Cara Mudah Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Vemala
25 November 2017

Vemala.com – Cara membersihkan karang gigi memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi ingin

Vemala.com – Cara membersihkan karang gigi memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi ingin cepat mendapatkan gigi menjadi putih . Ada banyak hal yang mempengaruhi seseorang yang memiliki karang gigi yang tidak bersih. Seperti memiliki gaya hidup yang kurang sehat , contohnya sering minum kopi, namun tidak rutin dan bersih ketika menyikat gigi. Namun kamu jangan kwatir untuk memutihkan gigi kembali, karena penjelasan di bawah ini akan memudahkan anda untuk mendapatkannya .
Seseorang yang memiliki karang gigi, akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang ketika tersenyum,. Bukan hanya mempengaruhi malunya ketika tersenyum, ada banyak faktor lainnya, seperti dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Anda tinggal bayangkan saja, ketika melihat seseorang tersenyum dengan memiliki banyak karang giginya  , tentunya kurang nyaman bukan ketika melihatnya ? anda akan lebih menyukai seseorang yang memiliki gigi yang bersih tentunya.
Senyum itu hal yang baik dilakukan, terutama untuk menarik perhatian orang yang kita sayangi, kaluarga dan lain sebagainya. Ketika anda memiliki gigi yang kotor karena karang gigi, malah anda tidak ingin senyum bukan ? dan memilih untuk senyum mesem dan merasa malu dan kurang nyaman.
Anda tidak perlu khawatir untuk menghilangkan karang gigi , karena dengan membaca artikel ini sampai selesai, dapat membersihkan gigi secara bertahap dengan melakukannya secara rutin dan mudah.
Penyebab Munculnya Karang Gigi 
Pada dasarnya karang gigi adalah sisa-sisa makanan yang dari makanan yang di konsumsi, ketika sisa-sisa makanan yang dikonsumsi tersebut tidak dibersihkan secara teratur, maka karang gigi akan menumpuk dan jika tidak di bersihkan, maka akan semakin banyak dan semakin sulit juga untuk di bersihkan.
Karang gigi biasanya menempel dengan kuat di sela-sela gigi dan lapisan luar gigi, karena air liur manusia memiliki kandungan mineral yang dapat mengeraskan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi tersebut.
Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Cara Yang Alami
Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa untuk membersihkan karang gigi bisa dilakukan, dengan cara mengikuti panduan artikel di bawah ini. Selain itu cara yang akan anda lakukan tergolong dengan cara yang alami dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita.
1. Mulailah Rajin Mengosok Gigi
Mulailah dengan cara menggosok gigi dengan rutin setelah makan , sebaiknya dilakukan 3 hari sekali ( pagi, siang dan malam ) , agar sisa-sisa makanan tidak menempel di mulut. Seperti yang telah di sampaikan di atas, sisa makanan yang menempel dan mengeras tersebut di sebabkan karena tidak memberihkan gigi dengan rutin dan benar. Maka untuk mengatasinya bisa dengan cara menggosok gigi secara rutin, dan perlahan sedikit demi sedikit karang gigi akan terkikis.
 
2. Gunakan Pasta Gigi ( odol ) Yang Mengandung Tartar Control Dan Fluroid
Kandungan pasta gigi sebaiknya mengandung Tartar dan Fluroid, karena dapat membersihkan karang gigi yang menempel. Pada umumnya ada banyak jenis pasta gigi dengan berbagai macam merek dan kelebihannya masing-masing, dan khusus bagi anda yang memiliki karang gigi, maka kandungan hal tersebut sebaiknya menjadi pilihan untuk memulai gosok gigi untuk menghilangkan karang gigi.
3. Konsumsi Buah Apel
Buah apel memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mebersihkan gigi dari tumbukan karang yang menempel secara perlahan. Anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi dan mengunyahnya atau bisa dengan cara menggosok-gosokan gigi menggunakan buah apel.
Buah apel biasanya banyak orang ketahui, memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan tumpukan lemak tubuh. Dan nyatanya bisa juga digunakan untuk menghilangkan tumpukan karang gigi.
 
4. Gosok Gigi Menggunkan Kulit Jeruk
Menggosok gigi menggunakan kulit jeruk juga, banyak orang yakini dapat membantu dalam memutihkan gigi dan menghilangkan plak gigi. Dengan cara menggosok-gosokannya setiap rutin dan anda juga boleh menambahkan isi jeruknya juga, karena memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, yang dapat membersihkan gigi dan mengurangi karang.
 
5. Batasi Konsumsi Makanan Bertepung Dan Mengandung Gula
Makanan yang mengandung gula dan bertepung memiliki peranan yang dapat penumpukan karang di gigi. Maka sebaiknya ketika selesai mengkonsumsi makanan tersebut, sebaiknya langsung di bersihkan atau bisa juga dengan membatasinya.
6. Lakukan Pemeriksaan Setiap 6 Bulan Sekali Ke Dokter
Kebanyakan orang memeriksa giginya ke dokter ketika ada masalah yang di anggap besar, seperti sakit gigi . karena tidaknya melakukan pemeriksaan, maka karang gigi tidak akan terkontrol dan tiba-tiba anda memeriksanya, baru menyadarinya karang gigi sudah menumpuk . padahal dari sanalah awal mula penyakit gigi yang akan timbul, seperti gigi bolong dan infeksi gusi.
7. Konsumsi Buah Melon
Hampir kebanyakan dari buah melon yang banyak orang tau, memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan, selain itu buah melon ini yang memiliki manfaat yang dapat membersihkan gigi. Karena memiliki kandungan serat alami , sehingga dapat memproduksi air liur dengan baik, dan kebersihan air liur akan tetap terjaga.
 
8. Membersihkan Gigi Dengan Flossing
Terkandang untuk membersihkan gigi tidak cukup hanya dengan gosok gigi saja. Melakukan Flossing adalah salah satu cara untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dengan menggunakan benang. Namun melakukan Flossing sangat jarang ada yang melakukannya, karena masih banyak yang beranggapan tidak pelu untuk dilakukan.
9. Mouthwash ( Cuci Mulut )
Ya, bukan hanya melakukan Flossing saja untuk membantu dalam membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi, tapi bisa dengan menggunakan cairan khusus untuk membersihkan gigi hingga tahap tersembunyi yang tidak terjangkau dengan melakukan gosok gigi. Selain itu kandungan yang terdapat dari Moutwash tersebut, dapat membantu menyingkirkan kuman dalam mulut,selain membersihkan gigi.
S/H


Leave a Reply