Inilah Penyebab Seseorang Malas Berolahraga Dan Cara Mengatasinya


Vemala
20 November 2016

Vemala.com – Malas melakukan olahraga bisa terjadi pada siapa saja, entah itu yang rutin melakukan

Vemala.com – Malas melakukan olahraga bisa terjadi pada siapa saja, entah itu yang rutin melakukan olahraga, mapun bagi seseorang yang jarang melakukan olahraga.
Malasnya berolahraga merupakan hal ilmian terjadi pada seseorang yang dipengaruhi dengan berbagai macam hal, bisa karena bosan melakukan aktifitas olahraga yang itu-itu saja atau peneyabab lainnya.
Tujuan dari melakukan olahraga adalah mendapatkan tubuh ideal dan juga menjaga kesehatan. Namun , faktor malas yang ada menjadi penghalang yang besar untuk mendapatkannya. Sewaktu-waktu merasa malas itu hal wajar saja,namun ketika keseringan malas dan tidak melakukan olahraga, maka akan menjadi penundaan yang akhirnya tubuh ideal atau kesehatan akan susah di raih.
Penyebab Merasa malas berolahraga
Banyak hal mempengaruhi seseorang tidak semangat berolahraga dan enggan melakukan olahraga, entah itu karena faktor yang terjadi pada internal sendiri atau bisa juga di pengaruhi oleh ekternal atau lingkungan itu sendiri.
1. Malu Karena Berat Badan Berlebih
Rasa malu merupakan bagian pengaruh bagi beberapa orang, sehingga enggan untuk melakukan olahraga. Seperti malu menggunakan pakaian olahraga karena berat badan terlalu besar, sedangkan pakaian untuk olahraga cenderung ketat atau karena tidak ingin menjadi pusat perhatian karena minder dengan berat badannya.
Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan melakukan olahraga di dalam ruangan atau bisa juga dilakukan di rumah dengan menggunakan alat olahraga, seperti alat untuk angkat beban, senam dengan mengikuti panduan dari CD dan lain sebagainya.
 
2. Belum Menemukan jenis Olahraga Yang Disukai
 
Ya, hal ini sering kali menjadi hambatan seseorang untuk melakukan olahraga. Ada beberapa orang dengan mengikuti orang lain untuk berolahraga, namun tidak lama kemudian hal tersebut tidak berlangsung lama, karena hanya sebagai ikut-ikutan teman dan lain sebagainya.
Jika kamu memiliki pengalaman tersebut, atau masih kebingungan untuk mencari jenis olahraga yang disukai, maka teruslah mencari informasi tentang berbagai jenis olahraga dan pilihlah beberapa olahraga yang membuat anda lebih merasa nyaman ketika selalu harus melakukannya.
3. Merasa Lebih Baik Diet Dibanding berolahraga
 
Banyak orang memilih melakukan diet untuk membantu dalam menurunkan berat badan dan tidak memperhatikan olahraga untuk mencapainya.
Melakukan diet untuk menjaga tubuh ideal, memang hal yang bagus untuk dilakukan, namun tubuh tetap memerlukan gerak untuk terjaga keseimbangannya. Tapi nyatanya banyak orang yang salah kaprah tentang diet dan tidak memperhatikan olahraga untuk mencapainya. Dan beranggapan “ tidak perlu olahraga , mending diet saja untuk menurunkan berat badan “ .
 
4. Merasa Tidak Punya Waktu
 
Ya, hal tersebut bisa kita temukan bagi seseorang yang memiliki banyak kesibukan di kantor atau ditempat kerja, entah itu karena memiliki jam kerja yang banyak dan waktu pulang kerja sering dimanfaatkan untuk bersantai dan bermalas-malasan.
Bersantai setelah beraktifitas memang di butuhkan oleh tubuh untuk membantu memulihkan energy. Namun ketika kesibukan tersebut kurang melakukan gerak maka bisa memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk berolahraga. Misalkan berjalan kaki sebelum atau pulang kerja, berjalan kaki naik tangga dan memanfaatkan momen-momen tertentu untuk banyak melakukan gerak.

olahraga tidak harus dilakukan secara formal, seperti di tempat gym , taman berolahraga dan lain sebagainya. Anda bisa mencari kesempatan untuk banyak melakukan gerak sesibuk apapun pekerjaan atau memanfaatkan kesempatan lainnya.

5. Mengidap Penyakit Tertentu
 
Bagi beberapa orang, memiliki penyakit tertentu menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena merasa takut penyakitnya tersebut menjadi kambuh dan memilih untuk banyak diam .
Ya, memang bagi seseorang di haruskan untuk mengurangi gerak karena penyakit tertentu. Jika anda memiliki penyakit yang anda rasa khawatir untuk melakukan olahraga, maka bisa dengan berkonsultasi kepada dokter, untuk mendapatkan jawaban pasti. Karena memang tubuh harus tetap bergerak agar terjaga fungsinya dengan baik, dan jangan sampai kekhawatiran anda justru semakin parah kesehatan anda,karena tidak melakukan aktifitas.
Demikianlah, penyebab malas untuk melakukan olahraga. Namun bagi anda yang ingin meningkatkan semangat berolahraga, maka bisa dengan melanjutkan artikel lainnya dari halaman website ini.
Fitnessrepublic.com


Leave a Reply