Inilah 4 Manfaat Tidur Siang Di Kantor


Vemala
13 February 2018

Tidur siang merupakan hal yang baik untuk di lakukan, entah itu untuk anak kecil dan

Tidur siang merupakan hal yang baik untuk di lakukan, entah itu untuk anak kecil dan orang dewasa. Nah, terutama bagi seseorang pekerja kantoran atau memiliki pekerjaan lainnya. Karena pasalnya ada beberapa penelitian tentang manfaat dari melakukan tidur siang yang di recomendasikan buat seseorang terutama bagi yang memiliki aktifitas bekerja, yang dapat membantu meningkatkan kualitas pekerjaannya.
Jangan berfikir bahwa melakukan tidur pada saat istirahat kerja merupakan hal yang buruk, karena hanya hal yang di anggap malas. Namun, pemikiran tersebut merupakan hal yang kuno dan sebaiknya buang jauh-jauh, karena banyak perusahaan besar yang bahkan memberikan jadwal khusus kepada karyawannya untuk melakukan tidur siang, seperti perusahaan google, Uber, Ben & Jerrry’s, Jappos dan perusahaan besar lainnya.
Berbagai Macam manfaat Tidur Siang
Ya, bukan tanpa sebab para ahli dengan penelitiannya dan para perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk tidur siang hari, karena dapat membantu meningkatkan kualitas kerjaan dan kesehatan karyawan itu sendiri.
1. Dapat Meningkatkan Mood
Seorang pekerja , ketika memiliki jadwal tidur malam, tentunya kualitas pekerjaan di siang harinya akan berkurang, cenderung lemas dan kurang fokus . tidur siang di waktu istirahat merupakan pilihan yang bijak untuk dilakukan, di banding dengan mengkonsumsi kopi . karena kafein yang terdapat dari kopi dapat berdampak kurang bagus untuk kualitas tidur anda di malam hari.
2. Dapat Meningkatkan Kebugaran
Dalam perkembangan dari manfaat dalam melakukan tidur yang cukup di siang hari dapat membantu dalam meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh, seperti penelitian yang dilakukan di Stanford University, terhadap atlet yang memiliki kualitas tidur siang memiliki daya tahan dan kebugaran yang baik dengan kualitas lari lebih kencang, detak jantung lebih rendah di banding seseorang yang memiliki tidur siang yang kurang. Selain itu, hasil dari penelitian tersebut ditemukan, bahwa masih banyak atlet yang memiliki kualitas tidur siang yang kurang, padahal bisa mengurangi kualitas hati yang kurang nyaman, kacau fikiran.
3. Meningkatkan Performa Otak
Ketika melakukan kegiatan bekerja tentunya akan membuat otak merasa lelah, namun ketika melakukan tidur siang sebanyak 20 menit dapat membantu dalam meningkatkan performa kinerja motorik otak dan fokus dan membuat tubuh merasa lebih merasa benergy. Dan ketika melakukan tidur siang sebanyak 60 sampai 90 membantu dalam meningkatkan kreatitifitas dan otak siap untuk mebentuk koneksi baru. Namun jika tidur terlalu berlebihan dapat membuat merasa pusing kepala pada saat bangun.
4. Mengurangi Stress
Seseorang yang memiliki aktifitas bekerja cenderung akan merasa stress, entah itu pusing dengan pekerjaan, melakukan aktifitas yang sama setiap harinya dan penyebab lainnya. Dengan melakukan tidur siang selama 30 menit dalam 2 hari , dapat membantu dalam mengatasi stress,s eperti yang penelitian yang telah di sampaikanoleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism .
Dalam melakukan tidur selama 30 menit di siang hari, dapat menutupi kebutuhan tidur anda yang hanya 2 jam pada malam harinya. Selaiin itu hormon stress yang ada pada tubuh akan dapat terkendalikan, ketika tercukupi tidur siangnya.
Selain mengurangi stress, tercukupinya tidur siang dapat membantu dalam mengurangi rasa tegang yang di alami saat bekerja, sehingga badan menjadi terasa rileks kembali dan siap untuk melakukan pekerjaan selanjutnya.
Dengan melihat manfaat yang di dapat dari melakukan tidur siang, maka banyak perusahaan modern yang memperbolehkan dan membuat jadwal khusus untuk karyawannya melakukan tidur siang. Karena, bukan hanya kesehatan karyawan terjaga, perusahaanpun ikut di untungkan, karena pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya bisa berjalan dengan baik.


Leave a Reply