Mari Belajar SEO dengan Cara Yang cerdas


Vemala
26 March 2017

Mungkin sebelum menjelaskan bagaimana cara belajar SEO, sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu SEO sendiri

Mungkin sebelum menjelaskan bagaimana cara belajar SEO, sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu SEO sendiri .
Menurut saya Search Engine Optimization itu adalah media promosi dari Search Engine Seperti Google, Bing dan lainnnya dengan menampilkan  teratas halaman website dari search engine itu sendiri.
Ada beberapa SEO yang akan saya bahas kali ini dengan teknik teknik yang pernah saya terapkan di beberpa website yang saya kerjakan, hingga medapatkan posisi terbaik dari search engine.
Dari setiap search engine entah itu google atau bing , tentunya memiliki aturan yang harus di terapkan bagi seseorang yang ingin websitenya tampil di halaman teratas dari search engine. Dan pada dasarnya search itu sendiri merupakan mesin pencari informasi , sehingga bagi  perusahaan search itu sendiri hanya website yang berkualitaslah yang akan mendapatkan posisi teratas dari search engine itu sendiri. Bagi yang memiliki website, mungkin saya akan bertanya.
 Apakah website anda berkualitas dan layak masuk halaman teratas google ?
Sekarang ini google itu sendiri merupakan search engine yang paling banyak orang gunakan. Ketika seseorang mencari informasi di internet “ apa saja “ seseorang akan menggunakan search google untuk mencari informasi tersebut.  Mungkin anda salah satu orang tersebut , dan ini memang bukan hanya di Indonesia sendiri , di seluruh dunia orang banyak menggunakan google untuk mencari informasi. Bukan hanya satu atau dua orang yang menggunakan search engine google, bahkan triliunan di seluruh dunia menggunakannya.
Apa yang di inginkan google ?
Search google itu sendiri, merupakan perusahaan search engine yang ingin memberikan informasi yang layak dan berkualitas tinggi. Ketika google memberikan informasi kepenggunanya yang tidak berkualitas dan asal-asalan, maka tentunya merupakan kerugian tersendiri bagi google, bahkan orang akan berpindah ke search engine lainnya, seperti yahoo dan lain lain karena tidak puas menggunakan google.
Aturan search engine google
Ada beberpa aturan yang harus di terapkan bagi seseworang yang ingin mengoptimasi halaman websitenya agar masuk halaman 1 dari search engine. Salah satunya menerapkan aturan yang google pakai, seperti algoritma google itu sendiri.
Apa ini algoritma google…… 
Tenang tenang ! saya akan jelaskan dengan cara yang mudah .
Dari setiap tahunnya bahkan setiap bulan atau harinya tentunya dari perusahaan google itu sendiri, ingin menjadinnya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, sehingga kepuasan penggunanya akan meningkat juga.
Untuk melihat perkembangan search engine google biasanya ditandai dengan update algoritma. 
Apa itu ?
Penejelasan singkat dari setiap algoritma google
1.      Hamming bird
untuk mengetahui algoritma google Humming bird ini kesimpulannya adalah sebaiknya di usahakan website anda memiliki loading yang cepat serta memiliki responship yang baik. Misalakan pengguna internet , menggunakan handphone , atau yang lainnya, sehinnga pengguna tidak perlu meng zoom in dan zoom out untuk melihat konten anda. Algirtma ini di luncurkan pada tanggal 26 septemer 2013 .
2.      Google panda
Algoritma panda lebih mengutamakan ke kualitas konten itu sendiri, dan usahakan sebaik mungkin konten anda memiliki kualitas tinggi, dan bukan hasil dari Kopy paste.
Untuk mengetahui konten yang berkualitas, bisa anda liat seberapa lama pengguna internet tersebut membuka halaman website. Jika hanya beberapa saat saja, maka website anda memiliki kualitas yang kurang bagus bagi para pengguna.  baru masuk ke website sudah keluar kembali  ( bounce rate ). Algoritma panda itu sendiri di luncurkan pada tanggal 23 Februari 2011 .
3.      Algoritma penguin
Untuk optimasi wesite, memerlukan backlink dari website lain di luar website anda sendiri. Algoritma ini lebih memfokuskan dari sisi backlink . dan pastikan backlink yang didapat dari website yang memiliki reputasi baik, entah itu backlink yang memiliki hight trafik,relevan, atau dari website yang  memiliki reputasi baik google.
Berikut adalah beberapa penjelasan singkat tentang algoritma google untuk anda terapkan di website anda. Jika sudah di terapkan, maka silahkan melanjutkan belajar SEO lebih dalam lagi.
Konten Is King
Konten is king yang di maksud itu sendiri merupakan teks yang kita optimalkan dari setiap halaman website.
Pada dasarnya search engine membaca konten yang kita tulis di website untuk ditampilkan, meskipun yang di tampilkan, gambar atau video. Sebagus apapun itu gambar, video atau website, yang di baca adalah Teks dengan kata-kata yang ditulis di konten.
Kontan yang bekualitas adalah konten yang sangat menarik untuk dibaca bagi penggunna internet. Ciri-ciri website yang berkualitas bisa kita lihat, orang cenderung lama untuk melihat isi konten anda dan memiliki kesan yang bermanfaat itu sendiri. 
Ada beberpa hal yang harus di perhatikan sebelum membuat konten anda di internet . yang pertama adalah algoritma google dan humana friendly. 
Cirri-ciri website yang memiliki kualitas yang rendah, orang cenderung tidak betah lama-lama berada di website anda. Istilah ini biasanya di namakan bounce rate. Jika bouncew rate tinggi , maka bersiap-siaplah SERP konten anda juga akan menurun.
Untuk mengetahui cara membuat konten yang baik, maka anda bisa memulai dengan cara membaca artikel sebelumnya, tentang cara membuat copywriter yang baik, yang dapat mempengaruhi orang untuk betah membaca, bahkan bisa di terapkan pada produk yang dijual.
Membuat Anchot Teks untuk optimasi setiap halaman website
Anchor memiliki peranan penting dalam mengoptimasi keseluruhan halaman website, entah itu dari baclink atau dari internal website itu sendiri.
Apa itu anchor teks ?
anchor teks itu sendiri merupakan identitas dari suatu halaman website. Misalkan artikel ini di buat untuk yang ingin belajar SEO , makan Anchor teks itu sendiri adalah “ Belajar SEO “ atau bisa dengan “ belajar seo dengan mudah” dan sebagainya, yang di tuilis dan ditandai dengan link aktif ke tujuan anchor teks tersebut.
Ada banyak jenis anchor teks yang bisa anda pelajari, salah satunya adalah :  

Naked anchor teks
Keyword anchor teks
Generic anchor teks
Branded anchor teks
Long Tail
Dll.
Optimasi Seo Off page

Mengoptimalkan website dari luar website itu sendiri merupakan hal sangat penting untuk di terapkan, karena menurut saya sendiri memiliki optimasi yang baik dari sisi off page, sangat di perhitungkan dari algoriotma google. Saking di perhitungkannya, maka menurut saya sendiri, memiliki pengarus dari search engi yang sangat besar, sekitar 70 % dan sisanya dari on page itu sendiri.

mungkin sampai disini saja pembahasan kali ini, dan artikel ini akan saya bahas lagi lain waktu. di tunggu lagi saja , untuk mengetahui lebih dalam lagi .

Untuk mengetahui lebih dalam lagi belajar SEO anda bisa dengan melihat artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.
Bersambung .



Leave a Reply