Cara Membuat Artikel yang Di Sukai Google Dan Manusia


Vemala
30 April 2017

Cara Membuat Artikel -Menulis artikel untuk sebuah website, merupakan salah salah satu cara untuk meningkatkan

Cara Membuat Artikel -Menulis artikel untuk sebuah website, merupakan salah salah satu cara untuk meningkatkan trafik website. Entah ini itu untuk website toko online atau blog Komersil .

Namun untuk mendapatkan posisi teratas dari artikel yang ditulis di website tersebut bukanlah cara yang mudah untuk dilakukan agar bisa masuk halaman teratas dari search engine. Terutana google. Meskipun bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengupayakan agar artikel tersebut bisa masuk halaman teratas dari search engine.

Mungkin sebagian dari kita sudah memulai dengan menulis artikel untuk aktifitas blogging  di suatu web . namun artikel yang ditulis tersebut belum bisa masuk halaman 1 dari search engine google.

Tentunya , ini merupakan hal yang cukup melelahkan. Sudah menulis panjang lebar dan banyak page, namun masih saja artikel belum ada yang masuk.

Mungkin seseorang tersebut, akan bertanya seperti :

Kenapa ini ? 

Bicara artikel maka akan menjadi pertanyaan tersendiri . mana yang lebih baik, membuat artikel dengan kata-kata yang panjang atau dengan kata-kata yang pendek.

Artikel Panjang VS Pendek

Panjang pendeknya suatu artikel bukanlah yang utama agar masuk halaman satu search engine google. Banyak hal yang mempengaruhi untuk masuk halaman satu. Hal yang paling mendasar dan yang paling penting adalah isi dari artikel yang di buat. 
Dari setiap panjang atau pendeknya kata-kata yang dibuat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Artikel panjang
Membuat Artikel dengan kata-kata yang  panjang  memiliki nilai yang lebih tersendiri , seperti informasi yang ditampilkan lebih detail dari jumlah kata yang sedikit ( tidak selalu ) dan menjadi penilaian tersendiri dari search engine google , meskipun persentasinya sedikit.

Namun, meskipun memiliki kelebihan tersebut ,dengan membuat artikel dengan kata-kata yang panjang memiliki kekurangan tersendiri. Orang Cenderung Malas Membaca artikel yang panjang lebar.

Ya ! memang kebanyakan orang malas untuk membaca panjang lebar hanya untuk mendapatkan informasi tertentu.meskipun begitu, masih ada cara untuk membuat seseorang bisa betah membaca panjang lebar informasi dengan cara tertentu. Salah satunya dengan membuat artikel dengan cara  teknik Copy writing.

Artikel pendek
Artikel pendek biasanya banyak disukai oleh para pencari informasi di internet. Apalagi informasi tersebut mudah dipahami dan isinya memiliki kualitas yang baik sehingga orang bisa dengan mudah mengetahui informasi tersebut.

 Namun persoalannya bagi suatu website yang memiliki trafik yang sedikit dan memiliki konten yang sedikit dan pendek-pendek dari setiap halamannya., menurut saya sendiri akan mengalami kesulitan untuk bersaing dengan wesbite yang memiliki hight trafik. Apalagi keyword artikelnya memiliki tingkat persaingan yang sangat banyak dan tinggi.

Memiliki trafik yang tinggi seperti detik.com untuk mendapatkan posisi teratas dari search engine dengan tingkat persaingan yang tinggi. Hal tersbut bukanlah suatu persoalan yang sulit. Namun bagi website yang memiliki konten yang sedikit dan memiliki artikel sekitar 100 halaman, maka akan sangat sulit juga untuk mendapatkan posisi dengan tingkat persaingan yang tinggi ( tidak selalu ).

Jadi yang paling penting dari membuat artikel, bukanlah  jumlah kata-kata yang akan di pakai. Namun ISI konten tersebut dan untuk selanjutnya,  tinggal anda di sesuaikan saja dengan kondisi website tersebut seseuai dengan yang sampaikan di atas. Panjang atau pendeknya suatu artikel bukan jaminan untuk bisa masuk halaman satu dari search engine.

Membuat Artikel Untuk Manusia


Pada dasarnya artikel di buat oleh manusia. maka hal yang perlu di garis besari adalah bagaimana orang supaya menarik minat untuk membaca sampai selesai dan bahkan orang tersebut dengan senang hati untuk membagikannya di social media dan media lainnya

Jangan terlalu terpaku dengan algoritma yang komplek. karena jika memiliki fokus yang banyak dari itu dan kurang memperhatikan dari manusia itu sendiri, maka ini akan terasa sulit. karena search engine google itu sendiri menggunakan prilaku manusia, terhadapat penilaian isi suatu konten.

konten yang berkualitas bisa di ukur dengan berbagai macam cara, dan algoritma google itu sendiri membaca pola tersebut untuk menilai suatu halaman website. seperti :

  • orang cenderung betah membaca sampai selesai ( lama membuka halaman web )
  • menyukai halaman tesebut dengan me like melalui akun social media
  • berkomentar di website tersebut
  • membagikannya di social media dan media lainnya


1. Buat Judul Yang Menarik
Buatlah judul yang menarik calon pembaca artikel yang dibuat. Seseorang sebelum membaca artikel yang kita publish dan di shared, yang pertama mereka lihat adalah judul terlebih dahulu. Jadi sebisa mungkin tampilkan judul artikel yang di buat seseorang memiliki penasaran yang tinggi dengan mimicu perasaan tertentu, terkait keyword yang dibuat.
Contoh :

Setiap kata kunci terkait informasi yang di sampaikan memiliki persoalan sendiri yang harus disampaikan dari judul artikel yang di buat. Dan tentunya seseorang yang ingin mendapatkan informasi tersebut, ingin menyelesaikan permasalahan tersendiri bukan ?

Contoh seperti informasi “ cara menurunkan berat badan”misalkan . memiliki banyak persoalan  yang ingin diselesaikan persoalannya tersebut dengan berbagai macam cara yang  beragam pula . seperti dengan, cepet,sehat, alami dan lain sebagainya ( tergantung pola fikir seseorang ).

Maka sebaiknya solusi yang berkemungkinan banyak orang inginkan, sampaikan dari judul terlebih dahulu. Dan di usahakan jangan terlalu panjang, karena tidak selain tidak akan tampil semua di search engine. Jika terlalu panjang orang akan kesulitan untuk memahaminya.

Note :
Semakin banyak orang mengklik halaman yang di buat dengan judul yang menarik tersebut dan mendapatkan lebih banyak klik dari pencari informasi tersebut di banding dengan kompetitor, maka lambat laun algoritma google akan menganggap halaman website anda layak mendapatkan posisi yang paling atas.

contoh :
Jika awalnya website anda di posisi 9 dan mendapatkan jumlah klik yang banyak dari kompetitor, maka posisi dari kompetitor sebelumnya di gantikan oleh website anda.

2. Buat Isi Artikel Yang Menghipnotis
Isi artikel yang menghiptis disini merupakan bukan membuat seseorang menjadi tidur… hehee . namun membuat seseorang betah berlama-lama mersikpun aritkel yang di buat dengan panjang.

mungkin sebagian dari kita pernah membaca sesuatu informasi. entah itu melalaui website, social media atau buku hingga berlama-lama hingga berjam-jam. 

jika pernah !

mungkin disaat membaca artikel tesebut anda merasa nyaman dan senang membacanya. 

Kenapa ?

Nah ini yang akan kita Bahas kali ini .

  • kenali si pembaca tentang artikel yang akan di tulis
  • cari kemungkinan masalah yang di hadapi si pembaca lalu tulis di bagian awal 
  • Timbulkan Emosi dominan Seseorang tentang Artikel yang di buat ( sedih, marah, senang, penasaran )
  • carikan solusi dibagian terakhir artikel
sebelum memutuskan membuat suatu artkel, sebaiknya si penulis artikel memahami terlebih dahulu persoalan yang di hadapi si pembaca, tentang artikel yang bi buat. karena dengan memhami persoalan yang kemungkinan maka pembaca tersebut, seperti dimerngerti persolanan yang sedang di hadapi dan akan merasa nyaman untuk melanjutkan membaca sampai selesai.

Contoh :  Tentang Tips Cara Menurunkan Berat Badan 

  • Artikel Tepat Yang Memicu Emosi
Memiliki berat badan memang sangat mengganggu akttifitas, terutama penampilan akan telihat tidak terlalu menarik di lihat orang, apalagi suami sedikit agak cuek. tidak seperti waktu lagi muda pas masih langsing. selain itu memiliki berat badan yang berlebih bisa mendatangkan penyakit yang berbahaya seperti penyakit, jantung, stroke, kolesterol yang dapat merenggut nyawa seseorang sewaktu-waktu. karena aliran darah terhalang oleh lemak menuju jantung
  • Artikel Biasa
memiliki berat badan berlebih merupakan hal tidak sehat dan tidak dianjurkan oleh dokter. karena akan mengganggu kesehatan. dan sekarang saya akan menjelaskan tentang cara menurunkan berat badan yang dapat di terapkan untuk mendapatkan tubuh ideal anda.

Artikel yang menarik untuk dibaca adalah artikel yang dibaca tersebut ada EMOSI yang larut di dalamnya. sehingga artikel yang di buat tersebut akan terasa mengalir di baca oleh pembaca tersebut. dan disaat seseorang membaca dengan EMOSI tertentu, maka akan sadar dan tidak sadar menikmatinya dan akhirnya membaca sampai selesai.

( Bayangkan Hidup Tanpa Emosi ) Membosankan Sekali bukan ? he he he he….

Menampilkan Emosi dari artikel yang dibuat merupakan cara untuk “menghidupkan” artikel yang dibaca sehingga seseorang ANTENG untuk membacanya , maka itu yang dimaksud dengan menghipnotis pembaca artikel. ( mungkin anda pernah mengalaminya )

Contoh :
  • Film bercerita sedih banyak yang nonton
  • Acara TV yang bikin emosi marah banyak yang nonton ( sintron berkarakter jahat )
  • Film yang bikin ketawa banyak nonton ( apalagi )
  • Acara televisi yang bikin penasaran banyak yang orang ingin tau ( banyak juga )
Apakah Bosan melihatnya ?

Lalu EMOSI mana lagi yang kau dustakan ? he he …. 

Jangan terlalu serius ah . santai saja bacanya. janga di lawan LEMESIN Saja…. xixixi 

Bila perlu bisa sambil ngopi dulu. biar semakin semangat membacanya sampai selesai atau bisa langsung saja membaca. 
3. Jangan Samakan Tulisan Di Website Dan Tulisan Buku
Visual atau penglihatan merupakan hal yang paling banyak domianan orang gunakan sebelum masuk ke fikiran dan seterusnya. maka karakter yang di pakai dari sebuah artikel untuk website sebaiknya buat kesan yang enak di pandang dan tidak merasa lelah.

Jika waktu sekolah dahulu Guru menyarankan menulis karangan dengan menggunakan paragraf seperti contoh di bawah sebelah kiri anda… yaa ! sebelah kiri pandangan anda…. 

Sebaiknya menulis artikel dengan paragraf seperti contoh gambar sebelah kanan. karena lebih nayaman, enak di baca.

Contoh tulisan di bawah, bisa anda lihat dan rasakan dan menurut anda lebih enak di baca yang mana ?. Mungkin sebagian dari kita akan merasa malas untuk membaca contoh tulisan sebelah kiri, karena terlihat membosankan dan terasa lelah untuk memulai membacanya. JUJUR……!

Membuat Artikel Untuk Algoritma Google

Sebenarnya saya tidak ingin membandingkan antara cara membuat artikel untuk menusia dan untuk google. Namun penjelasan ini untuk memudahkan saya saja dalam menjelaskan isi artikel ini.

menulis artikel untuk menusia dan untuk algiritma google merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan, meskipun google itu sendiri melihat dari perilaku pembaca artikel.namun bagaimanapun kita harus membantu memudahkan google dalam membaca tujuan ( keyword ) yang kita tulis tersebut.

untuk cara menulis artikel yang SEO Frindly sebenarnya sudah saya bahas sebelumnya. namun akan saja jelaskan kembali urutan penulitas teks dari konten yang di buat.

1. keyword Planner Dan Persaingan

  • Persaingan Keyword Cukup Rendah
  • Persaingan Keyword Ketat


Contoh artikel yang kita akan buat seperti kata kunci di atas yang akan kita buat tentunya memiliki cara yang tepat, agar bisa masuk halaman teratas. seperti yang telah di buat di AlfaTheta.com ini apalagi keyword yang akan di buat memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

2. Susunan Konten Dan Target Keyword


Untuk mendapatkan persaingan dengan keyword yang memiliki persaingan yang tinggi seperti pada contoh gambar di atas ( Usaha Rumahan ). maka akan mengalami kesulitan mendapatkan posisi teratas dari search engine. apalagi website kita memiliki trafik dan artikel yang sedikit. maka sebaiknya kita atasi dengan menarget keyword yang lebih rendah terlebih dahulu ( peluang usaha rumahan ).

Dengan melakukan konsep seperti ini. misalkan menargetkan kata kunci yang memiliki persaingan yang rendah terlebih terlebih dahulu ( peluang usaha rumahan ).dan bisa masuk halaman ,maka keyword yang memiliki persaingan yang banyak ( usaha rumahan ) lambat laut akan naik dengan sendirinya. karena algoritma google menganggap ada persamaan kedua keyword tersebut , sehingga berkemungkinan besar masuk halaman teratas, seperti keyword ( peluang usaha rumahan ).

contoh :

  • URL ( alfatheta.com/2016/08/peluang-usaha-rumahan.html )
  • Anchor Text / focus Keyword  ( peluang usaha rumahan )
  • peluang usaha rumahan ( keyword utama ) 
  • usaha rumahan              ( keyword kedua ) “mengikuti posisi dari keyword utama dari seacrch engine”

Berikut di atas adalah beberapa langkah Cara Membuat Artikel yang Di Sukai Google Dan Manusia, dan membuat artikel tersebut mendapatkan posisi teratas dari search engine. dan mungkin lain waktu akan saya lanjutkan pembahasan artikel ini untuk dilengkapi.

Source image : ualr.edu


One Response to “Cara Membuat Artikel yang Di Sukai Google Dan Manusia”

  1. WSL says:

    Lengkap sekali! Thanks..artikel ini membantu saya dan pastinya juga semua yang suka nge-blog.

Leave a Reply