cara mengatasi insomnia atau susah tidur


Vemala
13 October 2015

Susah tidur atau insomnia di malam hari itu sangat menjengkelkan karna untuk kesokan harinya saat

 suber : wikipedia













Susah tidur atau insomnia di malam hari itu sangat menjengkelkan karna untuk kesokan harinya saat beraktifitas akan terasa ngantuk, tentu saja itu sangat mengganggu, jika kita ingin mengatasi insomnia atau susah tidur  memang banyak caranya penyebabnya bisa di sebabkan masalah yang belum terselesaikan fikiran masih memikirkan hal lain selain rasa ngantuk itu sendiri atau susah tidur dari factor lainnya.
Mengatasi imsonia atau susah tidur memang ini tidak terlalu mudah maupun tidak terlalu sulit tergantung sejauh mana anda memahami factor apa saja yang mempengaruhi anda susah tidur.
Faktor internal : bagaimana mungkin anda bisa tidur sedangkan anda punya permasalahan hidup yang belum terselesaikan dan anda terus-menerus memikirkan nya sampai perasaan anda tidak nyaman, khawatir, takut dll seperti memikirkan besok mau UAS, masalah pekerjaan atau masalah utang dan masih banyak lagi.
Caranya : tentunya anda harus melepaskan semua beban itu dengan cara melupakan masalah tersebut bisa dengan bercengkrama sama orang yang anda sayangi, istri, pacar, keluarga dll
Anda bisa melakukan dengan berzikir, meditasi, yoga dll dengan cara seperti itu anda harus mengingat TUHAN dekatkan diri anda dengan tuhan pada sesungguhnya masalah itu hal yang wajar dan kecil tidak ada yang besar kecuali TUHAN, percayakan semua itu padanya.
Factor eksternal :
·         kebersihan, cuci muka anda sampai kaki anda dan bagian tubuh yang lainnya. Dengan cara ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga membantu anda untuk tidur.
·         Jadwalkan  waktu tidur dan bangun anda. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya, Biasakan menjadwalkan pola tidur Anda.
·         Buatlah tubuh Anda lelah, dengan berolahraga tubuh anda akan menjadi lelah dengan begitu anda akan mulai mengantuk.
·         Hindari minuman mengandung kafein, disaat di sore hari dan malam hari apalagi saat akan tidur.
·         Minumlah air putih yang hangat pada saat jam menjelang tidur karna akan membuat anda nyaman. Makan yang cukup jangan terlalu kenyang maupun kurang makan.
·         Buatlah tempat tidur anda menjadi nyaman, mulai dari posisi tempat tidur pencahayaan, matikan lampu atau nyalakan lampu, saya sarankan jangan menyalakan lampu saat tidur meskipun anda merasa nyaman untuk tidur karna jika keseringan itu kurang bagus buat kesehatan anda.
·         Saya tidak menganjurkan mengkonsumsi obat tidur,Jika berbagai cara anda lakukan belum mendapatkan hasil cobalah konsumsi obat tidur tentu saja harus dengan resep dokter, bagaimana pun tidur adalah kebutuhan biologis maupun psikologis manusia jika terus menerus mengandalkan obat tidur sebaiknya periksakan kesehatan anda itu ke dokter maupun psikologis.

source image : wikipedia


2 Responses to “cara mengatasi insomnia atau susah tidur”

  1. kalo susah tidur susah juga ya mas, mudah mudahan bisa bermanfaat bagi semua ya mas 🙂 amin

Leave a Reply