√ Penting : Bahaya Obesitas bagi Kesehatan


Vemala
21 November 2016

Vemala.com – Memiliki berat badan tergolong hal yang di anggap biasa bagi beberapa orang, namun

Vemala.com – Memiliki berat badan tergolong hal yang di anggap biasa bagi beberapa orang, namun jika dilihat dari dampak itu sendiri merupakan salah satu penyebab datangnnya penyakit yang membahayakan bagi tubuh dan juga bisa kematian.

Sayang sekali, ketika kegemukan di anggap hal yang biasa saja dan belum mendatangkan penyakit , dan di tambah tidak melakukan hal-hal untuk mendapatkan tubuh ideal kembali, malah sudah terbaring di rumah sakit karena beberapa penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, stroke ,tekanan darah tinggi dan penyakit sejenis lainnya dimiliki.

Namun, ketika bertanya apa hal yang sudah dilakukan untuk membantu dalam menurunkan berat badan, maka sebagian dari kita sudah melakukannya, dan sebagian lainnya mulai melakukan pola hidup sehat.

Jika anda ingin ,mendapatkan tubuh ideal, guna untuk menjaga kesehatan dan menjadikan tubuh ideal, bisa membaca panduan lainnya dari artikel sebelumnya tentang cara menurunkan berat badan .

1. Dapat Mengganggu kesehatan Punggung Dan Lutut

Memiliki berat badan berlebih memiliki resiko yang besar terjadinya penyakit osteoporosis, karena berat badan tubuh membebani lutut dan punggung dengan beban yang besar.

2. Dapat mengganggu Tidur
Memiliki berat badan yang berlebih dapat menggangu lajunya oksigen dalam tubuh, dan mengalami penurunan oksigen, yang dapat membuat tubuh berhenti bernafas beberapa kali saat tidur. Ini merupakan hal yang serius untuk ditangani, karena dapat mempengaruh pada kesehatan pembuluh darah dan jantung yang bisa menyebabkan terjadinya stroke dan diabetes.

3. Dapat Mengakibatkan Penyakit Kanker

Kegemukan bisa terjadi pada siapa saja, entah itu pria maupun wanita. penyakit yang akan terjadi bagi pria, seperti kanker kantung empude,kanker pankreas,kanker ginjal , kanker kolon dan kanker tiroid. Dan kaknker yang akan terjadi perempuan yang disebabkan oleh obesitas, yakni kanker kantung empedu, kanker rahim,dan kanker ginjal.

4. Penyakit Kronis Mengintai

Seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih dapat memiliki resiko yang besar terjadinya penyakit yang kronis, seperti penyakit tekanan darah tinggi,liver, kadar kolesterol tinggi .

 

  • Menghambat kinerja insulin yang mempengaruhi kesehatan jantung dan mengundang penyakit diabetes
  • Mempengaruhi kesehatan dan memiliki resiko terjadinya tekanan darah tinggi, penyumbatan arteri dan timbunan kolesterol
  • Untuk wanita akan menghambat terjadinya datang bulan dan tidak teratur
5. Berpengaruh Pada Kepercayaan Diri

Memiliki badan yang berlebih atau gemuk akan mengganggu psikologis seseorang, terutama untuk seorang remaja, karena tidak percaya diri, mengalami deskriminasi sosial dan lain sebagainya atau terlebih mendapatkan bullying dari sekitar lingkungannya.

6. Penyakit Jantung

Memiliki berat badan yang berlebih dapat mengganggu aliran pembuluh darah menuju jantung. Dari aliran tersebut dapat memiliki  manfaat untuk tubuh, seperti memberikan nurtrisi, mengalirkan oksigen dan lain sebagainya. Ketika hal tersebut terhalang oleh lemak, maka penyakit jantung koroner yang membahayakan akan di dapat, seperti :

 

  • Denyut nadi tubuh menjadi melemah
  • Mengeluarkan banyak keringat dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat
  • Beberapa waktu akan merasa kembung
  • Ulu hati dibagian ulu hati
  • Sakit kepala dan dada, seperti di tekan
  • Sakit dibagian leher
7. Stroke

Seperti yang telah sampaikan di atas sebelumnya, obesitas dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke. Karena cenderung dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, diabetes yang dapat menyebabkan penyakit stroke.

8. Kesuburan Terganggu

Bagi seseorang perempuan, bukan hanya berdampak pada ganggunan menstruasi yang tidak teratur, akan tetapi berpengaruh terhadap kesuburan. Karen ovarium dalam tubuh yang memproduksi sel telur tidak dapat memungkinkan untuk bisa hamil, meskipun bisa terjadi pembuahan, maka akan rentan terjadinya keguguran.

9. Gangguan Asam Lambung

Kelebihan berat badan dapat mengakibatkan gangguan asam lambung menjadi naik ke atas menuju ke leher atau kerongkongan yang memiliki sensasi terasa seperti terbakar dan dada terasa sakit di sekitar dada dan leher. Hal tersebut di akibatkan oleh tumpukan lemak yang berada di dalam perut yang mendorong keatas, menjadi asam lambung naik.

Demikianlah beberapa hal bahaya oebsitas bagi kesehatan yang sebaikannya melakukan upaya untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan dengan seimbang.


Leave a Reply