Apakah Benar Link Keluar Berdampak Buruk Pada Website ?


Vemala
14 November 2017

Vemala.com – Banyak sekali isu yang terjadi kalangan blogger atau praktisi SEO , Internet marketer

Vemala.com – Banyak sekali isu yang terjadi kalangan blogger atau praktisi SEO , Internet marketer , dan terkait aktifitas lainnya tentang optimasi website, tentang link keluar /outbound link. Hal yang paling umum terdengar, dengan memberikan outbound link website dapat berdampang buruk bagi penilaian google . 
Namun , yang jadi pertanyaannya ,apakah benar hal tersebut itu ?
Apa yang harus dilakukan, apakah boleh memasang link keluar ?
Ada beberapa jenis link keluar atau outbound link dari suatu website yang biasa para webmaster pasang di websitenya :
  1.  Link hidup dan bisa di klik dan dapat di index oleh google ( do follow )
  2. Link hidup, yang bisa di klik menuju website luar ( no follow ) 
Konsep Dasar Website

Pada dasarnya website bisa di istilahkan sebagai jaring laba-laba, di mana satu sama lain website saling terhubung. Maka dari itu sebuah situs di berikan nama website.

Website yang terhubung , bisa di gambarkan dengan keterhubungan dari website 1 ke website 2 , website 2 memiliki keterhubungan ke website 3 dan seterusnya. Inilah hal yang mendasari dari cara kerja mesin pencari untuk menemukan setiap halaman website dengan memanfaatkan link website.
Dengan melihat dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan, dengan memberikan link ke website luar, berarti tidak dapat membuat website menjadi rugi. Yang ada malah membuat membuat cara kerja mesin pencari menjadi hidup dan tidak mati. 
Jikalau algoritma google menganggap outbound link merugikan bagi pemilik website, maka hal yang mendasari mesin pencari akan mati, karena setiap pemilik website takut websitenya dinilai buruk ketika membuat outbound link dan konsep WEB akan mati .
Link No Follow Dan Do Follow
Seperti yang banyak orang ketahui, ada dua jenis link aktif yang di terapkan dari sebuah website untuk memberikan outboud link , yakni do follow dan no follow.
Link keluar / outbound link
Pada dasarnya link keluar itu bisa di ibaratkan seperti referensi dari halaman website. Misalkan kita membuat content dari satu halaman website tentang internet marketing dan mencantumkan live link do follow terhadap website yang memiliki Authority yang tinggi dari algoritma google di bidang tersebut. 
Contoh : link referensi Ini seperti kita membuat tugas akhir atau tugas lainnya dan yang mewajibkan mencantumkan sumber referensi tugas yang di buat tersebut. Ketika referensinya jelas, maka tugas akhir tersebut dinggap relevan . Nah, begitu juga dengan algoritma google dalam menilai sebuah halaman website.
Seperti yang di ungkapkan oleh John Mueller, Google Webmaster Trends Analyst, setelah update algoritma Panda 4.1 . bahwa dengan membuat link keluar, justru dapat meningkatkan SEO website. Tapi dengan catatan, link keluar tersebut merupakan link sumber referensi sebuah content yang di buat.
Link masuk / inbound link
Inbound link bisa di bilang referensi dari website luar. Entah itu di buat karena memang mengambil referensi dari website kita, sumber gambar /video dan lain sebagainya.

Apakah inbound link itu bagus ?

Bisa iah dan bisa juga tidak, tergantung dari jenis website mana kita mendapatkan link masuk tersebut. Kalau datangnya dari website spam atau website yang melanggar ketentuan google lainnya, maka itu akan berdampak kurang baik. Tapi kalau datang dari website yang “ biasa saja” atau terlebih datang dari website yang memiliki Authority yang bagus di “mata”  google, maka itu lebih baik lagi buat website kita.

Outbound Link Tidak merugikan
Seperti yang telah saya kutip dari aturan google, bahwa memang memang link keluar no folllow ,kurang lebih seperti ini maksudnya:
 How does Google handle nofollowed links?
“ In general, we don’t follow them. This means that Google does not transfer PageRank or anchor text across these links . “
Dan jika saya jelaskan dengan bahasa sederhananya, bahwa google membuat link no follow tersebut, bertujuan untuk menandai suatu website dari sasaran spammer backlink untuk mendapatkan link ke website mereka, tapi dengan begitu google tidak akan menganggap link tersebut.
 Cara tepat untuk memasang sebuah link keluar atau outbound link
  • Do Follow = digunakan untuk sumber referensi yang di percaya terhadap konten yang buat
  • Do follow = link keluar terhadap website yang kita di anggap percaya
  • Do Follow = Link Building Internal website
  • Do Follow =  Link yang di buat oleh pemilik website sendiri, untuk mengatur anchor teks dengan link agar relevan
  • No Follow = Link Sponsor / link pemasang iklan
  • No Follow = Link Forum atau komunitas yang di isi oleh user ( bukan pemilik website )
  • No follow = Link dari komentar
Nah, berikut adalah alasan kenapa penting sekali memasang link keluar website dengan cara yang tepat , dan sekarang anda sudah tau bagaimana harus menerapkan sebuah link No Follow dan No follow dari content yang ingin pasang link keluarnya.



Leave a Reply