Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan Wanita & Pria


Vemala
28 January 2018

Melakukan olahraga yang rutin merupakan hal yang dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Seperti

Melakukan olahraga yang rutin merupakan hal yang dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Seperti pada pada penjelasan kali untuk tentang manfaat di balik melakukan olahraga angkat beban.
Melakkukan angkat beban ini sering dilakukan oleh para fitnes mania, terutama dalam melakukan Bodybuilding. Kebiasaan yang sering terdengar atau kita temui tentang melakukan angkat beban untuk membentuk otot tubuh, menjadi hal olahraga angkat beban yang di takutkan oleh beberapa para kaum wanita, karena mereka beranggapan dengan melakukan angkat beban tubuh akan terlihat berotot dan sisi feminim akan hilang. Dan penjelasan di bawah ini akan bahwa hal tersebut tidaklah tepat.
Kesalahan Persepsi Olahraga Angkat Beban Di Kalangan Wanita
Melakukan angkat beban memiliki manfaat yang sama dengan olahraga lainnya yakni untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga tubuh ideal pria maupun wanita. Wanita memiliki kandungan testosteron lebih rendah di banding pria, oleh sebab itu sekeras apapun latihan dengan beban yang besar maka bentuk otot wanita tidak akan sama seperti pria, terkecuali wanita tersebut mengkonsumsi obat-obatan. Jadi saat ini dengan membaca penjelasan ini tidak khawatir kembali untuk tidak melakukannya, karena manfaat yang akan di dapat akan mendatangkan tubuh ideal yang di inginkan di banding mitos tersebut.
 
1. Membakar Lemak Lebih Banyak
Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan melakukan olahraga. Namun dengan melakukan olahraga angkat beban, ini merupakan hal tepat untuk membakar lebih banyak lemak tubuh hingga 40 % .
Ada sebuah penelitian tentang program Diet beberapa orang dalam membantu menurunkan berat badan. Orang pertama melakukan diet tanpa melakuklan olahraga, orang kedua melakukan diet sambil olahraga aerobik dan orang ke tiga melakukan diet dan di barengi dengan angkat beban. Dan hasil dari ketiga orang tersebut, seseorang yang melakukan angkat beban dapat menurunkan berta badan 3 kilo gram lebih banyak di abnding kedua orang tersebut.
2. Membentuk Tubuh Lebih Ideal
Ada beberapa penelian bahwa seseorang akan kehilangan otot tubuhnya hingga 10% ketika mencapai usia 30 sampai 50 tahun   dan pada usia 60 tahun akan menurun kembali sekitar 20 % dan otot tersebut akan di agntikan dengan tumpukan lemak, sehingga akan lebih mudah gemuk.
Dengan melakukan olahraga angkat beban dapat membantu dalam pembakaran lemak tubuh dan juga dapat melatih otot kembali dan lekukan tubuh akan terlihat lebih indah.
3. Membantu Meperkuat Tulang
Semakin tua umur seseorang, maka akan menurunnya kekuatan tulangnya, karena mengala,mi osteoporis yang dapat membuat cidera pada tubuh. Dengan melakukan olahraga angkat beban dapat membantu dalam memperkuat otot tubuh dan tulang akan menjadi lebih padat.
4. Menjaga kadar Gula Tubuh Normal
Bukan hanay dapat membantu dalam pembakaran lemak tubuh, dengan melakukan olahraga angkat bean dapat membantu menjaga kesetabilan kadar gula tubuh. Karena tubuh akan lebih sensitif terhadap kadar isulin.
5. Meningkatkan Stamina
Bukan hanya otot saja yang akan terlatih dalam melakukan olahraga angkat beban. Jantung tubuh akan terlatih lebih kuat, karena melakukan olahraga dengan rutin. Dan membuat stamina tubuh akan meningkat dan tidak akn mudah lelah.
6. Membangun Massa Otot
Memabngun massa otot menjadi latihan angkat beban ini menjadi pilihan banyak pria, selain itu kekuatan ototpun akan meningkat dan juga dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh .
7. Membakar kalori 
Bukan hanya lemak tubuh saja, kalori juga akan di bakar oleh tubuh ketika melakukan olahraga. Sehingga tidak terjadi penumpukan di tubuh. Dan juga dapat memperbaiki serat-serat otot yang rusak dan memberikan energy saat berolahraga.


Leave a Reply