Social Media Marketing : Belajar Memasarkan Produk Dari Sosial Media


Vemala
30 September 2016

Sekarang ini marak sekali tentang berjualan di internet dengan mepromosikan produk di social media dapat

sosial media marketing
Sekarang ini marak sekali tentang berjualan di internet dengan mepromosikan produk di social media dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis online, namun nyatanya banyak juga orang yang gagal ,bahkan gulung tikar menjalani  bisnis online dengan memasarkan produk dengan memprosikan nya di social media.
Orang kebanyakan menganggap untuk menjalankan promosi produk dengan teknik social media marketing ini dengan  cara di bawah ini.
          Buat akun , lalu upload produk dan deskripsinya
          Bikin konten yang menarik, banyak yang like dank omen
          Iklanin produk 
Mungkin bagi anda yang sudah pernah gagal dalam bisnis online, itu pengalaman yang sudah di alami dan mempunyai pengetahuan seperti itu saja.
Untuk sukses memasarkan produk dengan teknik social media marketing tidak sesederhana itu, ada banyak factor yang komplek yang harus di ketahui agar bisa berhasil.
Jika anda tidak ingin mengalami kerugian yang dapat merugikan bisnis online, sebaiknya lanjutkan membaca tulisan ini, agar bisnis di social media tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan.
Untuk menjalankan bisnis di social media dengan teknik sosial media marketing, sebenarnya banyak tempat untuk menjalankan nya, karena social media banyak sekali untuk menjadikan tempat untuk berjualan.
Setiap social media memiliki karakter yang berbeda untuk memasarkan produk
Jika penasaran dengan penjelasannya, bisa lanjutkan artikel ini
1. Sosial Media Marketing Dengan Facebook
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, setiap social media memiliki keunikan masing-masing, terutama facebook yang bisa di terapkan untuk berjualan.
Keunggulan dengan berjualan di facebook adalah banyaknya minat dan usia yang berinteraksi disana, sehingga mempunyai peluang besar jika produk anda bisa dijual di social media facebook ini.
Meskipun memiliki peluang yang besar untuk berjualan di facebook ini, ternyata jika berjualan di page facebook ini memiliki filter yang ketat, sehingga jika kita post content di page tersebut, untuk menjangkau banyak orang cukup sulit, karena dari facebook sendiri membatasi jangkauan dari jumlah yang like di page facebook anda, sekitar 1% persen. Jika yang like page sekitar 100 orang, maka jangkauannya cumin 1 user saja (kurang lebih seperti itu).
Karena jangkauan nya kecil tentunya caranya adalah dengan memperbanyak pengikut page tersebut, bisa dengan cara beriklan agar banyak yang like dan untuk menjangkau banyak pengguna facebook bertujuan untuk mendatangkan penjualan.
Sebelum memulai pos di page facebook, sebaiknya perhatikan gambar dibawah ini

 

Gambar di atas menyebutkan, bahwa untuk mendapatkan jangkauan yang luas agar hasil yang di dapatkan bisa lebih baik ,sebaiknya terapkan dan kombinasikan dalam setiap content yang di publish di page fabook. Gambar di atas contoh riset dengan memiliki like di atas 10.000 ke atas.
Jika anda memutuskan untuk beriklan di facebook guna menjangkau 100.000 user misalkan, maka terapkan dan kombinasikan hasil dari riset tersebut agar bisa maksimal untuk mencapai target penjualan.
Konten Yang Berkualitas 
Untuk jenis post sendiri nyatanya ada riset tersendiri, jika tadi bicara tentang kombinasi antara link,photo, video dan text, selanjutnya saya akan menjelaskan isi dari konten itu sendiri yang memiliki pengaruh agar pengguna social media mengambil tindakan  menjadi konsumen anda.
Perhatikan tulisan di bawah ini :
          Content  penjelasan” mengapa” ( why post ) : 22.23%
          content Panduan (how to ) : 18.42 %
          Content berupa daftar ( list post ): 22.14%
          Content Video : 18.94%
          Content penjelasan “apa” ( what post ) : 17.88 %
kesimpulan tulisan diatas adalah, jika ingin konten kita yang di share di facebook ingin mendapatkan jangkauan yang luas, maka artikel yang memiliki “ daftar ( list post)”  memiliki pengaruh yang kuat.
Selain itu beberapa riset mengatakan dari OKDork dan BuzzSumo menyimpulkan, bahwa artikel yang dapat memicu perasaan/ emosi dominan manusia seperti, marah,sedih,senang, lucu dan emosi dominan lainnya lebih banyak mendapatkan shared, dan riset ini di jalankan dengan penyebaran 100 juta artikel.
Jika penasaran dengan perasaan seperti apa yang dapat memicu orang untuk shared artikel tersebut, sebaiknya perhatikan gambar  di bawah ini.

 

 

1.      Awe 25% (kagum)
2.      Laughter 17 % (lucu, tertawa)
3.      Amusement 15% (hiburan)
4.      Joy 14% (bahagia)
5.      Anger 6% (marah)
6.      Empathy 6% (empati)
Jadi kesimpulannya seperti ini, CONTOH : 
artikel text yang mudah di pahami dan menghibur  dan  memiliki gambar yang dapat memicu perasaan lucu/tertawa sehingga user tersebut, memutuskan untuk mengklik link yang di tampilkan.
NOTE:
Jika ingin mengkolaborasikan semua itu, bisa di sesuaikan dengan tujuan dari website anda. setiap produk memiliki keunikan yang berbeda dan contoh di atas cocok digunakan jika perasaan lucu/ketawa untuk memicu emosinya.
Menurut penelitian dari  dunia Hipnosis, jika emosi dominan manusia tersebut sudah muncul, maka informasi yang akan di terimanya akan mudah terserap, maka peluang untuk sales akan lebih terbuka jika perasaan pengguna social media sudah muncul. 
Pemilihan Waktu Yang Tepat 
Pemilihan waktu yang tepat adalah cara berikutnya, namun kita tidak bisa mengsamaratakan semua pengguna facebook aktif pada jam yang sama, karena memiliki kebiasaan yang berbeda, sesuai dengan umur, karakter dan kesibukan masing-masing.
Namun pada umumnya pengguna facebook aktif di jam-jam tertentu seperti jam instirahat, pulang kerja, pulang sekolah/kuliah, hali libur dan sebagainya, yang di sesuaikan dengan jennis produk yang akan anda promosikan.
Gambar Grafik di atas mencontohkan apa yang penulis riset sendiri, bahwa pada saat jam tertentu lah banyak pengguna facebook online, dari kategori yang di pilih dan setiap pada kategori memiliki rentan waktu yang berbeda. jadi bisa di sesuaikan.

 

gambar di atas sebagai gambaran saja dan berkemungkinan hampir semua pengguna facebook online pada saat jam tersebut banyak yang online.
2. Social Media Marketing dari Twitter
Sebelum memulai memasarkan produk di social media Twitter, sebaiknya perhatikan Grafik di bawah ini.

 

Gambar Grafik d atas menujukan Photo yang memiliki URL memiliki pengaruh yang kuat di bandingkan dengan yang lainnya. Dengan melihat persentase di atas bukan mana yang lebih unggul, namun ini bisa dijadikan gambaran untuk memasarkan produk agar produk yang di jual di social media bisa laris, dengan cara menggabungkan kelima persentasi tersebut yang di sesuaikan dengan jenis produk anda.
Karakter Dan Prilaku Pengguna Social Media Twitter
Rata-rata pengguna social media Twitter berumur sekitar  18 sampai 35 tahun dan selain dari umur sekian, sangat jarang sekali penggunanya.
Karakter dari pengguna twitter sendiri lebih menyukai hal yang santai dan conten yang singkat , terkadang ada juga yang memiliki karakter yang suka mengklik link yang menuju ke website.
Jika yang anda promosikan untuk menarik orang ,hingga menuju ke website anda, sebaiknya gunakan social media Twitter.  Dan sebaiknya kata yang di post di Twitter setidaknya memiliki sekitar 145 hurup saja yang menarik dan mudah dipahami dari isi konten tersebut, lebih bagus lagi gunakan kata-kata yang bisa memicu perasaan pengguna twitter, seperti yang telah di contoh kan cara membuat content facebook di atas.
Pemilihan Waktu Yang Tepat 

 

Grafik di atas menunjukan perilaku pengguna twitter saat berinteraksi adalah di saat jam-jam tersebut. Untuk di Indonesia sendiri untuk sepesiknya belum ada, namun secara garis besarnya hampir sama, di jam-jam tertentulah kebanyakan orang berinteraksi di twitter.
3. Social Media Marketing Dengan Instagram
Social media Instagram dari umur penggunanya hampir sama dengan pengguna Twitter, cuman lebih banyak yang masih muda umur nya. jika dari pengguna twitter masih bisa di temukan pengguna twitter yang berumur sekitar 45 tahun, maka dari pengguna Instagram sendiri hampir tidak ada yang menggunakan.
Social media Instagram lebih ke content untuk shared gambar, selain itu gambar yang di upload di Instagram masih bisa di gunakan di twitter dan facebook untuk di bagikan. 
Penomena photo selfi marak terjadi di seluruh dunia dari beberapa tahun ke belakang dan instagram adalah salahsatu social media untuk berbagi hasil photonya paling banyak. Mungkin sebagian dari kita sudah faham, umur berapa saja yang sering upload gambar di social media, hasil dari photo selfi nya. Maka tidak heran orang yang memiliki umur di atas 40 tahun, jarang sekali melakukan upload photo di Instagram karena mereka “tidak doyan photo selfi” ( tidak punya alas an untuk bermain di instagram ).
Untuk bisa publish content di social media instagram semua user harus mengupload photo. Kelebihan dari social media instagram ini follower lebih banyak berinteraksi.
Kesimpulan :
Dengan memiliki follower yang banyak dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus dan target dari umur calon konsumen sudah jelas, maka bisa dilanjutkan untuk berjualan di instagram.
4. Social Media Marketing Dengan LinkedIn 
Seperti social media pada umumnya, social media memiliki keunggulan dan karakter dari pengguna itu sendiri. Untuk melihat dari karakter dari pengguna Linkedln perhatikan tulisan di bawah ini.
Jika ingin mengoptimalkan bisnis anda dari Linkedln sebaiknya anda menawarkan dengan system bisnis to bisnis, bukan bisnis to konsumen, karena pengguna Linkedln itu sendiri kebanyakan penggunanya adalah orang pembisnis dan orang professional.
5. Social Media Marketing Dengan Google +
Google + milik peruhaan google dan tentunya bagi siapa saja yang menggunakan google +yang memiliki follower banyak serta sering shared di social media tersebut mendapatkan nilai plus.
Keunggulan dari social google + ini memiliki kelebihan , jika follower anda search di google dengan keyword tertentu dan dari website anda memiliki keyword yang di cari dari follower anda, maka artikel anda akan menduduki posisi di atas dari biasanya dibandingkan orang tersebut buka follower anda.
Kekurangan dari social media google + ini adalah ,meskipun penggunnya banyak, namun google + tidak seramai social media lainnya dan jarang sekali orang berinteraksi disana. Makanya google lebih suka orang yang sering menshared di google + .

 nah jika perusahaan anda memiliki website, sering-seringlah shared artikel di google +, agar nantinya website anda memiliki posisi teratas search engine google.

Baca Juga : Daftar Backlink Yang Berkualitas 

Buat Jadwal Yang Rutin Disocial Media
Jika tadi membahas tentang menjalankan secial media marketing ini dengan membuat artikel di website, mengshared content di social media, menjangkau banyak orang, buat follower produk anda banyak dan lain sebagainya. 
Namun semua itu tidak  cukup di situ saja
Seberapa hebat dan luarbisapun konten yang di promosikan oleh anda, maka tidak akan berhasil jika tidak di barengi dengan jadwal yang akan saya jelaskan di bawah ini.
          Berinteraksi dengan calon konsumen/follower
          Eksperimen dan perencanaan konten
          Goal dan analisa statistic
Jadwal Harian
          Membalas komentar,mention,inbox yang masuk
          Berinteraksi dengan follower
          Edukasi Calon konsumen dengan manfaat dan hal baik laiinya tentang bisnis anda
          Membuat konten untuk komunitas
          Membuat gambar yang bagus untuk konten
          Monitoring konten
          Mencari ideu/bahan untuk konten
Jadwal Mingguan
          Analisa konten perminggu
          Analisa perkembangan dan penurunan konten
          Analisa goal dengan mengsurpei konten seminggu terakhir
          Analisa Hashtag
          Optimasi website di social media
Jadwal Bulanan
          Analisai goal dengan memeriksa conten mana yang menghasilkan sales
          Membuat perencanaan goal baru
          Buat perencanaan untuk bulan kedepannya
          Menyesuaikan content yang sudah dijalani, agar teroptimasi kedepannya
          Mencari komunitas baru
Berikut adalah cara Belajar Social Media Marketing yang terukur dan terarah, agar produk yang di promosikan dapat mendatang banyak penjualan.
Terima Kasih


15 Responses to “Social Media Marketing : Belajar Memasarkan Produk Dari Sosial Media”

  1. DAENG HERU says:

    klau aneeee gan pake fb ads gan klau soal marketing…

  2. Tegar says:

    Nice Info,Tulisanya sama Templatenya Enak Dipandang

  3. Thnks gan gk nyesel sya bca postingan agan dari atas smpai bawah hehe.. visit http://tutorialciplus.blogspot.com

  4. Oh begitu ya cara nya…jadi paham gua..makin pinter nih gua..
    hehe

  5. Mantep jd tau ane skrg

  6. Unknown says:

    wah nice infonya gan 😀

  7. linuxsec says:

    sayangnya banyak yg kurang professional malah ujung2nya spam di sosmed haha

  8. agus says:

    banyak sekali ya peluang bisnis online ini

  9. Caya Tech says:

    Artikel bermanfaat gan…khususnya buat para Internet Marketer

  10. ya itu dia, ketidakpahaan biasanya malah menjerumuskan kesalahpahaman dalam penerapan soial media marketing ini

  11. kalau untuk berjualan memang facebook ads lebih menjajanjikan daari segi fitur dan tektek bengeknya,.. heu"

  12. sosial media adalah media iklan yg sangat populer pd zaman skrang

Leave a Reply