Prinsip Di Balik Kesuksesan Orang Jepang


Vemala
27 October 2015

Seperti banyak orang tahu Jepang adalah salah satu negara yang sangat maju yang berada di

Seperti banyak orang tahu Jepang adalah salah satu negara yang sangat maju yang berada di Negara kawasan Asia. Bahkan Jepang mampu meraih kesuksesan di beberapa industry yang berskala internasional seperti industry otomotif, elektronik dan hiburan,.Negara Jepang senantiasa berkembang dengan pesat,tentu saja hal itu tidak terlepas dari pola fikir masyarakat Jepang sendiri. Selain disiplin dan pekerja keras ternyata masih banyak lagi karakter dan pola fikir positif masyarakat jepang.
  • Terus Berinovasi

Teruslah berinovasi Pada intinya yang menjadi masyarakat jepang maju adalah keinginannya untuk memecahkan masalah dengan cara yang mudah . Inilah sebabnya banyak produk yang di keluarkan oleh jepang yang banyak di nikmati saat ini menjadi produk berkualitas yang di pasarkan internasional.
dalam dunia bisnis inovasi merupakan hal yang sangat penting karna tingkat persaingan yang semakin besar setiap saatnya kerja keras untuk berinovasi sangatlah di perlukan. Ini seharusnya menjadi contoh untuk setiap Negara, tentunya untuk Negara kita, sebenarnya bangsa Indonesia juga mempunyai talenta yang cukup banyak cuman kurangnya inovasi dan kerja keras maka itu hanya akan tidak berkembang.



  • Tanamkan rasa malu

Dari zaman dulu Orang Jepang sangat ketat untuk menanamkan budaya selalu merasa malu jika melakukan kesalahan buruk atau gagal dalam melakukan sesuatu.
Di jepang ada suatu Ritual untuk mengakhiri hidup yang di sebut budaya hara-kiri, para samurai zaman dulu budaya hara-kiri menjadi jalan terakhir bagi seseorang yang melakukan kesalahan yang  tidak pantas. Dan mereka berfikir, dari pada hidup lebih baik mengakhiri hidup mereka daripada membawa beban rasa malu tersebut, pada jaman modern sekarang ini mungkin budaya tersebut tidak dilakukan dengan cara se ektrim itu,seperti banyak orang tau budaya ini di terapkan para pejabat atau tokoh pemimpin jepang jika ada anggota pejabat ada yang di duga terjerat kasus korupsi atau diketahui melakukan kesalahan tak pantas maka dengan sendirinya mereka akan memundurkan diri dari jabatannya. Coba anda tebak sendiri kalo Indonesia seperti apa.

  • Pantang menyerah

 Mungkin sebagian dari kita bisa membayangkan  pantang menyerah adalah hal yang sulit dan rumit, kerja keras yang butuh banyak waktu dan kesabaran, ya memang itu tidaklah mudah dan masyakat jepang pun faham akal hal itu dan pantang menyerah adalah sikap mental yang paling penting dalam setiap aspek kehidupan manusia, Sebagai wujud pendidikan mental, bahkan pentingnya pendidikan mental negara Jepang mempunyai suatu bidang ilmu khusus untuk mempelajari tentang kegagalan yang dikenal dengan istilah shippaigaku.
Karakter yang saya sampaikan diatas memang sebagian kecil kebiasaan dan budaya Negara jepang yang tentunya masih banyak lagi contoh lain,saya hanya menjelaskan sebagian kecil yang masih di pegang erat masyarakat jepang.



source Image : nonikhairani



Leave a Reply