Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Mudah


Vemala
1 August 2016

Solusi  Dan Cara Mengatasi Anak Susah dan sulit Makan , dengan laperma Platinum vitamin untuk

Solusi  Dan Cara Mengatasi Anak Susah dan sulit Makan , dengan laperma Platinum vitamin untuk usia 1,2 tahun dan seterusnya

 

Anak yang sulit makan memang menjadi permasalahan pada umumnya yang dialami oleh orangtua, terutama peranan seorang Ibu. Persoalan tersebut seperti tidak ada jalan keluarnya dan terus berulang pada anak. Dari satu sisi si Ibu menginginkan agar anaknya tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat , dan di satu sisi si anak tidak ingin mengkonsumsi makanan yang di berikan oleh ibunya, dengan berbagai alas an sperti, malas, tidak suka , tidak enak, dan sebagainya, tapi si anak malah suka mengkonsumsi makanan dari luar yang tidak sehat yang disukainya. Tentunya menjengkelkan sekali bukan ?

 
Melihat dengan persoalan tentang sulitnya anak makan tentunya bagi para orangtua telah mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi persoalan tersebut. Dengan cara membujuk,menrayunya, hingga menakuti-nakutinya. Ya memang itulah cara orangtua lakukan pada umumnya agar si anak yang sulit makan tersebut agar bisa menurut apa yang orangtua suruh.
 
Namun cara tesebut sebagian terkadang masih saja tetap tidak berhasil .
Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara  mengatasi anak yang susah makan sebaiknya perhatikan alasan anak tidak mau makan yang sering anak alami pada umumnya.
 
1. Hanya Mengkonsumsi makanan Tertentu
 
Hal ini terjadi biasanya, dari anak yang berumur sekitar 1 sampai 3 tahun. Untuk anak seumuran segitu biasanya belum terbiasa mengkonsumsi makanan yang berat, karena pada saat berumur di bawah satu tahun, hanya mengkonsumsi makanan yang mudah masuk ke perut, sehingga tidak perlu untuk mengunyahnya.
 
Caranya :perkenalkan secara perlahan makanan yang ingin orangtua pilihkan pada anak. Misalkan orang tua agar anaknya mengkonsumsi sayuran, maka kenalkan secara perlahan dari mulai tekstur,warna dan rasa yang hamper sama pada saat ia berumur di bawah 1 tahun, agar nantinya anak tidak merasa kaget dan merasa aneh dengan makanan yang baru di kenalnya.
 
2. Menolak Makanan Yang diberikan
 
Bagi anak yang mulai mengkonsumsi makanan baru biasanya akan mengalami kesulitan untuk membiasakan diri dari makanan yang di berikan, itu wajar saja, karena dari tekstur, rasa dan warna mungkin saja itu berbeda, misalkan pada saat berumur di bawah 1 tahun di biasakan makanan yang di buburkan, maka makanan yang memiliki tektur agak keras, sulit untuk di biasakan oleh anak. Munkin suatu hari anak suka dengan makanan yang baru ia kenal, namun kesesokan harinya si anak merasa tidak suka dengan makanan tersebut.
 
Caranya : Misalkan dalam waktu 1 hari asupan kalori anak kurang tercukupi, biarkan saja anak memilih makanannya yang disukainya,biasanya anak mengkonsumsi apa yang dibutuhkan. tugas orang tua adalah memperhatikan asupan nutrisi dalam seminggu sebelumnya.
 
3. Suka Dengan Satu Jenis Makanan Saja
 
Anak sering memilih makanan tertentu yang untuk di konsumsi, hal ini sering terjadi hampir disetiap anak-anak. Jika anak-anak lebih suka makanan yang dia pilih dalam waktu sehari atau sampai 1 minggu sebaiknya biarkan saja, selama makanan tersebut masih banyak manfaat kesehatan untuk kesehatan, dan biasanya anak kurang menyukai makanan dari sayur-sayuran dan buah-buahan.
 
Biasanya penolakan yang anak lakukan hanya bersifat sementara, ketika sehari menolak jenis makanan, bukan berarti anak menolak makanan tersebut untuk selamanya. Makanan yang seketika ditolahpun bukan hanya yang orang tua tawarkan, terkadang makanan yang paling disukai anak pun sering di tolak juga.
 
Caranya : biasanya itu terjadi di sebabkan oleh beberapa factor dari, anak sudah bisa memilih makanan yang ingin di konsumsi atau karena kebosenan oleh makanan yang sering orang tua berikan. Kasih tahu dan biarkan anak memilih buah-buahan tersebut dan jangan di paksa dan berikan pengertian, ajak anak ketempat super market dan berbelanja dan arahkan anak supaya memilih buh-buahan dan syuran tersebut dan masukan ke keranjang.
 

Buat Suasana Lebih Menyenangkan Untuk Anak

 cara mengatasi anak sulit makan

Source image : Parents.com
Anak dalam masa pertumbuhan memiliki kegiatan lebih aktif dan eksporasi yang baik. Bagi orangtua yang ingin memberikan makanan kepada anak, sebaiknya ikuti kegiatan anak terlebih dahulu, misalkan anak lagi bermain boneka-bonekaaan, sebaiknya para orangtua ikut terlibat didalamnya dan masuk dan selanjutnya orangtua arahkan permainan anak tersebut untuk mengkonumsi makanan.
 
•          Buatlah Sugesti  Positif
 
Jika anak sudah bisa memilih sendiri makanan yang ingin di konsumsi dan makanan tersebut kurang baik, maka tugas ibu adalah dengan memberikan sugesti harian atau mingguan kepada anak. Misalkan anak tidak mau mengkonsumsi makanan sayuran atau nasi, maka tugas orangtua adalah dengan memberikan sugesti setiap hari tentang enaknya makanan sayur dan nasi tersebut, sesekali ajak teman-temannya makan nasi bersama, agar nantinya si anak terpengaruh lingkungan tersebut, sehingga mau mengkonsumsi makanan itu.
 
Misalkan anak sudah mau makan dengan makanan yang dulu ia tolak, janganlah sekalipun orangtua berbicara “ anak ku sulit makan nasi dan sayur”. Meskipun si anak memang tidak suka makan nasi dan sayur, janganlah sekali-kali mengucapkan hal tersebut,yang bikin saya khawatirkan adalah malah anak tersebut semakin tidak suka dengan makanan itu. Hal yang perlu di perhatikan adalah ( ucapan orangtua adalah doa ) . jika ucapan itu sering di informasikan ke anak maka itu akan mensugesti anak sehingga tidak mau mengkonsumsi nasi dan sayur meskipun dalam hatinya anak ingin mengkonsumsi makanan tersebut tapi tidak saat itu.

saran saya sebaiknya, suka ,tidak dan kurang sukanya anak terhadap makanan tertentu, sebaiknya sugestilah anak dengan hal posisif agar menjadi doa, sehingga cepat atau lambat itu menjadi sugesti buat anak. contoh sugesti :” anak ku suka makan sayur dan nasi “.
 
•          Buatlah Makanan Memiliki visual Yang Unik Dan Menyenangkan
 cara mengatasi anak susah makan

Source image : Parents.com
Anak yang tumbuh kembangnya yang meningkat ,akan menyukai banyak hal, terutama dengan visualnya.
 
Kenapa membuat makanan yang menarik secara visual dari makanan ?
 
Dengan mengertinya tentang pertumbuhan anak,mulai dari emosialnya, cara fikirnya dan lain sebagainya, tentu itu akan lebih mudah untuk orangtua arahkan. Dengan membuat makanan yang menarik perhatian anak, sebenarnya akan memudahkan orangtua untuk mengarahkan makanan yang menarik tersebut selanjutnya, sehingga anak mau mengkonumsi makanan tersebut.
 
Hal Yang Harus Dihindari
 
•          kurangi minum saat makan
 
Mengurangi minuman saat makan akan membantu anak mengkonsumsi makanan lebih banyak, karena perut belum terisi banyak, sehingga anak maih merasa lapar.
 
•          Hindari Dengan Memaksa Anak Atau Mengancam
 
Dengan  menggunakan cara seperti ini adalah kekeliruan yang harus orangtua hindari karena dengan cara seperti itu, akan merusak suasana hatinya. Pada dasarnya orangtua agar anaknya mau makan, tapi jika itu dilakukan, papalgi setiap mau makan, justru akan merusak psikologis anak.
 
•          Hindarilah dari gangguan
 
Sebaiknya hindarilan gangguan dari televise, gadged dan sejenisnya yang bisa mengganggu focus anak untuk mengkonsumsi makanan yang ibu berikan, agar si anak bisa focus menikmati dan focus pada makanannya.
 


3 Responses to “Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Mudah”

  1. wah ternyata begini ya cara mengatasi ank susah makan,.. tidak semudah di bayangkan ya, pada umunya sih banyak ibu-ibu yang suka maksa kalau anaknya sulit makan, padahal kan itu tidak boleh,.. hehe

  2. Unknown says:

    wahhh begitu ya cara mengatasi anak susah makan,… mungkin sekarang ini jika anak sedikit makannnya, menggunakan laperma platinum saja untuk nutrisinya

Leave a Reply