Belum tau ya ? Inilah Manfaat berkeringat untuk kesehatan tubuh


Vemala
8 November 2016

  Vemala.com – Ya, sebagian besar dari kita tidak memperhatikan dan bahkan cuek-cuek saja, meskipun

 

Vemala.com – Ya, sebagian besar dari kita tidak memperhatikan dan bahkan cuek-cuek saja, meskipun sering berkeringat .

Mungkin kamu juga salah satunya ?

Ketika tubuh berkeringat kita cenderung akan merasa tidak nyaman, karena badan akan terasa lengket, merasa jijik dan ingin segera mandi dan membersihkan tubuh .
Dan memang ketika kita di haruskan untuk bergegas membersihkan diri setelah keringat mulai kering di tubuh.
Berkeringat merupakan proses ilmiah yang  terjadi ketika suhu tubuh menjadi panas, dan tubuh berusaha  mengembalikannya ke kondisi normal dan mejaga kelembabannya.
Penyebab tubuh mengeluarkan keringat, bisa terjadi dari berbagai macam cara, seperti kondisi cuaca yang panas, berolahraga dan lain sebagainya.
Penjelasan di bawah ini, akan membuka pengetahuian kita tentang manfaat berkeringat untuk kesehatan tubuh.
1.    Membersihkan racun dalam tubuh
Secara alami, ketika tubuh mengeluarkan keringat dan akan mengeluarkan racun dalam tubuh yang di datangkan dari berbagai macam cara, seperti yang terdapat dari makanan yang di konsumsi dan lain sebagainya.
Itu sebabnya, keringat bisa di bilang detoxicant ( penetralisir zat beracun ) , dan memiliki banyak peran yang baik bagi tubuh untuk membuang racun dalam tubuh.

2.    Membuat kulit lebih sehat
Seiring dengan keluarnya keringat dalam tubuh dapat membersihkan kulit, termasuk bakteri , kotoran yang berada di pori-pori dan menghambat penuaan dini. Dan penyebab lainnya yang dapat merusak kulit.
Dengan seringnya berkeringat, maka kulit akan menjadi lebih cerah dan bersih .

3.    Membantu sirkulasi darah menjadi lancar
 Sirkulasi darah akan terbantu menjadi lancar, karena di saat bersamaan kinerja jantung akan meningkat dan membuat sirkulasi darah akan menjadi lancar.
4.    Mengurangi Stress
Keringat yang terbaik akan keluar melalui olahraga atau melakukan sauna dan selain itu tubuh akan mengeluarkan hormone endorpine . endorpine itu sendiri  semacam hormon yang dapat mengeluarkan perasaan bahagia, dan tentunya beban stress yang sedang di rasakan akan berkurang secara bertahap.
5.    Mencegah penyakit asma
Seperti yang telah di sampaikan di universitas Michigan bahwa dengan mengeluarkan keringat melalui olahraga, dapat mencegah terjadinya penyakit asma. Semakin teratur dan seringt berkeringat, maka resiko terjadinya asma akan terhindari.
6.    Dapat membakar kalori/ lemak tubuh
Ketika lemak tubuh di bakar melalui panas tubuh yang dilakukan melalui olahraga, maka lemak tersebut akan mencair dan keluar melalaui keringat . setidaknya dengan berkeringat dapat membantu membakar 300 kalori dalam waktu sejam.

 jika kamu memiliki program untuk penurunan berat badan, maka cara ini bisa anda coba, bisa dengan melakukan olahraga atau melakukan sauna “


7.    Berkeringat salah satu cara tubuh melawan penyakit
Selain berolahraga, keringat juga bisa di hasilkan melalui sakit . makanya ketika tubuh merasa sakit akan mengeluarkan keringat. Taukah anda, bahwa sebenarnya tubuh sedang berusaha untuk melawan penyakit.
Tubuh akan mengirim sinyal atau merangsang ke sistem kekebalan tubuh dan efeknya akan mengeluarkan keringat dan berusaha untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
images : www.mediclass.ro


Leave a Reply