Berbagai Macam Manfaat Olahraga Parkour Untuk Kesehatan


Vemala
25 February 2018

Siapa sih yang tidak mengenal jenis olahraga yang terbilang ekstreme ini ? ya, jenis olahraga

Siapa sih yang tidak mengenal jenis olahraga yang terbilang ekstreme ini ? ya, jenis olahraga ini di kategorikan yang ekstreme, bangaimana tidak, di saat melakukannya memerlukan keterampilan, kecepatan dan ketepatan, sekaligus. karena kalau tidak melakukannya dengan tepat dan cepat, maka akan berkemungkinan besar terjadinya cidera. Pada awalnya jenis olahraga ini di perkenalkan oleh David Belle di Prancis, dia memperlihatkan kualitas latihan pada masyarakat umum dan akhirnya banyak orang yang mengikutinya di seluruh dunia.
Untuk melakukan latihan Parkour bisa di mana saja, yang penting memiliki tempat yang luas dan medan untuk berlari, meloncat dan sebagainya. Di balik Asyiknya melakukan latihan ini, hal yang terpenting lainnya adalah memiliki manfaat yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.
 

 

Berbagai Macam manfaat Olahraga Parkour

 

Ada baiknya, sebelum melakukan latihan parkour ini memperhatikan manfaat yang di dapat, seperti pada penjelasan di bawah ini, karena dapat memberikan motivasi dan pengetahuan untuk anda raih nantinya.
1. Meningkatkan Kekuatan Tulang
Seperti pada manfaat berolahraga secara umum lainnya. Latihan Parkour ini memiliki nilai tersendiri unuk menjaga kekuatan tulang, sehingga tidak mudah terkena Osteoporosis nantinya. Gerakan yang Fleksibel dan melibatkan semua organ tubuh untuk bergerak, olahraga parkour ini fapat membantu memperkuat tulang bagian bawah, tengah, hingga bagian atas.
2. Melatih Kesehatan jantung
Gerakan yang konstan, melompat dan bergerak aktif yang dilakukan olahraga parkour ini, dapat membantu meningkatkan stamina seseorang. Dan tentunya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke tubuh anda menjadi lebih maksimal.
3. Melatih Inti Tubuh Menjadi Lebih Baik
Inti tubuh merupakan hal yang penting untuk di jaga kesehatannya, karena sangat membantu dalam mengirim energy ke seluruh tubuh, memutar dan membungkung. Dalam latihan parkour ini memiliki peran yang dapat melatih inti tubuh, meningkatkan inti dari tubuh ini menjadi lebih baik dan baik untuk menjaga dari cedera penggung bawah
 
4. Membenttuk Dan Melatih Otot Tubuh
Dari setiap gerakan yang dilakukan melibatkan banyak otot tubuh dari mulai otot tangan hingga otot bagian bawah. Latihan melompat, menggenggam, berlari dapat membentuk otot secara bertahap dan lama kemalamaan akan terbentuk otot tubuh.
 
5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Banyak jenis Varisi latihan yang dilakukan dari latihan Parkour ini. Contohnya bagi seseorang yang ingin mencoab hal baru, seperti melompati pagar dan awalnya tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, ketika itu berhasil dilakukan maka akan membuatnya merasa puas dan menjadi lebih percaya diri dan ingin melakukan hal lainnya yang belum pernah ini coba lakukan sebelumnya.
 
6. Meningkatan Kreatifitas
Pada gerakan yang biasa dilakukan pada banyak gerakan latihan Parkour , mengharuskan untuk bergerak cepat dan tentunya ini harus di seimbangkan dengan kecepatan fikiran. Orang yang sudah terbiasa melakukan bergerak dan berfikir cepat sekaligus, tentunya ini merupakan hal baik untuk kesehatan.
Bagi seseorang yang tidak pernah melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan, tentunya akan sulit untuk dilakukan. Makanya ini adalah metode yang baik untuk anda lakukan untuk bisa meningkatkan kreatifitas.
 
7. Mengurangi Kecenderungan Anti Sosial
Seperti penelitian yang di ungkapkan di Westminster , melakukan latihan parkour dapat membantu kecenderungan seseorang anti sosial. Karena dengan melakukan latihan parkour dapat berdampak baik dengan memanfaatkan waktu untuk melakukan aktifitas yang positif dengan berolahraga hingga tingkat kejahatan berkurang hingga 69%.
8. Meningkatkan Adrenalin
Untuk melakukan olahraga ini di perlukan keberanian, mental yang kuat, karena memiliki resiko yang besar, contohnya ketika melakukan di atas gedung. Dengan hal-hal tersebut, tentunya adrenalin akan meningkat. Dan ini cocok dilakukan bagi anda yang suka melakukan hal yang dapat memicu adrenalin.
Nah, berikut adalah beberapa penjelasan tentang manfaat berlatih olahraga parkour yang akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.


Leave a Reply