Manfaat Sedekah Menurut Islam Dan Untuk kehidupan


Vemala
7 February 2018

Sedekah merupakan hal yang harus dilakukan bagi seseorang yang beriman, terutama yang beragama islam. Melakukan

Sedekah merupakan hal yang harus dilakukan bagi seseorang yang beriman, terutama yang beragama islam. Melakukan sedekah bukan hanya di anjurkan bagi anda yang sudah merasa mampu saja, namun bagi anda yang masih merasa kekuranganpun di haruskan untuk bersedekah, karena manfaat yang di dapat dari melakukannya dapat berdampak baik bagi orang lain dan si pemberi sedekah tersebut.
Mungkin bagi itung-itungan matematika dunia, ketika seseorang mengeluarkan harta benda untuk di berikan kepada orang lain secara Cuma-cuma akan berkurang nilainya, akan tetapi dengan hukum Allah harta yang di sedekahkan tersebut malah akan bertambah berkali-kali lipat, seperti pada beberapa firman Allah di dalam Al-Quran , Surat Annisa ayat 144 .
“tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka , kecuali dari ( manusia ) memberi sedekah , atau berbuat kebaikan atau mengadakan kedamaian diantara manusia.dan barangsiapa yang yang berbuat kebaikan karena mencari ridho Allah, maka kami akan memberi pahala yang besar” .
Penjelasan tentang pahala yang akan di dapat dalam melakukan sedekah langsung di Al-Quran. Bagi yang sering tidak melakukan seekah maka mulailah untuk melakukannya, bisa dengan harta, bantuan dan lain sebagainya yang bisa dilakukan semampunya.
Berbagai Macam Manfaat Bersedekah
Bukan hanya tentang pahala yang akan di dapat dengan melakukan sedekah, ada manfaat yang lainnya yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Ada beberapa efek yang baik bagi kehidupan di alam semesta ini yang seperti Allah firmankan dalam ayat di atas.
 
1. Dapat Meningkatkan rasa Empati
Bersedakah pada dasarnya membantu dalam memberikan kemudahan bagi seseorang yang merasa kesulitan. Anda bisa melakukannya dengan secara material ataupun non-material dan itu akan mendidik kita untuk memiliki empati terhadap orang lain untuk saling membantu.
2. Terhindar Dari Sifat Materialistisme
Hal ini berlaku untuk bersedekah melalui harta benda yang dimiliki, karena dengan membiasakan diri untuk mengeluarkan harta yang dimiliki untuk di berikan kepada orang lain secara Cuma-Cuma dapat mencegah dari sifat yang materialisme yang membuat hidup hanya untuk di duniawi saja dan mengabaikan kebaikan bersedekah untuk kehidupan di akhirat.
 
3. Melatih Untuk Berfikir Positif
Melakukan sedekah dengan cara yang iklas dapat membantu sifat kita untuk tetap berfikir positif. Karena ketika melakukannya kita di anjurkan untuk melupakan ( ikhlas ) , sehingga dapat membantu dalam melatih fikiran dan perasaan positif dan sedekah yang dilakukan dapat bermanfaat bagi orang lain.
4. Meningkatkan Rasa Syukur
Rasa syukur harus dimiliki setiap orang, terutama bagi orang yang beriman. Melakukan sedekah dapat membuat rasa syukur terlatih karena kita ketika melakukan sedekah dapat memberikan apa yang sedang dimiliki untuk di bagikan terhadap orang lain yang lebih membutuhkan.
5. Menghindari Sifat Kikir
Sifat inilah yang sebaiknya yang harus dihindari bagi setiap manusia, dan biasanya bagi seseorang yang memiliki sifat kikir tersebut akan menganggap kesuksesannya berasal dari usahanya sendiri dan bersifat sombong kepada manusia dan bahkan tuhan. Padahal setiap yang di dapat oleh setiap manusia berkat adanya bantuan Allah dan manusia lainnya.
Dengan melakukan sedekah, akan terhindar dari sifat tersebut karena akan pentingnya peranan Allah dan manusia tentang keberhasilannya dengan berterima kasih dengan cara bersedekah.
 
6. Meningakatkan Sistem kekebalan Tubuh
Dalam melakukan sedekah dapat merespon tubuh menjadi lebih baik, karena ketika melakukannya maka tubuh akan mengeluarkan hormon bahagia yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, seperti beberapa penelitian yang di ungkapkan oleh Prof. David M Clelland dengan berfikir positif terhadap orang lain seperti melakukan sedekah.
7. Merasa bahagia
Bagi seseorang yang melakukan sedekah dengan Ikhlas dapat membuat perasaan bahagia pada tubuh dan mentalnya, karena otak tubuhnya akan memproduksi hormon-hormon yang dapat membuat perasaan menjadi bahagia.
Banyak sekali tentang manfaat dari melakukan sedekah, namun setidaknya manfaat yang telah saya sampaikan di atas dapat memotivasi kita semua untuk pentingnya melakukan sedekah untuk umat manusia dan lingkungan.


Leave a Reply