Inilah Rahasia Internal Perusahaan Apple Yang Penuh dengan Peraturan


Vemala
30 January 2016

Dari setiap perusahaan pasti memiliki sebuah kebijaksanaan dan peraturan yang diterapkan, terutama di perusahaan Apple

Dari setiap perusahaan pasti memiliki sebuah kebijaksanaan dan peraturan yang diterapkan, terutama di perusahaan Apple yang kita bahas ini. Setiap perusahaan sangatlah wajar jika mempunyai suatu rahasia yang harus di jaga demi kelancaran dan kerahasian produk yang dibuat sebelum di pasarkan secara luas. Hal ini sangatlah wajar apalagi perusahaan aplle terbilang cukup besar dan mempunyai pengaruh besar dari produk yang di ciptakannya.

Perusahaan Aplle mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi didunia teknologi. yang memiliki peraturan yang memang sangat menutup rapat-rapat tentang rahasia perusahaannya,meskipun itu keluarga dari karyawannya sendiri.

Saking ketatnya peraturan perusahaan Apple tersebut, mengingatkan kita terhadap perusahaan agen rahasia yang tidak boleh membocorkan rahasia perusahaan. Lalu budaya rahasia aplle itu seperti apa ? berikut akan kita jelaskan budaya dari #perusahaan Aplle.
1. produk yang dikerjakan di rahasiakan
Kerahasiaan  mengenai produk yang sedang di kerjakan adalah salah satu kebijakan yang diterapkan di perusahaan Aplle terhadap setiap karyawannya. Di setiap proyek yang sedang di kerjakan, karyawan  Aplle tersebut tidak mengetahui secara detail poyek yang sedang di kerjakannya tersebut, para karyawan hanya mengetahui sebagian dasar dari proyek yang dijalankan.

Ketika proyek pengerjaan produk yang di kerjakan sudah di launching,barulah karyawan Aplle mengetahui tentang produk yang sudah dikerjakannya.
2. Setiap departement memiliki kode rahasia yang berbeda
Untuk menjaga kerahasiaan perusahaan Aplle dari kebocoran informasi ternyata sudah di antisipasi dengan menggunakan kode rahasia dari setiap department dan divisi. Dari setiap department karyawan, di wajibkan mengetahui dan menghapal kode rahasia tersebut dan menjaga kode-kode rahasia tersebut supaya tidak bocor keluar termasuk keluarga sendiri.
3. pembicaraan karyawan di awasi perusahaan
Maxwell adalah seorang mantan desainer antar muka perusahaan Apple mengatakan, jangankan kita di perbolehkan membicarakan ke keluarga sendiri, membicarakan kesahabat sendiri pun tidak diperbolehkan apalagi ke oranglain. Perusahaan apple pun mengajarkan lingkungan intelektual dan kreatif. Saking ketat dan keseriusannya terhadap rahasia perusahaan yang di terapkan, sampai pembicaraan setiap karyawanpun diawasi terhadap oranglain, tujuannya ialah untuk mengantisipasi disaat ada kebocoran informasi keluar bisa dengan cepat dapat diketahuinya.

4. pemeriksaan ketat terhadap karyawan
Pemeriksaaan yang sangat ketat terhadap semua karyawan Aplle untuk mengatisipasi dari pencurian produk dan ideu yang tengah di kerjakan. Setiap keluar dan masuknya karyawan kedalam perusahaan ternyata dilakukan pemeriksaan yang ketat, bahkan untuk ke toilet saja pemeriksaan ketat ini tetap di lakukan. Apalagi saat akan launching produk penggeledahan dalam pemeriksaan akan dilakukan perusahaan Aplle, seperti kejadian yang pernah dilakukan terhadap developer saat akan launching Apple Watch yang belum diketahui oleh siapapun produknya.

5. memberikan memo dengan kode yang berbeda ke setiap departement
Yang unik dilakukan perusahaan Aplle demi menjaga kerahasiaan dokumen, perusahaan Aplle dari setiap pengiriman memo ke setiap devisi department selalu menggunakan bahasa yang berbeda, hal ini untuk memudahkan ketika ada kebocoran document informasi dapat melacaknya dengan mudah dan mencari dari mana sumber kebocoran dokument tersebut.

Kebijaksanaan dari perusahaan Aplle tersebut di terapkan setelah terjadi kebocoran isi dari memo internal ritel Apple di media .
Source image : reuters


Leave a Reply