Lebih Bagus Olahraga Pagi Atau Malam ? Ini Penjelasannya


Vemala
10 February 2018

Olahraga merupakan hal yang meski untuk dilakukan setiap orang, namun aktifitas yang di perlukan setiap

Olahraga merupakan hal yang meski untuk dilakukan setiap orang, namun aktifitas yang di perlukan setiap harinya menjadi memiliki waktu yang sedikit untuk melakukan olahraga, seperti pekerja, kuliah dan aktifitas lainnya.
Contohnya seorang dewasa yang memiliki jadwal kerja di kantor tentunya dapat mengurangi waktu untuk melakukan hal lainnya termasuk olahraga, padahal bagi seorang dewasa di perlukan olahraga dalam 5 harinya sekitar 150 menit untuk bergerak aktif.
Dari kesibukan yang yang di miliki seseorang, terkadang membuat kebingungan tersendiri, karena harus membuat jadwal untuk tetap bisa melakukan olahraga. Apa olahraga di lakukan pada pagi hari sebelum bekerja atau di sore hari setelah berktifitas.
Manfaat Olahraga Di Pagi Hari
 
Mungkin anda pernah mendengar tentang melakukan manfaat olahraga di pagi hari . ya, hal tersebut memanglah memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti yang telah di ungkapkan oleh Professor Lara Carlson , Ph.D dari Universitas Of New England, yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan membantu dalam menurunkan berat badan.
Selain itu, dengan berolahraga di pagi hari dapat membantu dalam merevitalisasi metabolisme tubuh, yang dapat membantu membakar kalori lebih banyak dan gula darah lebih stabil, dan juga membuat waktu istirahat di malam hari lebih nyenyak.
Dan ada penelitian lain menyebutkan, dengan melakukan olahraga di pagi hari dapat membantu kegiatan olahraga lebih konsisten. Namun di sarankan untuk melakukan pemanasan lebih lama terlebih dahulu, karena di saat pagi hari suhu tubuh lebihb rendah.
Manfaat Berolahraga Di Sore Atau Malam Hari
Sebagian orang lebih memilih untuk berolahraga di malam atau sore hari, karena memiliki ketertarikan minat tertentu. Manfaat yang di dapat dalam melakukan di jadwal tersebut memiliki keunggulan lainnya, seperti meningkatakn fungsi otot, enzime dan membantu dalam merileks kan tubuh pasca beraktifitas.
Seperti yang telah di ungkap oleh beberapa para ahli, seperti Michael Triangto,SpKO menuturkan, bahwa dalam melakukan olahraga di sore atau malam hari lebih efektif dalam mebantu pembentukan otot  dan juga menghindari insomnia. Namun hal tersebut sebaiknya di lakukan dengan intensitas yang cukup, sesuai dengan kemampuan masing-masing.
 
Jadi Mana Yang Lebih Sehat ?
Dengan melihat penjelasan di atas mungkin sebagaian dari kita masih bertanya, jadi kapan waktu yang tepat untuk berolahraga ?
Waktu, kapan terbaik untuk melakukan olahraga bukanlah hal yang utama menjadi pertanyaan sebenarnya, karena bagaimanapun waktu untuk melakukan olahraga memiliki manfaat yang sama, yakni untuk menjaga kesehatan tubuh.
Namun, meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan, ketika melakukan olahraga, siang ataupun sore hari , seprti pada penjelasan dibawah ini.
  • Tempat
  • Waktu berolahraga
  • Jenis olahraga

 

Bagi anda yang memiliki kebiasaan sulit untuk bangun di agi hari tentunya menjadi persoalan tersendiri untuk bisa melakukan olahraga. Rencana olahraga yang dilakukan akan berkemungkinan akan hanya sekedar wacana saja. Jadi olahraga yang cocok bagi anda yang memiliki kebiasaan tersebut, maka lakukanlah olahraga di sore hari.
Begitu juga bagi anda yang lebih memilih suka berolahraga di pagi hari, karena malas melakukan di malam hari. Namun sebaiknya untuk menghindari olahraga terlalu malam atau melakukan olahraga terlalu dekat dengan jadwal tidur anda. Dan untuk melakukannya usahakan 1 sampai 2 jam sebelum waktu tidur anda.
Pada dasarnya hal terpenting melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan. Waktu yang tepat mungkin anda bisa sesuaikan dengan minat yang dimiliki. Karena setiap orang memiliki waktu masing-masing untuk melakukan olahraga, dari pada tidak melakukan sama sekali.


Leave a Reply