
Bagaimana Mungkin kita mendapatkan ibadah yang baik, namun kit sendiri tidak tahu ilmu apa saja yang harus di amalkan untuk menjalani ibadah di bulan Rmadhan. Jika anda sebelumnya tidak tau tentang apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik , maka sekarang sudah tau apa saja yang harus dilakukan dan bisa dengan melakukan hal dibawah ini.
 
1. melakukan Berbukan Puasa Dengan Tepat waktu
2. Melakukan sahur
3. Membaca Al-Quran ( Tilawah )
4. Memberik Makanan Terhadap Seseorang Yang Berpuasa
5. Berdakwah
6. Shalat Terawih
7. Itikaf
8. Lailatul Qodar
9. Zakat Fitrah
10 Bertobat
11. Umrah ( Jika Mampu )
 
Nah ! beberapa amalan yang telah disampaikan diatas merupakan ibadah sunah yang dilakukan selama menjani ibadah di bulan ramadhan.
 
Namun, Pengetahuan tentang ibadah dibulan ramadhan tidak cukup sampai disitu saja untuk menjalani ibadah bulan puasa dengan maksimal untuk mendekati diterimanya ibadah kita. Perlu pendekatan lainnya.
 
Mendekatkan Hati Kepada Allah Untuk Merasakan Ibadah Yang Sesungguhnya
Setelah tadi bicara tentang persiapan ibadah sunah apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan iabadah yang maksimal. Namun pertanyaannya adalah . apakah di saat melakukan puasa gimana hati kita :
  • Apakah Ikhlas Kita mejalaninya ?
  • Apakah  Terpaksa Menjalaninya , karena itu kewajiban ?
  • Apakah Biasa Saja melakukannya ( tiadak ada hikmat yang di dapat ) ?
  • Apakah Kita Menikmatinya ?
  • Apakah Ibadah Yang Kita lakukan agar terlihat orang lain ?

 

Ya ! Hal tersebut apakah pernah kita tanyakan kepada diri sendiri di saat melakukannya. Apakah kita hanya menjalankan begitu saja tanpa ada apa-apa yang harus di ambil untuk meningkatkan diri di hadapan allah SWT .
Mungkin kita lupa untuk melakukannya. Namun tidak ada kata terlembat untuk mengetahuinya dan mengamalkannya .
Kita tidak tau pasti , apakah ibadah kita dilakukan dengan hati yang bersuka cita ataupun tidak. Namun setidaknya kita membutuhkan usaha untuk memantau hati kita dengan selama menjalankannya.
 

Periksa Hati Kita Disaat Melakukan Ibadah Ramadhan

 

Seseorang tidak bisa memastikan apakah yang dilakukan oleh orang lain rasakan tentang ibadah yang dilakukan dengan hati yang senang atau tidak. Tapi kita bisa memulai dengan memerhatikan sikat perasaan kita sendiri di saat menjalaninya.
 
Seseorang yang memiliki niat yang ikhlah karena allah memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini dan anda bias memantu sendiri apa yang dirasakan oleh hati kita.
  • Tidak merasa kecewa dengan hasil yang di dapat, meskipun di anggap gagal

 

Disaat melakukan ibadah di bulan ramadhan  tentunya banyak orang yang berharap kepada Allah SWT, agar dosa dan tujuan hidupnya akan tercapai seperti yang diharapkan, karena pahala yang akan di dapat dilipat gandakan.
 
Jikalau haran seseorang yang memiliki hati yang ikhlas hanya untuk memenuhi kecintaannya kepada allah. Maka hasil yang akan di dapatpun itu, maka ia tidak akan pernah kecwa, meskipun hasilnya belum terpenuhi seperti yang diharapkan. Karena dia sadar, bahwa kita boleh berharap apapun kepada Allah SWT, tapi kita juga harus berfikir positif dan mempercayai apapun keputusan yang telah ia berikan kepada hambanya.
  • Hati Yang Damai Disaat Melakukannya
Hati kita itu ibarat roh dari setiap apa yang kita lakukan. Seperti melakukan ibadah puasa ramdhan ini. Apa sih yang kita rasakan ?
  1. Apakah bergemuruh ga karuan kah ?
  2. Apakah hati ini penuh rasa damai ?
  3. Apakah kebencian yang menyelimuti kegitan kita di bulan ramadhan ?
Dan tentunya hanya kita sendiri dan Allah SWT yang mengatahuinya hal tersbut.

Setiap hari kita pasti mengakses perasaan tertentu, entah itu di pengaruhi dengan aktifitas bekerja, sekolah, lingkungan dan lain sebagainya. Namun , kita tidak bisa mengentrol setiap detikanya perasaan kita untuk bisa merasakan damai yang menyenangkan, namun kita bisa mengotrol perasaan yang mucul dari pengaruh yang ada dari setiap perasaan yang muncul dan mengarahkannya kembali ke arah yang damai dan melakukan Istigfar, dan meminta maaf disaat itu juga kepada Allah SWT.
  • Selalu berharap, hanya kepada Allah SWT, Bersyukur Dan Beramal
Menikmati dari setiap iabadah yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki hati yang tulus, maka akan merasakan rasa syukur dihatinya, berharap hanya kepada Allah dan selalu menyebar Amal kebagian bagi sesama manusia (rahmatan lil ‘alamin )
  1. Bersyukur
Rasa syukur merupakan hal yang dirasakan oleh seseorang  yang memiliki rasa terima kasih terhadap apa yang di dapat atas pemberian Allah SWT . Apapun itu menyenangkan atau tidaknya bagi seseorang tersebut.
 
      2.Berharap Hanya Kepada Allah
 
Setiap orang dalam menjalani kehidupan pastinya memerlukan harapan atau impian. Apapun itu impiannya tersebut. Namun sebaiknya-baiknya harapan tersebut adalah dilakukan dengan cara hanya mengharapkan kepadanya Allah SWT.
 
Kita berbuat baik sesuai ajaran Islam, seperti menolong sesama manusia, dan melakukan kebaikannya. Semata-mata hanya melakukan kehidupan sesuai ridho Allah, dan tentunya kitapun sangat boleh berharap hanya kepada Allah. Karena Allah itu sendiri lebih mnyukai orang yang meminta kepada Allah.
 

Berbagi Kedamaian Di Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkah

 

Berbagi kedamaian dengan sesama artinya berbagi kebahagian kepada seluruh manusia

 

Mungkin kita tidak bisa memberikan kebahagiaan kepada semua manusia. Namun kita bisa memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita, yang akan menghadirkan kedamaian yang lainnya.

 

وَماأَرْسَلْناكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ

 

Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107).

Imam Ali Berkata “Mereka yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan.” .

Jadi, kita  bisa berbagi apa saja dalam kebaikan dan kepada siapa saja dengan bertujuan kebaikan sesama manusia , seperti pada penjelasan hadist di atas, bahwa sesungguhnya, nabi muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa sallam di utus oleh Allah, sebagai bentuk kasih sayang Allah terhadap seluruh manusia.



Berbagi sesuatu untuk kedamaian bisa dengan cara apa saja. Karena setiap orang memiliki keinginan/tradisi yang berbeda pula. Mungkin, karena di bulan ramadhan ini selalu identik dengan hati yang baru dan terutama di indonesia sendiri, sering merayakannya dengan memberikan suatu barang untuk berbagi kebahagiaan.

Selain itu berbagi sesuatu hal memiliki manfaat lainnya seperti :
  • Memberikan Rasa Bahagia, Nyaman dan lain-lain
  • Lebih menghargai diri sendiri
  • Mempererat Persaudaraan
  • Memberikan kedamaian hati
  • Kebaikan akan menghadirkan kebaikan yang lainnya
Nah ! dengan melihat banyak sekali kebaikan yang akan timbul dari berbagi kedamainan dengan berbagi dengan sesama tersebut, maka sebaiknya nya, anda sudah bisa merasakan kebahagian tersebut dan memutuskan untuk melakukan hal kebaikan.
 

Memulai Kebaikan Dalam Kedamaian , Dengan Berbagi Sesuatu

 

Dengan melihat banyak sekali manfaat seperti yang telah disampaikan di atas. Mungkin sebagian dari kita akan melakukan berbagi kebaikan antar sesama. Namun jika masih merasa bingung untuk memulai kebaikan tersebut, maka bisa dengan melakukan cara pada penjelasan di bawah ini.
 

Sekarang ini di era digital sangat mudah untuk berbagi banyak hal, karena sudah banyak barang yang akan kita beli untuk keperluan Ramadhan, seperti mukena, sarung dan kebutuhan lainnya untuk memenuhi kebutuhan apa saja yang di perlukan di bulan ramadhan.

Mungkin Anda Akan Berbagi Kebahagian Dibulan Ramadhan Yang Penuh Berkah Ini Dengan :

  • Berbagia kebahagiaan Dengan Sodara Kandung
  • Berbagia kebahagiaan Dengan pasangan
  • Berbagia kebahagiaan Dengan Sesama Muslim
  • Berbagia kebahagiaan Bersama Sodara Kemanusiaan

Berbagi Kepada Perempuan :
jika anda ingin berbagi dengan seorang perempuan, tentunya anda bisa menyesuaikan barang apa saja yang akan di berikan, sesuai dengan kebutuhannya dan anda bisa dengan memilihkan pakaian Muslim perempuan atau memberikannya Jilbab .

Berbagai Kepada Pria :
Setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda dengan memberikan hadiah untuk menberi kebahagiaan kepada pria. entah itu untuk pasangan, sodara dan lain sebagainya. Tentunya,barang yang bisa dengan memberikannya baju koko untuk kebutuhan beribadah .

Anda, bisa dengan membeli kebutuhan yang ada dan secara online. Seperti di toko online elevenia.co.id ini. Dengan melakukan tahapan yang mudah saja, maka kebutuhan yang akan anda lakukan dalam berbagi kebaikan akan di mudahkan.
 
1. Pilih Produk Yang Akan Di Pesan
2. Lakukan Transaksi
3. Barang Sampai Dilokasi Yang Anda Inginkan
1. Cara Mudah Berlanja Di Elevenia

 

2. Pilih Produk Yang Akan Anda Pesan

 

3. Isi Alamat Yang DI Inginkan

4. Via Proses Pembayaran Dan Via My Elevenia

 

Nah! Bagaimana, mudahkan cara membeli produk untuk memenuhhi kebutuhan d bulan Ramadhan anda dan proses berbagi barang untuk memberik kebahagian terhadap orang lain akan dimudahkan.


Leave a Reply