Inilah 5 penyebab kegagalan bagi pelaku bisnis pemula


Vemala
27 January 2016

Setiap usaha yang dijalani memang harus melewati suatu ujian yaitu sebuah kegagalan, melihat dari beberapa

Setiap usaha yang dijalani memang harus melewati suatu ujian yaitu sebuah kegagalan, melihat dari beberapa pengalaman pengusaha sukses di Indonesia sendiri memanglah kegagalan dari suatu usaha harus melaluinya, dari situ kita akan banyak belajar hal yang bermanfaat untuk kedepannya dalam membangun suatu usaha. Janganlah berputus asa karna pepatah mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Tak heran mamang kebanyakan dari pengusaha pemula tidak begitu tahan dengan hasil yang didapat, karna rencana yang telah disusun dan di aplikasikannya dalam usaha tidak mendapatkan keuntungan, malah mendapatkan kegagalan.
Rasa kecewa yang di rasakan adalah suatu yang wajar, mungkin saja semua pengusaha mengalami kecewa dalam dalam kegagalan usahanya. Untuk mencapai kesuksesan memanglah tidak mudah harus melalui perjalanan panjang yang berliku.
Kegagalan dari suatu usaha bukanlah hal yang baru, ini merupakan permasalahan classic bagi para pelaku usaha yang harus di selesaikan. Kegagalan dari usaha yang dijalani mungkin di saat menjalaninya ada beberapa factor atau penyebab yang dilakukan hingga usahanya menjadi gagal, perhatikan kembali dan analisa apa penyebab dari kegagalan itu sendiri.
Sebenarnya banyak factor dari kegagalan usaha, namun saya akan jelaskan 5 kegagalan sering dilakukan bagi para pelaku bisnis pemula.
1.Tujuan yang keliru
Milikilah alasan dan tujuan yang tepat, kebanyakan dari kita dalam memulai usahanya di mulai dari lahirnya rasa bosan atau frustasi dari pekerjaan dan merasa tertekan di tempat kerja. Jika memiliki alasan hanya seperti itu bisa dimungkinkan usaha yang dijalaninya malah mengalami kegagalan. Melihat pola fikir seperti itu mungkin bertujuan untuk menghindari kerja keras dan rasa bosan di tempat kerja,dan alasan itu malah akan menjadikan usaha terasa berat dan mudah putus asa.
Kerja keras memanglah sangat dibutuhkan dalam bisnis maupun pekerjaan,kita ingin memiliki hasil yang maksimal yang di harapkan tidaklah dengan cara bermalas-malasan. Kerja keras yang telah dilakukan tidaklah ada yang sia-sia dalam suatu bisnis, berhasil apa belumnya itu memiliki banyak manfaat yang dapat di pelajari. Janganlah berharap hasil yang maksimal jika sedang dilakukan tidak secara maksimal,maka kerja keraslah maka hasilpun akan mengiringinya.

2. Biaya Operasional melebihi pemasukan
Kesuksesan dalam suatu bisnis memang banyak factor yang harus di terapkan dalam menjalaninya termasuk biaya operasional yang digunakan. Kita harus menghitung secara detail biaya operasional, apakah semua biaya operasional itu sudah memiliki fungsi yang tepat dan dapat di manfaatkan sebagai mana fungsinya, misalkan kita mempunyai peralatan yang canggih akan tetapi peralatan yang tersebut jarang digunakan, tentunya dengan melihat seperti itu malah mengeluarkan banyak biaya yang tidak diperlukan sebenarnya yang dapat menyebabkan kerugian.
3. Tidak memiliki tujuan pasar yang tepat
Bagi para pemula bisnis mungkin mengalami semangat yang belebihan,namun layaknya yang berlebihan dapat membuat diri menjadi lupa diri dengan hal yang prinsipil dalam menjalani suatu usaha. Euphoria berlebihan yang dilakukan bagi pelaku usaha pemula ini juga kadang lupa untuk mensurvei pasar susungguhnya di lapangan,padahal inilah hal penting untuk memiliki sasaran yang tepat terhadap produk yang buat.
Produk yang memiliki desainnya menarik, kreatif, inovatif saja tidaklah cukup, kita harus memperhatikan sasaran yang tepat bagi produk yang di buat dipasaran, misalkan produk yang di jual adalah krudung atau hijab modern yang ter up to date maka kita dapat memlihat sasaran pemasaran utamanya adalah ibu-ibu dan anak remaja dan begitu seterusnya.
Inovatif dan Kreatif yang luarbiasa memanglah diharuskan untuk mendongkrak penjualan, namun tetap harus dilakukan dengan melihat kebutuhan pasar yang tetap.
4. Hubungan Tim tidak sejalan dan tidak solid
Sering terjadi kegagalan suatu bisnis,karna tidak sejalanannya malakukan suatu bisnis didalam tim. Usaha yang dimulai bersama-sama dari awal akhirnya mengalami kegagalan dalam menjalaninya.
Ketidakpercayaan dari tim adalah salah satu penyebab dari setiap anggota ke anggota lainnya. Rasa tidak percaya muncul karna tidak adanya kepercayaan dari anggota lain dalam menjalaninya, sedangkan untuk menjalani sendiri tidak mampu untuk membuktikannya.
Merasa unggul dari anggota lainnya adalah salahsatu perpecahan terjadi dari suatu bisnis,yang merasa paling berjasa dan berpengaruh. Padahal jika melihat dari kemampuan setiap personal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang saling melengkapi,yang menjadikan factor menuju  kesuksesan suatu bisnis, bukan karna kemampuan satu orang.
baca juga : cara mencari partner yang tepat untuk berbisnis
5. Manajemen Hutang berantakan
Berhutang hal yang sah-sah saja selama melakukan berhutang untuk mengembangkan usahanya dan dilakukan dengan manajemen yang benar.saya tidak menyarankan berhutang selama anda baru memulai usaha.
Bagi para pelaku usaha pemula sering kali memiliki obsesi yang berlebihan yang mengakibatkan lupa akan fungsi dasar berhutang dalam bisnis,dengan tidak menggunakan uang hasil pinjaman tersebut dengan semestinya, malah mempergunakannya untuk hal yang tidak perlu. Tentunya dapat mengakibatkan usahanya terlibat hutang yang membengkak yang dapat menyebabkan kerugian usaha.

baca juga : Cara melatih diri untuk mencapai kesuksesan

Source image  :  startups.co.uk


2 Responses to “Inilah 5 penyebab kegagalan bagi pelaku bisnis pemula”

  1. Tapi sepengalaman ane, poin no 5 itu yang memang kebanyakan bikin penyebab kegagalan. Manajemen nya harus benar, trim's artikel nya gan.

  2. alfatheta says:

    iah sama-sama somoga dapat membantu

Leave a Reply