√ Makanan Sebelum Dan Sesudah Fitness


Vemala
24 January 2018

Makanan memiliki pernanan penting dalam mencapai tubuh atletis seseorang dan juga membuat latihan menjadi lebih

Makanan memiliki pernanan penting dalam mencapai tubuh atletis seseorang dan juga membuat latihan menjadi lebih bertenaga dan maksimal. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang malah membuat latihan fitnesnya menjadi mudah cape, lelah dan lain sebagainya. Yang akhirnya, bukan bentuk ideal yang di dapatkan, tapi yang ada malas latihan dan teru-terusan menunda latihan dan meskipun latihannyapun tidak berjalan dengan baik. mungkin anda juga pernah mengalaminya ?
Latihan fitnes yang dilakukan dengan cara yang memiliki intensitas yang cukup dan fokus latihan dapat melatih otot dengan baik pula. Nah, ceritanya beda lagi bagi seseorang yang memiliki latihan yang tidak maksimal karena kehabisan tenaga, maka otot yang sedang di latih tidak bisa berkembang dengan baik pula. Makanya makanan yang di konsumsi memiliki peranan yang baik untuk di pilih sebelum latihan fitnes.
Setelah olahraga juga tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang otot. Karena , seperti yang telah banyak orang ketahui, bahwa dengan melakukan latihan fitnes dapat merusak sel micro otot tubuh ketika tubuh kekurangan nutrisi. Selain itu pada waktu istirahat pasca latihan sebaiknya memilih makanan yang tepat  seperti yang direcomendasikan di bawah ini, untuk mencegah penyusutan otot dan untuk meningkatkan massa otot.
Mengkonsumsi Makanan Sebelum Latihan Fitnes
Meskipun mengkonsumsi makanan direcomendasikan , sebaiknya untuk menghindari makan terlalu banyak, karena dapat membuat keram di perut, mual dan lain sebagainya. Perlu untuk di garis bersi, bahwa asupan makanan sebelum fitnes untuk memberikan energy, bukan untuk membuat kenyang pada tubuh. Dan hal yang penting dalam memberikan asupan nutirisi sebelum latihan dalah untuk mencegah tubuh mengambil energy dari protein otot tubuh yang dapat menyebabkan penyusutan otot.
Makanan yang direkomendasikan sebaiknya mengandung kaya akan protein, karbohidrat. Dan lakukan latihan setelah 2 jam mengkonsumsi makanan .
1. Karbohidrat
 
Kandungan karbohihdrat yang dikonsumsi sebelum latihan fitnes, sebaiknya memilih jenis karbohidrat sederhana, bukan yang kompleks. Karena lebih mudah di cerna oleh tubuh dan dapat memberikan energy ke tubuh dengan cepat. Selain itu karbohidrat yang lambat di serap juga perlu untuk dikosnumsi, sehingga kebutuhan energy secara bertahap dapat terpenuhi juga dan di butuhkan pasca latihan atau massa ketika tubuh kekurangan energy.
  • Pisang
Pisang memiliki kandungan karbohidrat seederhana untuk kamu konsumsi sebelum berolahraga, karena dapat memberikan energy yang besar pada tubuh. Kandungan Zat yang terdapat dari buah pisang akan di uraikan oleh tubuh menjadi glukosa, dan selanjutnya akan di ubah menjadi Glikogen dan memberikan cadangan energy pada tubuh. Konsumsilah buah pisang secukupnya 1 sampai 3 buah.
  • Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan yang memiliki kandugan karbohidrat yang kompleks yang lambat di cerna dalam tubuh. Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa tubuh memerlukan energy secara bertahap dari makanan yang di konsumsi. Karena untuk menjaga sewaktu-waktu kandungan karbohidrat sederhana tidak bisa mencukupi kebutuhan energy, karena cepat habis.
2. Protein
Protein memiliki manfaat untuk memberikan energy juga ke tubuh, namun hal penting dari protein adalah untuk mencegah penyusutan otot dan membantu massa otot.
  • Putih Telur

 

Putih telur kaya akan kandungan protein sebanyak 3 sampai 4 gram perbutirnya. Selain itu kandungan protein lebih cepat di serap tubuh di banding sumber makanan lainnya, dan memiliki kandungan asam amino untuk membangun massa otot saat latihan.

Bagi yang memiliki badan kurus, bisa membaca artikel sebelumnya, tentang bagaimana cara menambah berat badan , sehingga massa otot dan berat badan menjadi lebih mudah terbentuk ideal .

3. Kopi
Kafein yang terdapat dari kopi dapat memompa jantung dari sebelum mengkonsumsi kopi dan dapat membantu dalam merubah lemak tubuh menjadi sumber energy. Dan jika anda suka mengkonsumsi kopi, maka kopi bisa di manfaatkan untuk memberikan energy pada tubuh.
4. Suplemen
Suplemen fitnes dapat membantu anda untuk mendapatkan latihan dan hasil yang memuaskan. Jika anda tertarik untuk mengkonsumsi sebelum latihan, maka suplemen Creatine , Pre-workout dan whey protein bisa anda pilih untuk di konsumsi.
 
Mengkonsumsi Makanan Setelah latihan Fitnes
 
Biasanya seseorang sudah melakukan fitnes, maka hal yang di rasakan pada umumnya, tubuh menjadi lelah, capek, ngantuk dan lain sebagainya, dan ini menjadi hal wajar karena tubuh kekurangan energy dan butuh beristirahat dan makanan untuk di konsumsi.
Makanan yang tepat dalam membantu proses pembentukan otot pasca istirahat dapat membentuk massa otot lebih baik.
 
Apa Saja Itu ?
1. Protein 
Protein lagi-lagi perlu untuk anda perhatikna, karena ini merupakan “bahan baku “ untuk membangun massa otot, karena ada 3 hal penting untuk di perhatikan pasca latihan fintes, kerusakan otot, mempertahankan massa otot dan meningkatkan massa otot.
Ada 2 jenis protein untuk di konsumsi pasca latihan, yakni :
  • Protein casein yang lambat di cerna tubuh dan cocok di kosnumsi untuk membantu pertumbuhan otot dalam waktu lama
  • Protein isolate, yang memiliki karakter yang cepat di serap tubuh, untuk memberikan pertumbuhan massa otot lebih cepat
Kedua protein memiliki amnfaat yang sama secara umum, hanya dengan proses pencernaannya saja yang berbeda. Seperti memiliki pernanan dalam membangun massa otot, mencegah penyusutan, recovery sel otot yang rusak dan lain sebagainya.
Untuk emndapatkan kandungan tersebut, anda bisa dengan mengkosnumsi makanan yang tinggi akan protein, seperti putih telur, dada ayam, daging sapi merah, kacang kedelai, susu protein dan lain sebagainya.


Leave a Reply