Tips Diet Rendah Karbohidrat ( Low Carb Diet )


Vemala
22 November 2016

Vemala.com – Banyak cara untuk membantu dalam menurunkan berat badan dan mengembalikan tubuh ideal seseorang,

Vemala.com – Banyak cara untuk membantu dalam menurunkan berat badan dan mengembalikan tubuh ideal seseorang, seperti melakukan diet OCD dan lain sebagainya, terutama diet rendah karbohidrat yang akan kita bahas kali ini.
Di indonesia itu sendiri diet rendah karbohidrat ini cukup populer, karena setelah di perkenalkan dan di lakukan banyak orang , banyak yang cukup puas karena hasil yang di raihnya dengan melakukan diet tersebut.
Pada dasarnya melakukan diet ini bukan tidak mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat sama sekali, namun lebih ke mengurangi asupannya. Jika orang dewasa yang biasanya mengkonsumsi asupan karbohidrat idealnya 300 sampai 400 gram, maka ketika melakukan diet Low Carb ini, asupan karbohidrat tersebut di kurangi, sekitar 150 sampai 200 gram. Dan tentunya asupan karbohidrat tersebut harus di sesuaikan dengan jumlah kegiatan seseorang, misalkan seseorang yang aktif dan yang memiliki aktifitas yang sedikit.

Seseorang yang memiliki aktifitas yang besar yang membutuhkan banyak energy, maka di butuhkan asupan karbohidrat yang lebih besar dibanding seseorang yang memiliki sedikit aktifitas. Ketika aktifitas intens seseorang tersebut dan memiliki sedikit energy, maka dapat penurunan massa otot.

Diet rendah kalori diharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung 100 gram karbohidrat dan untuk menjaga berat badan, bisa dengan mengkonsumsinya sekitar 150 gram karbohidrat perhari

Pola Sederhana Melakukan Diet Rendah Karbohidrat
Dari melihat penjelasan di atas tentunya banyak sekali pertanyaan bagi anda. Namun akan saya jelaskan secara bertahap agar lebih mudah di mengerti ketika akan melakukannya.
Karbohidrat memang sangat di butuhkan tubuh setiap harinya untuk memberikan energy, agar aktifitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik.
Namun , apakah ketika menguranginya akan membuat tubuh kekurangan energy ?
ya, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan umum yang mungkin banyak orang pertanyakan.
Untuk mendapatkan sumber energy yang di butuhkan tubuh tidak selalu harus di dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sebagai gantinya, makanan yang di konsumsi di gantikan dengan asupan protein, lemak baik yang bisa di dapatkan dari daging, telur, ikan dan kacang-kacangan . selain itu hindarilah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti dari berbagai minuman yang manis seperti, sirup jagung, olahan dari bahan tepung dan sejenisnya.

Diet Low Carb ini di kutip oleh redaksi vemala.com dari website Marks Daily Aplle dan bukunya mark sisson yang menceritakan asal usul dia membuat buku tersebut dan meriset tentang pola diet Low Carb tersebut ia lakukan dan di ikuti oleh banyak orang.

Pola Diet Low Carb Dijaman Purba
Pada jaman dahulu , pada massa purba , sebenarnya diet Low Carb ini sudah dilakukan pada massa tersebut. Dengan pola hidup mereka jalani, dengan mengkonsumsi  makanan yang dikonsumsinya pun di dapatkan dari hasil buruan daging,sayur-sayuran dan buah-buahan. Dan hasil riset yang telah mark Sisson, ia menyimpulkan bahwa hidup mereka sangat sehat.
Selain itu, penyakit-penyakit yang sekarang banyak ditemukan oleh manusia modern seperti penyakit diabetes, kolesterol tidak ditemukan di massa tersebut.
Penyakit seperti diabetes, kolesterol nyatanya ditemukan pada massa pertanian muncul dan berkembang. Dimana manusia  pada massa tersebut mengganti jenis makanan yang tinggi akan protein di gantikan dengan makanan yang tinggi akan karbohidrat, seperti nasi, roti dan sejenisnya.
Jenis-jenis Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Untuk Melakukan Diet Low Carb
Ada banyak jenis makanan yang bisa di konsumsi untuk melakukan diet rendah karbohidrat dan anda tidak perlu susah payah mengurangi asupan makanan yang dikonsumsi. Tapi bagaimana cara memilih makanan untuk di konsumsi seperti yang di recomendasikan.
Anda bisa memperhatikan dari gambar piramida di atas, bahwa jenis makanan yang sebaiknya paling banyak di konsumsi adalah bagian paling bawah. Jadi dari gambar tersebut, dianjurkan untuk sedikit di konsumsi adalah paling atas.
  • Daging, ayam, ikan dan telur merupakan makanan yang sebaiknya paling banyak di konsumsi, karena memiliki kandungan lemak jenuh yang memiliki peranan dalam memberikan energy dan fungsi hormon dan sel tubuh. Sedangkan kandungan proteinnya memiliki manfaat untuk mambangun massa otot dan sel tubuh
  • Sayur-sayuran merupakan makanan yang kedua untuk di konsumsi untuk memberikan sumber serat , anti oksidan dan nutrisi . Namun, sebaiknya sayuran tersebut di tanam dengan cara organik
  • Buah-buhan yang di konsumsi sebaiknya di hindari yang memiliki kadar manis yang tinggi, seperti buah melon dan semangka, karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan konsumsilah buah-buahan seperti kiwi, stawberry , apel dan buah-buahan sejenis lainnya yang memiliki karbohidrat yang rendah
  • Suplementasi juga perlu untuk dikonsumsi, seperti multivitamin, protein powder, probitik dan omega-3 .
Sebagian dari kita mungkin akan merasa kesulitan untuk memilih makanan yang dikonsumsi, karena makanan yang direcomendasikan pada gambar di atas akan merasa sulit untuk di temukan bagi beberapa orang.
Berikut adalah jenis-jenis makanan yang mungkin akan lebih mudah untuk di terapkan, karena mudah untuk ditemukan.
  • Telur ayam kampung dikonsumsi sekitar 2 sampai 3 buah ,ayam 2 potong ( bisa di rebus, goreng, tumis ) dan sebaiknya di campur dengan sayur-sayuran salad,brokoli, dan sayuran sejenis lainnya
  • Konsumsi gado-gado tanpa lontong dan di perbanyak sayurannya dan ditambah dengan tempe atau tahu
  • Barbeqiu daging sapi, di campur dengan salad besar dan pakai sambal
  • Ikan bakar . bisa dengan memilih ikan sungai atau ikan laut, tapi lebih di anjurkan mengkonsumsi dari ikan laut, karena memiliki kandungan lemak baik dan direcomendasikan dicampur dengan sayur-sayuran , tomat, timun dan sejenisnya

 



Leave a Reply