6 Penyebab Badan Sakit Setelah Berolahraga Dan Cara Mengatasinya


Vemala
21 February 2018

Olahraga merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika kita rajin melakukannya , maka

Olahraga merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika kita rajin melakukannya , maka biasanya seseorang berharap , kesehatan menjadi imbalan untuk terjaga kesehatannya. Namun tak sedikit orang yang melakukan olahraga, setelahnya tubuh menjadi pegal dan sakit-sakit di sekitarnya. Mungkin, bagi seseorang pemula akan berfikir, “ katanya melakukan olahraga dapat membuat sehat, ini ko malah sakit “ , ya, pernyataan tersebut sebaiknya jangan terburu-buru di simpulkan seperti itu terlebih dahulu, karena hal tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin anda pernah lakukan, karena tidak di sengaja, atau juga karena salah penerapan dalam melakukan olahraga dan lain sebagainya.
 
Penyebab Otot Sakit Setelah Berolahraga
Ada banyak faktor yang membuat otot menjadi pegal setelah berolahraga. Namun pada penjelasan di bawah ini, merupakan hal yang paling umum terjadi pada seseorang yang merasakan nyeri otot pasca berolahraga.
 
1. Tidak Melakukan Pemasan Dan Pendinginan
 
Melakukan pemanasan dan pendinginan pada olahraga , merupakan bagian dari program olahraga itu sendiri, maka jangan anggap sepele hal tersebut, karena dalam melakukan pendinginan dapat membantu dalam menghindari terjadinya cidera tubuh. Atau Anda bisa dengan membaca artikel sebelumnya, tentang manfaat pemanasan dan pendinginan dari artikel sebelumnya, jika belum mengetahuinya .
Ketika tubuh dalam kondisi normal dan tiba-tiba memiliki intensitas yang cukup tinggi yang mendadak dengan melakukan olahraga tanpa pemanasan, maka otot di sekitar tersebut membuat stress dan kaget,Karena belum siap untuk melakukan olahraga dengan peningkatan intensitas latihan yang di lakukan. Dengan adanya pemanasan sebelum latihan, maka tubuh memberikan sinyal untuk siap melakukan olahraga secara bertahap.
 
2. Terlalu Memaksakan Olahraga
Seseorang melakukan olahraga, biasanya memiliki target yang ingin dia capai, misalkan untuk membantu dalam membentuk otot tubuh, meningkatkan kekuatan, hingga untuk meningkatkan daya tahan. Dan tak heran, dengan program yang beberapa orang dengan program yang ia capai, justru membuat latihan yang melebihi batas kemampuan tubuhnya, sehingga badan menjadi sakit.
3. Asupan Nutrisi Kurang Tercukupi
Nutrisi dari makanan yang di kosnumsi dapat membantu tubuh dalam pertumbuhannya, misalkan protein yang memiliki manfaat yang dapat membantu dalam mercovery otot yang rusak yang di sebabkan oleh olahraga yang di lakukan, hingga membantu dalam mencegah penyusutan otot tubuh.
Ketika asupan nutrisi tidak tercukupi ketika melakukan olahraga, seperti kurangnya energy dari asupan makanan. Maka tubuh akan mengambil otot tubuhnya dan merubahnya menjadi sumber energy, dan tentunya massa otot tubuh akan berkurang setelahnya, yang ditandai rasa sakit setelahnya.
4. Olahraga Dapat Merusak Otot
Banyak orang yang tidak tau , dengan melakukan olahraga sebenarnya dapat merusak sel-sel otot itu sendiri yang membuat tubuh DOMS (Delayed Onset Muscle Sense). Dan biasanya tubuh akan terasa sakit pasca olahraga sekitar 6 sampai 8 jam, dan rasa nyeri tersebut bisa bertahan, selama 24 sampai 28 jam. Namun , dan tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk atlet yang terbiasa olahraga sekalipun.
Rusaknya sel-sel otot tubuh tersebut, bukanlah hal buruk, karena di saat itu, maka tubuh akan beradaptasi dan mperbaiki kembali sel-sel yang rusak tersebut dan membuatnya menjadi lebih kuat dan lebih besar lagi. Namun, hal tersebut sebaiknya di barengi dengan mengkosnumsi makanan tertentu, seperti makanan pembentuk otot dan melakukan istirahat yang cukup dan lainnya.
 
5. Baru Memulai Lagi Olahraga 
Bagi anda yang sudah melakukan olahraga dan memulai olahraga kembali, maka biasanya akan merasakan sakit pasca berolahraga. Karena otot tubuh belum terbiasa untuk melakukan olahraga yang memiliki dari aktifitas yang lebih dari biasanya, apalagi bagi anda seorang pemula yang ingin melakukan olahraga.
 
6. Meningkatkan Intensitas Yang Lebih Tinggi
Terkadang, kita merasa bosan untuk melakukan olahraga dengan beban yang itu-itu saja, terlebih bagi seseorang yang memiliki program dalam pembentukan otot yang harus meningkatkan beban untuk meningkatkan massa otot. Namun sekali lagi jangan khawatir, karena ketika beban di tingkatkan , maka massa otot akan menyesuaikan untuk tumbuh.
 
Cara Mencegah Badan Sakit Setelah Berolahraga
Dari pada anda mengobati sakit badan setelah olahraga, maka sebaiknya melakukan pencegahan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
  • Melakukan pemanasan dan pendinginan
  • Cukupi nutirisi untuk recovery otot, dan pertumbuhan massa otot
  • Istirahat yang cukuup, untuk memabantu recovery tubuh dan membantu pertumbuhan otot
  • Lakukan olahraga semampu otot tubuh
  • Lakukan latihan dengan cara bertahap, bagi pemula dan baru memulai lagi olahraga
Untuk Selengkapnya, bisa baca panduan lainnya tentang cara mencegah cedera saat berolahraga .


Leave a Reply