Berbagai Macam Manfaat Olahraga Bagi kesehatan Manusia


Vemala
23 November 2016

Vemala.com – Olahraga merupakan kegiatan yang pisitif yang dapat menjaga kesehatan seseorang. Namun tidak semua

Vemala.com – Olahraga merupakan kegiatan yang pisitif yang dapat menjaga kesehatan seseorang. Namun tidak semua orang bisa semangat berolahraga ketika melakukannya, dan ada kalanya seseorang malah malas melakukan olahraga. Hal pilihan tersebut tentunya mempengaruhi kualitas anda kedepannya tentunya.
Apakah anda ingin sehat terus ?
Ketika seseorang di tanya hal tersebut, banyak orang pasti ingin mendapatkan kesehatan. Namun ketika di tanya kembali , apakah suka melakukan olahraga ? ,maka jawaban kebanyakan orang cenderung malas untuk melakukannya dan ada juga bagi seseorang, melakukan olahraga menjadi hobi mereka.
Ada beberapa ciri-ciri seseorang kekurangan olahraga, salah satunya mudah lemas, capek dan lain sebagainya. Jika anda memiliki ciri-ciri tersebut , maka mulailah melakukan olahraga , dan bagi anda yang sudah melakukan olahraga, maka tingkatkan kembali menjadi lebih rutin lagi, karena manfaat yang akan di dapat dari melakukan olahraga ini sangat berharga bagi kesehatan tubuh manusia.
Beragam Manfaat Berolahraga bagi Kesehatan Manusia
Melakukan olahraga bukan hanya dapat menjaga kesehatan dan juga berat badan, nyata menurut beberapa riset memiliki manfaat ayang dapat meningkatkan kualitas kehidupan yang menjadi lebih baik.
1. Memperbaiki Suasana Hati 
Dengan melakukan olahraga, misalkan melakukan olahraga berjalan kaki cepat, maka akan membuat emosi menjadi merasa lebih menyenangkan, karena ketika tubuh melakukan aktifitas seperti berolahraga maka otak akan melepaskan hormor endorphine yang dapat merasa lebih bahagia dibanding sebelum melakukan olahraga.
 
2. Dapat Mengatasi Stress
 Ada beberpa penelitian tentang manfaat olahraga dapat membantu mengatasi stress atau depresi dan mengubah psikologis seseorang ketika melakukannya. Karena terkait hormon endorphione yang di lepas oleh tubuh yang dapat membuat rasa bahagia .
3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, karena selain memiliki fisik yang baik, berat badan yang ideal dan juga psikologis akan meningkat, karena sering merasa bahagia dan kualitas kepercayaan diri akan meningkat.
 
4. Dapat membuat Tidur Lebih Nyenyak
Olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi nyenyak. Sebagian dari anda mungkin memiliki kesulitan berolahraga, sebaiknya lakukan olahraga beberapa jam sebelum tidur, karena kan membuat tubuh akan merasa lelah dan membutuhkan istirahat dan akhirnya aklan lebih mudah untuk tidur.
 
5. Dapat Menikmati Waktu Lebih Berguna
Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Melakukan olahraga cara yang baik untuk mendapatkan waktu yang dimiliki tersebut lebih berguna dan tentunya itu sangat menyenangkan bagi kebugaran dan perubahan mood menjadi lebih baik.
 
Dapat Terhindar dari Penyakit
Pada dasarnya olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh dan nyatanya banyak orang cenderung merasa cukup ketika hanya mendapatkan kesehatan saja. Ketika berbicara tentang manfaat olahraga yang mencegah berbagai macam penyakit, maka itu sangat baik sekali untuk diketahui, terutama untuk mencegah penyakit yang sangat berbahaya dan juga mematikan .
1. Dapat Mengendalikan Diabetes
Terkadang kita tidak tau , apakah ada penyakit diabetes dalam tubuh . namun dengan melakukan olahraga dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh, sehingga Diabetes dapat dikendalikan dan akan terhindar dari penyakit yang berhubungan denag penyakit diabetes.
 
2. Mengurangi Resiko Osteoporosis
Olahraga angkat beban, dapat membantu dalam melatih dan pembentukan tulang di samping manfaat yang dapat membentuk otot dan menurunkan berat badan. Dan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan penyakit tulang yang di pengaruhi perubahan usia.
 
3. Mengendalikan Obesitas
Olahraga tertentu dan di bantu dengan nutrisi yang tepat, maka kegemukan obesitas dapat di hindari dan berat badan akan terjaga ke idealannya. Ketika melakukan olahraga angkat beban misalkan, dapat membantu pembentukan otot yang dapat menekan lemak, sehingga seiring banyak otot yang dilatih dan terbentuk, maka “tempat” untuk lemak bersarang dalam tubuh tertentu akan tergantikan dengan otot yang dilatih tersebut .
 
4. Dapat Mencagah Nyeri Punggung
Selain kesehatan yang didapat dari melakukan olahraga, secara langsung kesehatan lainnya juga akan di dapat, misalakan kelenturan tubuh terjaga atau meningkat, otot-oto tubuh lebih kuat dan tulang terlatih dan menjadi kuat. Maka nyeri punggung dapat di hindari.
5. Dapat Menurunkan tekanan Darah Tinggi
Jika rutin melakukan olahraga, maka akan mengurangi beban tubuh itu sendiri dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi .
6. Mencegah Terjadinya Stroke dan jantung
Penyakit ini merupakan penyakit yang tergolong yang sangat membahayakan tubuh. Ketika rutin melakukan olahraga, maka fungsi jantung akan bekerja lebih baik, karena otot-otot di bagian jantung akan lebih kuat dan tekanan darah akan menjadi stabil, dan penyakit tersebut bisa di hindari.
Dengan melihat berbagai macam olahraga tentunya menjadi hal menarik untuk di dapatkan dan anda bisa melakukan jenis berbagai macam olarhaga, dan jika anda memiliki berat badan yang berlebih, maka bisa membaca artikel sebelumnya tentang olahraga diet, untuk mendapatkan tubuh ideal.


Leave a Reply