Cara Fitnes Untuk Pemula Yang Berbadan Kurus Dan Gemuk


Vemala
27 January 2018

Ingin membentuk otot tubuh menjadi berotot ? jangan terburu-buru main langsung latihan fitnes saja, karena

Ingin membentuk otot tubuh menjadi berotot ? jangan terburu-buru main langsung latihan fitnes saja, karena jika caranya tidak tepat yang ada malah dapai menciderai tubuh anda, atau bahkan dapat membuat latihan sia-sia, dengan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan.
Ada beberapa penjelaan di bwah in yang penting untuk dilakukan, yakni dengan melatih otot tubuh dengan angkat beban dan menutrisi otot dengan asupan makanan yang tepat.
Kenapa saya katakan di awal penjelasan ini, karena 2 hal tersebut merupakan hal tidak bisa di pisahkan dan perlu untuk di penuhi setiap latihan dan makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya.
Jenis-jenis Repetisi
Banyak orang beranggapan dengan melakukan angkat beban bisa membentuk otot tubuh, namun pernyataan tersebut tidaklah tepat kalo jenis repetisi yang dilakukan sesuai dengan manfaatnya, karena berat beban yang di angkat per Set dari repetisi yang dilakukan memiliki pengaruh yang berbeda, misalkan untuk meningkatkan massa otot, untuk melatih kekuatan otot dan melatih daya tahan tubuh.
Contoh :
 
1. Untuk Melatih Kekuatan
Untuk melatih kekuatan otot perlu di perhatikan seberapa mampu tubuh anda melakukan repetisi. Jika anda mampu melakukan 1 sampai 6 kali, berarti program anda untuk membantu dalam meningkatkan kekuatan otot dengan cara maksimal.
2. Untuk Melatih Daya Tahan Tubuh
Jika tubuh anda mampu melakukan angkat beban dengan maksimal gerakan repetisi sampai 15 kali, berarti program anda untuk meningkatkan daya tahan otot tubuh. Latihan ini sering dilakukan oleh atlet maraton dan atlet lainnnya yang membutuhkan daya tahan tubuh yang lama untuk bisa melakukan maraton dengan baik.
3. Membangun Massa Otot
Untuk anda yang memiliki program dalam pembentukan otot bisa melakukan latihan Per SET nya 6 sampai 8 kali repetisi.
Memulai Latihan Fitnes 
Biasanya bagi seorang pemula yang memiliki keinginan yang besar untuk membentuk otot, akan cenderung langsung melakukan angkat beban dan menganggap membentuk otot itu mudah dilakukan, dan nyatanya banyak orang yang gagal membentuk otot karena informasi yang diketahuinya tidak tepat.
1. Melakukan latiha Secara Perlahan
Hal Ini sering terjadi bagi para fitnes pemula, karena saking semangatnya latihan, maka bukan otot terlatih dengan baik, yang ada malah badan jadi pegal-pegal dibuatnya dan akhir tidak melakukan fitnes hingga beberpa minggu.
Untuk melakukannya dengan cara menggunakan beban yang mudah terlebih dahulu, agar otot tubuh tidak stress karena memiliki beban yang tidak biasa dari biasanya. Lakukan latihan 1 sampai 2 kali perminggu dan ketika sudah terbiasa lanjut 1 sampai 3 kali perminggu dan di tingkatkan kembali seterusnya.
2. Lakukan Pemanasan Atau Peregangan
Nah, hal ini juga sering banyak orang abaikan, karena melakukan ni bagian dari olahraga dan masih banyak orang yang menganggap sepele, padahal dampaknya tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang dapat mendatangkan keram, resiko terjadinya cidera, pusing dan lain sebagainya.
3. Lakukan Istirahat Yang Cukup
Dalam membentuk otot bukan hanya tentang latihan angkat beban saja. Memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas memiliki peranan dalam pentukannya massa istirahat dan di cukupi dengan asupan nutrisi.
4. Pilih Makanan Yang tepat
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bahwa makanan memiliki pernanan dalam pembentukan otot entah itu orang yang memiliki berat badan yang kurus, maupun yang gemuk.
  • Protein

 

Asupan protein adalah hal yang wajib untuk di konsumsi bagi para fitnes mania, karena protein adalah salah satu sumber makanan untuk membentuk otot. Dan sebaiknya cukupi kebutuhan protein isolate untuk pembentukan massa otot saat latihan dan protein casein untuk membentuk massa otot saat beristirahat.
  • Manfaat protein untuk badan gemuk

 

Protein memiliki peranan dalam pembentukan massa otot dan bisa juga digunakan untuk membakar lemak tubuh.
  • Bagi yang memiliki badan kurus, maka protein tersebut akan memberikan tubuh padat dan berisi dan di tambah dengan asupan kalori/karbohhidrat yang cukup untuk menjadinya tubuh padat dan berisi

 



Leave a Reply