Manfaat Olahraga Push Up Bagi Kesehatan Tubuh


Vemala
24 February 2018

Siapa sih yang tidak mengetahui jenis olahraga yang satu ini ? ya, jika kita bertanya

Siapa sih yang tidak mengetahui jenis olahraga yang satu ini ? ya, jika kita bertanya seperti itu mungkin sebagian besar pembaca sudah mengenalnya, dan bahkan sudah pernah melakukannya. Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang simple untuk dilakukan dan secara umum banyak orang yang  melakukan dengan menggunakan berat badan sendiri, berbeda dengan jenis olahraga lainnya yang wajib menggunakan alat bantu, seperti olahraga angkat beban.
Untuk melakukannya cukup mudah saja, tinggal memposisikan tubuh menghadap kedepan lantai, dengan menggunakan kedua tangan dan kedua kaki untuk menahan berat badan dan melakukan repetisi naik dan turun. Mudah kan ?
Namun, tidak sedikit masih banyak orang yang belum mengatahui tentang manfaat yang di dapat secara detail dari melakukannya. Makanya, artikel kali ini saya bahas untuk memperluas wawasan kita untuk mengetahui dari berbagai macam manfaat dari melakukannya.
1. Untuk Melatih Daya Tahan
Di saat memulai push-up mungkin akan merasa kesulitan untuk bisa mencapai 10 gerakan repetisi. Namun ketika tubuh mulai terbiasa, jumlah latihan yang mampu di lakukan bisa meningkat, hingga 50 sampai 100 kali. Nah, jenis latihan ini baik dilakukan jika anda memiliki program dalam meningkatkakn daya tahan tubuh.
2. Untuk Membentuk Massa Otot
Dalam melakukan fitnes ada beberapa tahapan untuk di ketahui, misalkan untuk membentuk massa otot. Jenis beban yang harus di tambahkan dalam mencapai pembentukan otot dari push-up ini, bisa dengan memaksimalkan beban di berikan hingga mencapai 8 sampai 10 gerakan repetisi.
Jika pada awal anda melakukan push-up 10 gerakan repetisi tanpa beban tambahan, maka tambahkan beban lainnya, seperti menggunakan Dumbbell. Sehingga anda mampu mengangkatnya sebanyak 8 sampai 10 gerakan repetisi, dengan kemampuan otot maksimal anda.
3. Untuk melatih kekuatan
Kekuatan otot tubuh akan terlatih dan meningkat seiring latihan yang dilakukan. Maka anda bisa melakukannya dengan melakukan push-up menggunakan beban dengan berat tertentu hingga anda mampu melakukannya sebanyak 1 sampai 5 kali gerakan repetisi.
4. Memperkuat otot perut
Banyak orang yang melakukan latihan fitnes dalam membentuk otot perut dengan melakukan olahraga Shit-up  dan jenis olahraga yang memiiki gerakan langsung ke perut dan kurang melakukan lainnya. Padahal hal tersebut tidaklah tepat, karena dalam melakukan Push-up saja dapat membantu memperkuat otot perut juga, meskipun tidak sebanyak melakukan Shit-up. Akan tetatpi hasil yang akan di dapat jauh lebih baik hasil yang akan di dapat.
Di saat tubuh melakukan gerakan push-up, maka tulang bagian belakang akan terlatih dan membuat rata dan stabil yang membuat otot perut terlatih secara langsung.
 
5. Membantu dalam pembentukan Otot Dada
 
Bagi yang memiliki program pembentukan atau membuat otot dada menjadi kencang, maka olahraga push-up sebaiknya anda lakukan. Karena di saat melakukannya, dapat banyak melibatkan otot di bagian dada, dengan menekan, menariknya saat melakukannya, dan secara perlahan akan terlihat kencang dan terbentuk.
6. Membantu Menstabilkan Otot Bahu
Ada beberapa orang yang memiliki bahu yang tidak seimbang, ketika dengan melakukan latihan push up dapat membantunya menjadi stabil, dengan cara melatih otot-otot di bagian tersebut. Lakukan secara teratur dan cara yang benar,dan lihat hasil yang didapatkan nanti setelah otot terbentuk.
7. Membantu dalam Memeperbaiki Postur Tubuh
Sering kita jumpai ada beberpa orang yang meiliki postur tubuh yang tidak seimbang, bahu tinggi sebelah, badan terlihat bungkuk. Latihan Push up yang rutin dapat membantu dalam memperbaiki postur tubuh menjadi seimbang, makanya banyak orang yang rutin melakukan olahraga atau fitness yang memiliki fostur tubuh yang seimbang,tidak terlihat bungkuk, ya, karena ketidak seimbangan tersebut di latih agar kembali ke posisi normal dari melakukan Push-up ini salah satunya.
 
8. Membantu peningkatan Ukuran payudara
Bukan hanya bermanfaat dalam membantu pembentukan otot dada pria saja. Manfaat yang akan di dapatkan oleh wanita dalam melakukan jenis olahraga ini juga memberikan dalam peningkatan ukuran payudara. Karena di saat melakukan push-up , maka nutirisi yang terdapat dari makanan yang di konsumsi akan di alirkan kebagian dada,dan secara bertahan bentuk payudara akan meningkat ukuran dan kekencangannya.


Leave a Reply