7 Cara Mencegah Cedera Saat Berolahraga


Vemala
10 February 2018

Olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga banyak fungsi dari organ tubuh bisa bekerja

Olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga banyak fungsi dari organ tubuh bisa bekerja dengan baik. Melakukan olahraga bukan hanya tentang bagaimana cara melakukannya saja, tapi ada aturan yang harus di lakukan, seperti menjaga pola makan yang tepat, melakukan pemanasan atau pendinginan, karena jika salah satu hal tersebut tidak dilakukan dengan baik, maka bukan hal tidak mungkin cidera saat melakukannya bisa saja terjadi. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan bangaimana cara mencegah terjadinya cidera untuk bisa kamu hindari saat berolahraga.
Hal yang paling umum dilakukan oleh banyak orang tentang terjadinya cidera, di sebabkan tentang cara melakukan olahraga dengan fostur yang tidak tepat, terlalu memporsir olahraga yang di lakukan, dengan tidak memperhatikan jeda berolahraga yang sedang di lakukan yang menyebabkan tubuh terlalu di forsir, hingga mencapai batas kemampuan individual.
  • Tidak melakukan pemanasan
  • Tidak melakukan pendinginan
  • Tidak memberikan jeda saat berolahraga
  • Memaksakan diri ketika berolahraga
Cara Melakukan Olahraga Agar Tidak Cidera
 
1. Pilihlah Jenis Olahraga Yang Tepat
Jenis olahraga memiliki tujuan yang baik pada umumnya , yakni untuk membuat tubuh sehat . Namun ada hal lain yang perlu kamu untuk perhatikan, misalkan faktor umur. Dari faktor umum saja bisa kita perkirakan tingkat kemapuan fisik seseorang seperti apa, dan pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan faktor usia, yang di sesuaikan dengan kemampuannya.
Carilah titik lemah dalam diri bagian fisik anda, misalkan anda pernah mengalami cidera di bagian tertentu sehingga tidak bisa melakukan aktifitas yang mengangkat benda terlalu berat, maka jenis olahraga angkat beban tidaklah cocok untuk anda lakukan, dan pilihlah jenis olahraga lainnya, seperti bersepeda, dancing, berenang, jogging dan lain sebagainya.
Jika bagi anda yang memulai melakukan olahraga, apapun jenis olahraga yang akan dilakukan, seperti pada contoh yang saya sebutkan tadi, maka lakukanlah terlebih dahulu secara perlahan agar tubuh tidak mengalami cidera, dan jika sudah terbiasa, baru beri beban yang lebih berat lagi.
 
2. Jangan Lupakan pemanasan dan Pendinginan
Ini merupakan tahapan yang penting dan wajib untuk di lakukan, karena manfaat yang di dapat memberikan efek yang bagus ketika melakukan olahraga. Namun hal penting lainnya dengan melakukan pemanasan dan pendinginan dapat membantu sirkulasi darah menjadi lancar dan otot-otot tubuh menjadi rileks. Untuk mengetahui manfaat pendinginan pada olahraga  , anda bisa membacanya di link halaman ini .
3. Selalu Cukupi Kebutuhan Air Saat Berolahraga
Air sangat di perlukan ketika berolahraga, karena cairan tubuh akan mudah berkurang dari keluarnya keringat yang dapat membuat dehidrasi dan terpenting untuk mencegah terjadinya cidera.
Dimanapun posisi anda melakukan olahraga, entah itu di ruangan AC, ruangan terbuka, maka ketika tubuh merasa haus di sela-sela olahraga maka minumlah sedikit demi sedikit.
 
4. Gunakan Perlengkapan yang Tepat
Bagi yang pemula melakukan olahraga jangan pernah sepelekan perihal perlengkapan alat orahraga, karena setiap jenis olahraga memiliki perlengkapan masing-masing yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan. Contohnya sepatu sepak bola dan sepatu futsal, meskipun sama-sama jenis olahraga, maka penempatannyapun harus di sesuaikan dan jenis olahraga lainnya.
5. Jangan Berolahraga Secara Berlebihan Dan Beristirahat yang cukup
Olahraga memang sangat di sarankan, namun untuk menjaga kesehatan, bukan hanya tentang melakukan olahraga, namun dengan beristirahat pun begian dari program tersebut.
Misalkan anda melakukan olahraga 4 kali dalam seminggu dengan cukup, maka anda bisa melakukan istirahat selama tiga hari untuk memulihkan kembali fisik pasca melakukan latihan dan jumlah istirahat di sesuikan dengan kegiatan anda tentunya.


Leave a Reply