Cara Promosi Produk makanan Agar Lebih banyak Pelangggan


Vemala
30 October 2017

Vemala.com – Makanan merupakan hal yang sedang gencar-gencarnya banyak orang posting di sosial media akhir-akhir

Vemala.com – Makanan merupakan hal yang sedang gencar-gencarnya banyak orang posting di sosial media akhir-akhir ini, entah itu dari facebook,instagram dan lain sebagainya. Namun , seiring dengan perkembangannya, banyak orang yang sukses berjualan makanan tersebut.
Berbiacara makanan hal yang menarik untuk di perbincangkan, karena memang bukan hanya soal rasa yang nikmat di dalamnya yang berperan, tapi ada inovasi , tampilan di dalamnya yang berperan.
Ketika, banyak orang yang telah sukses mempromosikan produk makanannya dan mendapatkan banyak keuntungan , maka tentunya menjadi pertanyaan tersendiri,
 
Bagaimana sih cara melakukannya ?
Sedangkan banyak orang memulainya sebagai sampingan saja, namun hasilnya sangat mengiurkan sekali, dan menjadi usaha tersbut  utama mereka.
Memiliki rasa yang enak menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan, namun kalau hanya mengandalkan dari rasa yang nikmat saja tidak cukup, harus melakukan promosi yang tepat untuk mencapainya.
1. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Promosi
 
Sosial media sudah menjadi seperti layaknya dunia nyata. Karena hal tersebut merupakan tempat berkumpul banyak orang untuk saling berdiskusi, hiburan dan lain sebagainya, terutama untuk memasarkan produk anda.
Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan akun personal atau bisa membuat halaman usaha anda sendiri, melaui facebook ads . Namun yang paling penting jangkauan dan target pasar yang tepat dapat memberikan kemudahan untuk mendapatkan keuntungan.

Anda bisa pantau sendiri dari sosial media akhir-akhir ini, maka makanan dan traveling lah yang paling banyak orang shared di akun mereka. Maka hal ini menjadi peluang yang besar untuk anda manfaatkan dari banyak pengguna sosial media sukai tersebut.

2. Menjaga Kualitas Makanan
Ya, kualitas menjadi hal penting sekali untuk di pertahankan. Jika seseorang membeli produk anda karena rasa yang enak, maka itu harus pertahankan kualitasnya. Karena informasi tentang kelebihan yang anda miliki tersebut, lambat laun akan di ketahui banyak orang. Namun ketika kualitas yang anda miliki penurunan, maka ketika banyak orang yang membeli ( lagi rame-ramenya ) , tentunya menjadi kekecewaan tersendiri dan pelanggan akan meninggalkan anda.
3. Memanfaatkan momentum
Dalam setiap usaha yang dijalani, tidak selalu ramai dengan pembeli, dan terkadang sepi dengan pembeli.
Kita akan melakukan berbagai macam cara untuk mendatangkan pelanggan baru dan penjualan dengan memanfaatkan momen tertentu, seperti ikut di bazar, pasar malam dan lain sebagainya yang memiliki jangkauan banyak orang.
Anda bisa sambil berjualan langsung dari sana, dan bisa juga sambil memberikan informasi usaha yang dilakukan, seperti memberikan alamat, nomer telpon dan kontak lainnya untuk menghubungi anda ketika ingin membeli produk anda dan info lebih detailnya.
4. Membuat Brosur selebaran 
 
Membuat selebaran memang dari dulu sudah dilakukan banyak orang, karena dengan cara ini cukup efektif untuk mendapatkan penjualan. Dengan memberikan selebaran tersebut yang tertarget, misalkan ke tempat ramai, seperti perkantoran, pabrik dan lain sebagainya, sesuai produk makanan yang di tawarkan. Dengan memberikannya lansung ke setiap orang atau menempelkannya di tempat banyak orang terjangkau banyak orang.
Dan jangan lupa, dari selebaran tersebut cantumkan alamat lengkap anda, seperti nomber telepon , BBM, Akun facebook dan lainnya. Karena semakin banyak kontak yang di berikan berpeluang lebih besar orang untuk menghubungi anda nantinya, karena minat setiap orang berbeda.
5. Membuat Peta Lokasi Yang Lengkap
Terkadang seseorang akan kesulitan untuk mengetahui alamat lengkap anda yang telah di berikan ketika ingin ke tempat usaha anda untuk membeli produknya. Dan sayang sekali kan kesulitan seseorang tersebut membatalkan pembelian , karena alamat tidak di temukan.
Maka, sebaiknya lengkapi dengan brosur atau informasi yang di berikan dengan lengkap dengan peta yang mudah di fahami oleh banyak orang.
6. Bergabung dengan Komunitas tertentu
Komunitas itu penting sekali untuk mendapatkan informasi tertentu sesuai produk yang di jual. Karena kalau hanya berdiri sendiri tanpa komunitas yang mumpuni maka informasi akan terbatas. Nanti kita bisa saling berbagi tips, kerja sama dan lain sebagainya.
7. Bekerja Sama Dengan Agen Penjualan Dan pusat Oleh-Oleh
Bekerja sama dengan agen perjalanan atau dengan pusat penjualan oleh-oleh perlu anda coba. Karena di sana memiliki potensi yang besar untuk menjangkau banyak orang. Ketika biasanya anda berjualan sekitar kota anda saja, tapi ketika banyak turis lokal atau asing telah mencicipi produk anda, siapa tau ketagihan dan ingin membelinya kembali dan menghubungi anda melalui kontak yang tersedia di produk.
8. Membuat Diskon tertentu
Di saat momen-momen tertentu beberapa orang akan berbelanja lebih banyak, misalkan liburan hari raya dan lain sebagainya. Ketika produk yang di jual cocok untuk di proomosikan di momen tersebut, maka tidak ada salahnya memberikan promosi.
Demikianlan beberapa tips untuk mempromosikan produk makanan yang anda jual untuk mendapatkan banyak keuntungan. Konsistensi dan inovasi adalah hal terpenting lainnya untuk di lakukan, selain melakukan promosi yang telah di sampaikan di atas.
Images : halodoc


Leave a Reply