Inilah Manfaat Minuman Isotonik Dimimum Setelah Berolahrga Dan Bagi Kesehatan


Vemala
8 November 2016

Vemala.com – Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing dengan kata minuman isotonik itu


Vemala.com
– Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing dengan kata minuman isotonik itu sendiri, tapi ketika di tanya manfaat isotonik itu sendiri, akan menjawab tidak tau ?
Wajar saja itu tidak tau karena, mungkin biasanya hanya seseorang yang bergelut di dunia kesehatan yang akan lebih kemungkinan tau, apa itu minuman isitonik .
Isotonik itu sendiri merupakan singkatkan dari ISO yang artinya sama, sedangkan tonik itu sendiri tekanan. Maka di sebut tekanan yang sama. Artinya “tekanan sama” dari kata isitonik tersebut merupakan cairan yang sama yang berada di dalam tubuh .
Sudah faham kan maksud tersebut ?
Dalam setiap harinya tubuh manusia membutuhkan cairan ketubuhnya, sekitar 2 liter perharinya ( tergantung cuaca ) . karena di indonesia udaranya tropis, maka kebutuhannya sekitar 2 sampai3 liter perharinya secara bertahap dan terus menerus.
Selain minuman yang biasa kita konsumsi , kita pun bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan minuman isitonik.
Mungkin kita akan bertanya . apa bedanya minuman biasa dan minuman isitonik ?
Ya tentu pasti ada perbedaannya.
Rehidrasi tubuh akan terpenuhi ketika cairan tubuh tercukupi. Dengan tercukupinya cairan tubuh melalui minuman isotonik, maka proses rehidrasi tersebut akan lebih cepat 73 % dibanding minuman biasa yang hanya 65% saja.
Sekilas kandungan yang terdapat dari minuman isotonik
Ada tiga kandungan penting yang terdapat dari minuman isotonik ini yakni :
•    Vitamin C
Sudah tidak asing terdengar vitamin C ini di telinga kita. Manfaat dari vitamin C itu sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi dan beban stress.
•    Natrium
Natrium memiliki peranan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.
•    Kalium
Sama seperti natrium, kalium juga memiliki peranan yang dapat menjaga kadar air tubuh . namun memiliki manfaat lain yang dapat membantu menjaga fungsi otot tubuh. Ketika tubuh kekurangan kalium maka akan berakibat terjadinya kelumpuhan.
1.    Mengganti cairan tubuh yang hilang lebih cepat
Seperti yang telah di sampaikan di atas, bahwa isotonik lebih cepat rehidrasi tubuh. Makanya, jenis minuman isotonik sering dikonsumsi bagi olahragawan untuk membantu rehidrasi tubuh.
2.    Dapat menghilangkan rasa haus
Ketika tubuh menerima minuman mineral, biasanya tidak akan lama menyimpannya dan mengeluarkannya lewat kencing terus menerus. Tercukupinya cairan tubuh melalui minuman isotonik dapat menghilangkan rasa haus, karena di simpan dengan lebih baik  dari air biasa.
3.    Melembabkan kulit tubuh
Kulit yang kering di sebabkan kekurangan nutrisi dan kurangnya cairan tubuh. Maka peran dari minuman isotonik dapat membantu melembabkan kulit lebih  baik dari air biasa dan menjadikan kulit menjadi lembut dan sehat.
4.    Memperlancar pencernaan
Minuman isotonik dapat memberikan asupan cairan tubuh lebih banyak dibanding air biasa , sehingga pencernaan menjadi lancar kembali. Kurangnya cairan tubuh menyebabkan pencernaan menjadi kurang baik dan tidak lancar.

5.    Membantu penyembuhan diare

Seseorang yang mengalami diare akan rentan terjadinya dehidrasi ( kekurangan cairan tubuh ) . dan biasanya penderita diare akan dianjurkan mengkonsumsi oralit. Oralit itu sendiri memiliki kandungan elektrolit dan gula. Dan elektrolit itu sendiri mirip dengan kandungan yang terdapat dari minuman isotonik dan oralit.
untuk mengkonsumsi minuman elektrolit itu sendiri sebaiknya perhatikan terlebih dahulu efek samping yang akan timbul. Di kira efek samping yang muncul tersebut tidak mempengaruhi aktifitas anda, maka sebaiknya lanjutkan saja dan jika itu sebaliknya sebaiknya jangan di konsumsi .
Efek samping dari konsumsi minuman elektrolit
1.    Berpengaruh pada kesehatan lambung dan gigi
Jika tidak melakukan aktifitas yang cukup, sebaiknya hindarilah untuk mengkonsumsi minuman elektrolit ini. Karena kandungan asam nitrat pada isotonik ini dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan lambung.
Dan jika ingin mengkonsumsinya , maka lakukanlah aktifitas yang cukup, seperti berolahraga .
2.    Kepala pusing dan berat
Hindarilah mengkonsumsi isotonik secara berlebihan, meskipun di konsumsi sambil banyak melakukan gerakan yang aktif, seperti berolahraga. karena dapat membuat pusing dan berat di kepala.
Yang namanya berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Meskipun minuman isotonik di sarankan untuk di konsumsi bagi seseorang yang memiliki aktifitas yang berat , seperti berolahraga.
Penting : untuk penderita sakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan mermiliki gangguan lambung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu  ke dokter sebelum mengkonsumsinya.


Leave a Reply