Sejarah Perkembangan Google SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION )


Vemala
21 August 2016

Vemala.com – Pada tahun 1997 Istilah SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ) di perkenalkan dari

Vemala.com – Pada tahun 1997 Istilah SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ) di perkenalkan dari pesan SPAM yang di pasting Di Usenet. Pada saat itu algoritma dari mesin pencari google masih sederhana dan mudah untuk di manipulasi yang belum terlalu kompleks.

Pada awal mula algorima mesin pencari google masih belum kompleks. Cara kerja mesin pencarai google masa itu masih sepenuhnya didasari oleh meta tag yang terdapat didalam kode HTML website. Dan Meta tarsebut biasanya sering di isi oleh webmaster dengan serangkaian kata kunci yang di targetkan.

Dengan algoritma yang masih mudah untuk dimanipulasi,sering kali di manfaat oleh sebagian besar para webmaster untuk mendapatkan posisi teratas halaman mesin mesin pencari google meskipun informasi yang dicari pengguna internet tidak sesuai dengan apa yang mereka cari, dengan cara manipulasi meta tag atau menyimpan kata kunci dengan hidden teks yang terdapat di halaman .

Dengan meilihat begitu mudahnya untuk memanipulasi suatu halaman website tentunya banyak mendapatkan kerugian bagi pengguna internet maupun pemilik mesin pencari, karna informasi yang tampil oleh mesin google tersebut masih mengecewakan karna informasi yang dicari tidak relevan dan tidak berkualitas.

Asal Mula Mesin Pencari Di Ciptakan

Meilihat dari masalah dengan banyak kekurangan tersebut Sergey Brin dan Larry Page mahasiswa ilmu computer Universitas Stanford membuat inovasi dengan menciptakan Backrup.

Backrup adalah suatu mesin pencari dengan menggunakan algoritma perhitungan matematika sederhana dengan cara membuat peringkat terhadap suatu halaman website,algoritma tersebut diberi nama Page Rank.

Algoritma Page rang tersebut memiliki cara kerja dengan mengukur jumlah link yang mengarah terhadap halaman website tersebut, dan sekaligus bisa menilai seberapa besar kualitas link yang mengarah tersebut.
Perkembangan Google SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION )
 
Perkembangan dari mesin pencari informasi  ini tidak berhenti sampai di backrup saja.Larry page dan sergey Bin hingga pada saatnya menciptakan mesin pencari yang bernama Google. Mesin pencari Google ini adalah tindak lanjut dari perkembangan Backrup, yang memiliki kualitas lebih baik dari versi sebelumnya.

Perkembangan mesin pencari Google ini memang sangat bagus, sehingga bisa mendapatkan antusias dan penilaian yang baik bagi para pengguna internet dan informasi yang di tampilkan relevan,cepat dan tidak dapat dimanipulasi lagi. Page Rang itu sendiri sudah menjadi standar untuk penilaian dari mesin pencari lainnya karna keakuratan informasi yang ditampilkan dari suatu halaman website. Semakin tinggi nilai Page rang tersebut maka akan memperoleh kesempatan yang baik bagi sebuah website untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.




Leave a Reply