Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan Tubuh


Vemala
24 February 2018

Pernah melakukan olahraga lari , atau memiliki minat untuk melakukannya ? ya, hal itu merupakan

Pernah melakukan olahraga lari , atau memiliki minat untuk melakukannya ? ya, hal itu merupakan hal bagus untuk dilakukan. Namun, sebelum melakukannya, terlebih dahulu perhatikan penjelasan di bawah ini untuk diketahui dari berbagai macam manfaat yang akan di dapatnya. Selain itu , dan mungkin setelah membancanya, akan membuat anda lebih semangat lagi dalam melakukan olahraga larinya .
Olahraga lari, bisa dilakukan di pagi hari dan juga sore atau malam hari, karena pada dasarnya olahraga lari ini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan. Namun, bagi anda yang memilih melakukannya di pagi hari, maka sebaiknya di baca terlebih dahulu tentang manfaat olahraga pagi dari artikel tersebut dan atau bisa melanjutkan penjelasan di bawah ini.
1. Mengurangi Berat Badan
Dalam melakukan lari dengan jarak 100 kilo meter saja, dapat membantu dalam membakar kalori dalam tubuh. Nah, jika ingin membakar lebih banyak kalori, maka jarak yang di berikan dari latihan tersebut tinggal di tingkatkan. Maka ketika secara rutin di lakukan, bukan hal yang tidak mungkin dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dan ini bisa jadi cara olahraga diet untuk anda lakukan .
 
2. Mencegah Terjadi Osteoporosis
Ketika melakukan olahraga, maka sel-sel dari tulang itu sendiri akan menigkat pertumbuhannya, makanya jika sering melakukan olahraga lari, dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh dan terhindar dari osteoporosis.
 
3. Menjaga Kesehatan Lutut
Seiring rutin dalam melakukan olahraga, maka dapat merangsang pertumbuhan tulang itu sendiri, terutama tulang di bagian lutut. Sehingga dapat mencegah terjadinya arthritis pada lutut dan tulang punggung.
 
4. Mengurangi Resiko Penyakit jantung Koroner
 
Ada penelitian yang mengungkapkan, bahwa dengan melakukan olahraga lari secara rutin dalam seminggu 50 menit, dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, yang di tunjang dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga pola hidup yang sehat pula.
Dalam melakukan olahraga lari sejauh 16 kio meter dapat menigkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Maka ketika ingin meningkatkan HDL atau Kolesterol baik untuk tubuh, maka tinggal di tingkatkan lagi olahraga larinya,misalkan 80 kilo meter dalam seminggu.
Cara Melakukan Olahraga Lari
Sejauh ini saya sudah menjelaskan tentang beberpa manfaat olahraga lari untuk kesehatan tubuh. Agar lolahraga lari yang akan anda lakukan bisa berjalan dengan baik, maka bisa mengkuti panduan di bawah ini.
  • Gunakan jenis sepatu khusus untuk lari, untuk mencegah cidera. Karena setiap sepatu memiliki jenis olahraga dan fungsi masing-masing
  • Melakukan pemanasan untuk membuat olahraga berjalan dengan baik dan terhindar dari cidera
  • Berjalan kaki terlebih dahulu sebelum melakukan lari untuk mempersiapkan tubuh secara bertahap
  • Lakukan peningkatan lari jika sudah terbiasa, sebanyak 30 menit
  • Lakukan pendinginan secara bertahap, agar jantung kembali pada posisi normal kembali keposisi semula dan hindarilah untuk berhenti secara mendadak dalam melakukan olahraga
  • Istirahat di beberapa menit di sela-sela melakukan olahraga lari
  • Minum air secukupnya pada saat melakukan olahraga anda merasa haus, untuk menghindari dehidrasi dan juga untuk memberikan energy ke tubuh

 

Untuk melakukannya anda bisa dengan merutinkan diri dalam melakukan olahraga pada saat anda libur bekerja atau istirahat lainnya. Paling tidak 2 kali dalam seminggu cukup untuk melakukannya.
Dalam melakukan olahraga lari tentunya dangat baik untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun bukan tentang melakukan olahraga saja, persiapanan dan pelengkapan yang di butuhkan juga merupakan bagian yang semestinya dilakukan, seperti mengkosnumsi makanan tepat , peralatan untuk lari dan sejenisnya.


Leave a Reply