Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh


Vemala
24 February 2018

Jalan kaki merupakan aktifitas yang baik dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Rasa malas seseorang

Jalan kaki merupakan aktifitas yang baik dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Rasa malas seseorang yang enggan melakukannya, sehingga aktifitas baik ini tidak dilakukan. Mungkin Bagi sebagian dari kita belum megetahui manfaat jalan kaki, bisa jadi ketidakhauan seseorang tersebut yang membuatnya enggan untuk melakukannya.
Untuk menjalan kaki tidak selalu harus di lakukan di tempat formal untuk berolahraga, anda bisa melakukannya sebelum dan sesudah beraktifitas, seperti bekerja.
Olahraga jalan kaki ini cocok dilakukan oleh setiap orang, karena ketika melakukannya tidak memerlukan energy yang besar. Namun, manfaat yang akan di dapatkan tidak diragukan lagi,karena banyak segudang manfaat untuk tubuh yang perlu untuk diketahui.
Berbagai Macam Manfaat Jalan kaki
Dalam setiap harinya kita membutuhkan tubuh untuk berjalan kaki sebanyak 30 menit setiap harinya. Namun, bagi anda yang belum terbiasa dalam melakukan olahraga, maka bisa memulainya terlebih dahulu selama 10 sampai 15 menit. Ketika otot tubuh sudah terbiasa dengan jarak tertentu , maka bisa tinggal di tingkatkan kembali untuk menjadi tubuh lebih sehat lagi . dan alangkah baiknya, jika kebiasaan jalan kaki ini nantinya, di dukung dengan pola hidup sehat lainnya, dan bukanlah hal yang tidak mungkin , kesehatan akan di dapat seperti pada penejelasan di bawah ini.
1. Dapat Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan
Melakukan olahraga jalan kaki dengan cepat dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh sebanyak 150 dalam satu hari, selama 30 menit. Dan hal ini membuktikan bahwa, jika anda yang malas melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi seperti olahraga lari, senam aerobic dan sejenisnya, maka tinggal lakukan olahraga ini.jika dan dalam seharinya ingin menambah jumlah pembakaran kalori, maka bisa dengan meningkatkan kecepatan dalam berjalan kaki.
 Dengan olahraga berjalan kaki secara rutin dan di tambah dengan asupan makanan dan pola hidup sehat lainnya, maka hasil yang di dapat menjadi baik untuk mendapatkan tubuh ideal.
2. Mencegah dan Mengurangi Stress
Mungkin sebagian dari anda masih belum mengetahuinya, bahwa dengan melakukan berjalan kaki, dapat membantu dalam mencegah dan mengurangi stress. Karena, ketika tubuh melakukan olahraga, terutama berjalan kaki, maka perasaan akan berubah Moodnya menjadi lebih baik, karena dapat memicu Hormon endorphin , dan menjadi lebih bahagia dan rileks. Jika anda merasa stress atau ingin mencegah terjadinya stress, maka metode ini bisa anda lakukan, karena bermanfaat untuk jangka pendek dan jangka panjang kesehatan anda, di banding melakukan hal lainnya, yang belum teruji manfaatnya.
3. Menjaga dan Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh
Jika anda sering merasa mudah untuk terkena berbagai macam penyakit, seperti Flue dan penyakit lainnya, maka sebaiknya cek terlebih dahulu, apakah anda sudah melakukan olahraga yang cukup untuk tubuh anda. Melakukan olahraga jalan kaki dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat terhindar dari penyakit. Lakukan 30 menit berjalan kaki santai setiap harinya.
4. Menjaga Kesehatan jantung 
Dalam sebuah studi mengatakan, bahwa dengan melakukan berjalan kaki selama 30 menit, dapat membantu dalam menurunkan kemungkinan resiko terjadinya penyakit jantung sebanyak 40% pada wanita.  Hal ini menjadi hal baik bagi tubuh, karena ketika seseorang berjalan kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuah kinerja jantung meningkat dan otot-otot di sekitar jantung akan terlatih yang baik untuk kekuatan jantung.
5. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis di sebabkan menipisnya tulang tubuh. Dengan melakukan jalan kaki secara rutin, dapat membantu dalam memperkuat tulang anda, dengan mempertahankan kekuatan dan membangun sel-sel tulang.
 
6. Menurunkan Kolesterol Dan Mencegah Diabetes Tipe 2
Dalam melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, maka kinerja otot tubuh akan meningkat, terutama di bagian kaki, sehingga tubuh akan meningkatkan penyerapan Glukosa menjadi bertambah. Dan tentunya baik untuk kesehatan yang dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 .
Bukan hanya itu, dengan berjalan kaki dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan kadar gula dalam darah.


Leave a Reply