Hadapi kritikan di tempat kerja,dengan beberapa tips ampuh ini


Vemala
22 January 2016

Ada kalanya dalam setiap pekerjaan mendapati kritikan, entar itu dari atasan langsung maupung dari rekan


Ada kalanya dalam setiap pekerjaan mendapati kritikan, entar itu dari atasan langsung maupung dari rekan kerja anda, tujuan dari mengkrik pekerja adalah untuk meningkatkan dan membangun semangat kerja , namun adakalanya kritikan yang di dapat terkadang berlebihan dan justru mendekati menghina, sebaiknya hal ini tidak seharusnya terjadi, karna semua harus sesuai kadar standar proporsional.
Bagi anda seorang karyawan janganlah terpancing emosi jika mendapati kritikan bahkan kritikan yang pedas, jika melihat faktanya kritikan sebenarnya tidak perlu dilakukan, malah akan menimbulkan konflik,akan tetapi jika itu terjadi,anda sebaiknya memperhatikan beberapa berikut ini untuk menghadapi kritikan pedah dari atasan anda.
1. Dengarkan Saja Dulu, jangan cepat emosi
Ketika anda mendapatkan kritikan dari atasan anda atau rekan kerja anda, sebaiknya yang harus dilakukan adalah mendengarkan apa yang di sampaikan yang mengkritisi sampai selesai,meskipun jika hal yang di kritisi,anda  tidak merasa salah, hal yang harus dilakukan adalah ketika yang mengkritisi merasa sudah selesai, anda jelaskan sejelas-jelasnya apa hal yang dikritik dengan sikap yang tenang dan sabar,sehingga mereka akan mengerti apa yang anda jelaskan. bisa saja mereka tidak mengerti atau tidak tahu apa yang telah anda kerjakan.
2. Jangan Menyalahkan Orang Lain
Menyalahkan oranglain adalah sikap kekanak-kanakan dalam menanggulangi masalah, karena sama dengan lari dari tanggung jawab, sebaiknya lakukan sendiri tanggung jawab anda dan lakukan yang terbaik untuk kinerja anda. Seberapa pedaspun kritikan yang di sampaikan atasan anda, lebih baik dengarkan dengan jelas,lalu pelajari. Dengan anda menyalahkan oranglain justru akan mendapatkan masalah baru bagi anda dan lingkungan kerja anda, hasilnya membuat anda bertambah pusing.
3. Evaluasi Diri Sendiri perlu dilakukan
Evaluasi diri banyak menguntungkan bagi diri sendiri, terutama kita melakukannya secara berkala, dengan seringnya mengevaluasi diri maka akan terlatih juga sikap yang bagus dan kuat untuk anda,terutama dalam menghadapi kritikan dari atasan anda.
Terkadang memang kritikan yang disampaikan sangat pedas, apalagi kadang kritikan suka berlebihan dari apa yang telah anda lakukan. Saran saya hadapi saja, janganlah takut untuk menghadapinya.
4. Jangan Anggap Personal suatu kritikan
Tujuan dari kritis sendiri itu sebenarnya untuk meningkatkan kinerja atau sikap anda dalam pekerjaan. Terkadang dari sikap penyampaian yang beragam, janganlah menganggap kiritikan ungkapan dari ketidaksukaan secara personal,anggap saja sebagai untuk meningkatkan kualitas kerja anda, meskipun yang di kritikan tidak sesuai dengan yang anda lakukan , cukup dengarkan sampai selesai,ambil sisi baiknya.
5. Minta Penjelasan jika merasa kurang mengerti dengan kritikan yang disampaikan
Tidak usah ragu atau takut jika hal yang di kritik yang disampaikan kurang jelas atu kurang mengerti, karna itu lebih baik dari pada anda pura-pura mengerti yang kemudian mengulangi hal tersebut, tanyakanlah jika dirasa kurang jelas dengan kritisi yang atasan anda sampaikan dan jangan ragu karna itu hal biasa ketika ketidakjelasan harus diketahui secarajelas.

Baca juga  :  mempunyai gaji besar bukan berarti sudah sukses

source image  :  wafertango.com


Leave a Reply