Belajar Facebook Marketing : Memasarkan Produk Di Facebook Ads


Vemala
26 April 2017

Belajar Facebook Marketing – Ingin memasarkan produk yang di jual melalui page facebook dan berharap

Belajar Facebook Marketing – Ingin memasarkan produk yang di jual melalui page facebook dan berharap mendapatkan keuntungan yang besar. Sebelum memulai bagaimana cara melakukan beriklan melalui social media ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu penjelasan di bawah ini sampai selesai agar bisa mendapatkan hasil yang seperti di inginkan.
Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui dan sudah menjalankan bisnis offlinenya dan menjual produk melalui layanan ini dan bagi seseorang yang ingin memasarkan produk di sosial media, merupakan hal yang tepat dalam membuat keputusan, karena ini awal yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dari facebook marketing. 
Banyak sekali media promosi yang bisa dilakukan,seperti menampilkan produk yang di jual melalui website perusahaan dari Search engine optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) dan media promosi online lainnya. 
Setiap media promosi memiliki keunggulan masing-masing dan tentunya dengan pemakaian teknik yang tepat, sehingga proses sales lebih terarah sesuai harapan. Namun untuk mengetahui facebook ads kita akan mengetahuinya dengan cara yang mudah dipahami dan sekarang akan mengetahuinya dengan membaca penjelasan legnkapnya.

Mengapa harus memilih facebook Marketing ?

Tentunya bukan hal yang mustahil banyak orang sukses menjalani facebook ads, karena FB ads ini memiliki manfaat yang akan mendapatkan keuntungan untuk suatu bisnis. Dengan kelebihan yang dimilikinya.
Pengguna facebook paling populer
Pengguna aktif seosial media facebook diseluruh dunia melebihi 1 miliar dan tentunya ini memiliki jangkauan yang luas untuk mempromosikan produk yang dijual dengan berbagai macam interes setiap orang yang beragam. 
Iklan lebih tertarget
Menggunakan layanan facebook ads dapat menjangkau pengguna Fb dengan berbagai macam interes pengguna itu sendiri. Seperti profil user facebook,keperluan pribadi demografis,umur,jenis kelamin dan masih banyak lagi. Dan bahkan aktifitas seorang pengguna faebook akan direkam oleh facebook,sehingga iklan yang tayang melalui akun facebook anda akan tertarget sesuai kata kunci yang dicari.
Iklan Lebih Murah
Selain iklan di facebook ads lebih tertarget dan terfokus. Iklan ini juga memiliki harga yang terjangkau,sehingga bisa menggunakan jasa iklan ini sebanyak mungkin penggunanya, yang disesuaikan dengan buget yang ada. Dengan berbagai macam paket yang disediakan.
Mobile Friendly
Kebanyakan pengguna internet,terutama sosial media megnggunakan smartphone dan iklan ditayangkan oleh facebook pun lebih responship dan nyaman untuk dilihat bagi pengguna smartphone , mapun pengguna dekstop.
Memiliki Keterlibatan Langsung Dengan Customer
Iklan yang tayangkan di facebook, bisa digunakan untuk menjangkau banyak para user untuk mendapatkan konversi pembelian dan atau hanya mendapatkan informasi tertentu terkait dengan tujuan dari pengiklan itu sendiri. 
Fitur yang ada di facebook memudahkan komunikasi antara si penjual dan pembeli, sehingga memiliki keterlibatan langsung untuk memberikan informasi terkait iklan yang di tayangkan, dengan tersedianya fitur like, komentar dan shared. Sehingga adanya keterlibatan langsung ini memiliki manfaat yang memudahkan antara si penjual dan pembeli untuk saling memberikan informasi. Misalkan saling memberikan informasi terkait produk yang dijual, menanyakan produk tertentu dan lain sebagainya.
Memiliki Fleksibel Yang Baik Dibanding Google Adwords
Facebook ads memiliki fleksibelitas yang lebih di bandingkan dengan google adword. Contohnya, dengan menggunakan layanan facebook ini, maka pengiklan dapat membuat iklan baris di gambar , membuat copywriting iklan lebih panjang dan lain sebagainya. Karena ke fleksibelannya ini, banyak orang menggunakan layanan iklan facebook.
Ketika menggunakan layanan facebook Ads tentunya akan memudahkan antara calon custumer dan penjual untuk berinterkasi dan jika menggunakan layanan google adword, maka hal itu tidak bisa dilakukan. 
Iklan Yang Tayang Selalu Membuntuti Seseorang Yang Pernah klik Iklan
Seseorang yang memiliki minat yang cukup terhadap iklan yang tayang, biasanya akan mengambil tindakan seperti klik iklan si pengiklan. Dengan impresi tersebut,maka iklan yang jalankan akan di anggap relevan oleh Salgoritma facebook dan iklan tersebut akan terus membuntuti calon customer,karena tindakan klik yang pernah dilakukan tersebut.
Dengan hal ini tentunya, target pasar yang dijalankan melalui facebook ads tersebut lebih tertarget dan memiliki peluang besar terjadinya penjualan terkait produk yang di jalankan.
Bisa Meraih Fans Page Sebanyak –Banyaknya
Ketika baru memulai bisnis tentunya akan kesulitan untuk mendapatkan fans dari toko online ( misalkan ). Misalkan produk yang dijual toko kesehatan,maka tentunya agar toko tersebut untuk medapatkan authority membutuhkan jangkauan yang luas, sehingga produk yang dijual banyak orang yang menyadari keberadaan anda sebagai toko kesehatan.
Banyak perusahaan yang membuat fage facebook dan membuatnya semakin banyak folloewer dengan menggunakan layanan berbayar tersebut dan calon follower tersebut biasanya facebook itu sendiri akan mencarikan follower tersebut seseuai minat anda. Guna  ( menyadarkan/menjangkau ) dan ingat tentang produk yang dijual dan melakukan interaksi setelahnya.

2 Tipe Pilihan Iklan Dari Facebook Ads CPM Atau BPK
Sebelum memulainya sebaiknya terlebih dahulu mengulas tentang 2 jenis iklan yang disediakan oleh facebook yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis iklan ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda untuk dilakukan, agar hasil yang di dapat tidak banyak mengeluarkan biasa dan minim penjualan tentunya.
CPC
Iklan jenis ini merupakan layanan yang disediakan oleh facebook dengan memiliki konsep. Ketika ada klik dari costumer, maka anda di kenakan biaya dan jika tidak mendapatkan klik , maka anda tidak megeluarkan biaya sama sekali.
Untuk melakukan layan jenis CPC ( Cost Per Klik ) ini biasanya anda akan dikenakan biaya, sekitar 600 dampai 1.500 rupiah untuk di indonesia itu sendiri dan untuk negara lainnya mungkin akan berbeda.
CPM
Kalau iklan yang ini, merupakan jenis iklan yang akan dikenakan biaya, meskipun iklan yang ditayangkan tidak mndapatkan klik dari customer ( impresi ). Itu sudah termasuk like, komen, shared iklan yang publish. Untuk harga yang ditawarkan untuk jenis iklan ini, bisa bervariatif tergantung apa yang di tawarkan oleh layanan facebook. 
Sekilas dua jenis iklan yang bisa dimanfaat sesuai dengan kebutuhan maksud dari iklan yang buat sesuai konsep yang dijalani dan sebaiknya jangan sampai salah memilih,karena jika memadukan antara konsep produk tertentu yang akan di buat dan tipe iklan ( CPM,CPC ), maka di khawatirkan malah menjadi kerugian dan mejadi tidak terarah.
Jenis-Jenis Model Iklan Yang Bisa Diterapkan Di Facebook
Anda mungkin akan segera memulai menggunakan layanan iklan ini, namun sebaiknya fahami terlebih dahulu berbagai macam iklan yang bisa anda terpakan dan sesuaikan dengan tepat jenis model iklan apa yang akan digunakan. Karena banyaknya jenis kebutuhan yang berbeda, maka berikut adalah jenis-jenis iklan dari facebook.
1. Page Post Link

Jenis iklan ini merupakan hal yang biasa dan umum dilakukan oleh pengiklan. Biasanya seseorang menggunakan fecebook ads digunakan untuk mempromisikan situs website,dengan disertai gambar yang besar ( untuk menarik perhatian ) ,link ,deskripsi singkat. Dan jenis iklan ini juga sangat baik digunakan untuk menambah fans page. Biasanya iklan jenis ini tampil di bagian kanan versi dekstop ,tampil di mobile dan newsfeed.

2. Domain Ads

Jenis iklan ini merupakan jenis iklan yang paling sederhana dari yang lainnya. Biasanya akan tempil di bagian kanan bagi pengguna desktop dan tidak akan tampil untuk versi mobile. Biasanya pada umumnya jenis iklan ini memiliki deskripsi singkat,judul dan website yang ditampilkan. Dan jenis iklan yang di pakai biasanya jenis iklan CPC, karena untuk menghemat anggaran biaya pengeluaran.
3. Multi product

iklan slider model seperti ini , biasanya sering banyak pelaku pembisnis toko online dengan mempromosikan beberapa produk sekaligus dalam satu iklan. Dan biasanya banyak pengguna layanan FB Ads ini  menggunaannya hanya 3 buah produk dan bisa lebih dari itu.Selain bisa menampilkan banyak jenis produk yang berbeda dalam satu iklan bersamaan dan didukung dengan page post link setiap iklannya dan iklan ini juga support untuk dekstop, mobile dan Newsfeed.
4. Offer/Memberikan penawaran

Model iklan seperti ini biasanya dilakukan untuk menarik banyak orang ke website untuk melakukan transaksi. Seperti pada kebanyakan jenis iklan yang lainnya biasanya dilakukan untuk mendatangkan banyak pengunjung untuk mendapat penjualan toko online. Jenis iklan seperti ini juga banyak pelaku bisnis untuk mendapatkan data dari pengguna yang klik iklan tersebut, seperti data email dan data lainnya dengan penawaran atau transkasi yang dilakukan. Semakin bertambahnya data custumer, maka data tersebut bisa di gunakan untuk tetap terhubung antara si penjual dan custumer melalui update promo via email marketing dan yang lainnya.
5. Games Apps

Selain dari jenis iklan yang ada, seperti toko online maka iklan jenis untuk para pecinta games tentunya merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena dari sekian banyak pengguna facebook tentunya dari kalangan pecinta games juga ada.
Iklan ini buat untuk seseorang yang ingin melakukan main games via apps facebook via desktop dan akan di arahkan ke halaman facebook apps untuk memulai permainan games yang di iklankan tersebut. Dan jenis iklan ini tidak support mobile.
6. Page like

Karena untuk mendapatkan banyak like dari pengguna facebook, tentunya tidak mudah, harus dilakukan banyak teknik jika dilakukan secara organik, apalagi likernya sesuai interes tujuan dari page yang dibuat. Anda bisa menggunakan layanan berbayar dari facebook ini untuk mendapatkan banyak like yang sesuai dengan interes yang di inginkan.
Untuk menjalankan layanan ini bisa dengan cara menggambungkan teknik yang dimiliki untuk lebih banyak mendapatkan like organiknya, Selain dari like dari berbayar. Seperti yang dilakukan seperti contoh gambar diatas dengan menggunakan video untuk menarik minat.
Dari sekian jenis iklan faebook marketing yang bisa anda pakai untuk kepentingan promosi jasa/produk yang seseuai dengan tujuan anda. Maka tinggal sesuaikan saya iklan yang akan di buat dan mengujinya. Kita tidak tau secara pasti jenis iklan apa yang cocok digunakan untuk promosi produk yang akan anda lakukan. namun sebelumnya, sebaiknya terlebih dahulu menguji iklan tersebut dan tentunya di dukung dengan ideu yang tepat guna mendukung strategi yang akan dijalankan supaya berhasil.  
Mungkin dari kita akan bertanya. Bagaimana cara menggunakan facebook marketing ini ? Ya ! Mungkin lain kali akan saya bahas disini untuk informasi lengkap tentang cara menggunakan facebook ads. Silahkan mampir kembali .


One Response to “Belajar Facebook Marketing : Memasarkan Produk Di Facebook Ads”

  1. Infonya Lengkap Banget Gan. Thank Banget Infonya. Ane Punya Fanspage Tapi Yang Like Dikit, Untung Agan Share Infonya Thanks Banget gan.

Leave a Reply