6 Manfaat Pemanasan Dan Pendinginan Pada Olahraga


Vemala
25 January 2018

Olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Ketika seseorang memutuskan untuk berolahraga, tentunya kesehatan

Olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Ketika seseorang memutuskan untuk berolahraga, tentunya kesehatan menjadi hal utama yang di perhatikan. Namun ketika kita melewatkan yang di perlukan untuk berolahraga, maka kesehatan yang di capai tidak akan tercapai dengan baik. Eperti tidak melakukan pemanasan dan pendingin ketika berolahraga.
Sebagian dari kita sering mengabaikan untuk tidak melakukan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga. Jangan di anggap sepele tentang hal tersebut, karena  kesehatan tubuh sulit di capai dan akhirnya malah terbaring sakit.
Olahraga bukan hanya berfokus pada melakukan inti dari tujuan latihan yang sedang dilakukan. Misalkan anda memiliki fokus utama dalam olahraga untuk angkat beban dan mau tidak mau melakukan pemanasan dan pendinginan merupakan menjadi bagiannya yang wajib untuk di lakukan, apapun jenis olahraga yang ingin kamu lakukan, seperti olahraga berenang, lari, bersepeda dan lain sebagainya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan pada penjelasan di bawah ini.
Bahaya tidak melakukan Pemanasan :
  • Meningkatkan Resiko Cidera
  • Dapat meningkatkan resiko Keram
  • Cepat kehabisan Nafas Atau Cepat lelah
  • Dapat meninbulkan pusing di kepala
  • Dapat meningkatkan resiko sakit otot

 

Manfaat Melakukan Pemanasan danPendinginan Sebelum Berolahraga
Selain membantu untuk memperlancar olahraga, dalam melakukan pendinginanan memiliki keuntungan lainnya, agar latihan yang dilakukan bisa berjalan maksimal dan tubuh menjadi sehat bugar sesuai harapan anda.
1. Mencegah Dari Resiko Cidera
Untuk melakukan olahraga, bukan hanya siap secara mental saja tapi tubuh juga peerlu untuk di persiapakan untuk melakukan aktifitas berat tersebut agar tidak mengalami Sock atau strerss karena melakukan gerakan secara tiba-tiba berubah ( dari bergerak lambat menjadi cepat/berat ) , yang dapat membuat tbuh akan menjadi cidera.
Untuk melakukan pendinginan fungsinya sama untuk membantu menurunkan kembali ke posisi normal secara bertahap untuk mencegah sock pada tubuh.

 

2. Menjaga Kesehatan jantung
Ya, kesehatan jantung menjadi perhatian yang mesti di perhatikan di saat melakukan olahraga. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu dapat membentu dalam mempersiapkan jantung dalam kondisi normal ke kondisi olahraga .
Di saat melakukan olahraga, maka kinerja jantung akan lebih besar di banding tidak melakukan aktifitas olahraga. Sehingga jantung terhindar dari kinerja yang secara tiba-tiba menjadi berat yang dapat membuat menjadi kaget.
3. Dapat meningkatkan Performa Latihan
Performa yang bagus saat melakukan olahraga tentunya harus dimiliki untuk mendapatkan hasil yang bagus pula. Dengan meleakukan pemanasan, maka performa olahraga akan meningkat, karena tubuh sudah benar-benar siap untuk melakukan olahraga.
 
4. Meningkatkan Elastisitas tubuh dan Fleksibel
Seseorang yang sering melakukan olahraga cenderung memiliki tubuh yang lebih fleksibel. Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan ini adalah cara untuk meningkatkan elastisitas tubuh anda dan juga terhindar dari keram dan pegal otot.
5. Mengurangi Asam laktat
Dalam melakukan olahraga, maka tubuh akan mengeluarkan asam laktat. Asam laktat itu sendiri dapat mengurangi kekuatan otot tubuh saat berolahraga, dan tak heran tubuh akan mudah lemas saat melakukannya. Dengan melakukan pemanasan dapat mengurangi tubuh dalam mengeluarkan asam laktat dan untuk pendinginan itu sendiri dapat mengembalikan asam laktat.
 
6. Membuat Tubuh Lebih Rileks
Melakukan pendinginan dapat membentu dalam merileks kan tubuh, karena setelah melakukan olaraga butuh istirahat untuk mengembalikan energy yang hilang. Dan sebaiknya lakukan olahraga dengan cara berjalan kaki santai sekitar 10 sampai 20 menit, hingga detak jantung normal kembali.


Leave a Reply