Olahraga kalistenik : Bentuk Otot Lebih Variatif


Vemala
20 February 2018

Olahraga kalistenik merupakan jenis olahraga yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Dan mungkin bagi sebagain

Olahraga kalistenik merupakan jenis olahraga yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Dan mungkin bagi sebagain dari kita tidak terlalu familiar dengan jenis olahraga ini.
Banyaknya jenis olahraga menjadi hal seseorang menjadi bingung dalam memilih jenis olahraga mana yang akan dipilih. Akan tetapi, dengan melakukan aktifitas olahraga yang itu-itu saja juga dapat membuat seseorang menjadi bosan melakukannya. Maka dari itu, olahraga kalistenik menjadi hal yang baik untuk anda coba dan menambah keterampilan anda dalam berolahraga.
Mungkin, bagi anda yang belum mengetahui tentang jenis olahraga ini, maka sebelumnya baca terlebih dahulu membaca beberapa keuntungan dengan melakukan olahraga kalistenik ini. Apalagi bagi anda yang ingin membentuk otot bagian atas.
 
1. Lebih Banyak Gerakan yang Bervariasi 
Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang Fleksibel. Artinya selain melakukan latihan pada umumnya, seperti melakukan olahraga Chin-up, Pull-up dan lain sebagainya. Kalistenik memiliki Variasi gerakan yang berbeda dari setiap orangnya, entah itu dengan melakukan latihan yang dibuat oleh orang lain dan juga yang di buat oleh diri sendiri.
2. Dapat membantu Pembentukan Banyak Otot
Biasanya sebagian jenis olahraga dapat membantu dalam pembentukan otot di daerah tertantu saja. Namun, beda halnya dengan melakukan olahraga kalistenik ini. Contohnya dalam melakukan latihan Pull-up yang dapat membantu dalam pembentukan otot lengan, punggung, bahu dan otot dada. Jadi, sangatlah tepat, jika jenis olahraga ini dilakukan bagi anda yang memiliki bentuk otot bagian atas yang masih belum terbentuk dengan baik. Dan bagi anda yang tertarik untuk membentuk otot perut , maka bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara membentuk otot perut di link halaman tersebut.
3. Lebih Praktis
Olahraga Calisthenics merupakan jenis olehraga yang praktis dan bisa dilakukan di tempat Gym, dirumah dan bahkan diruangan terbuka, seperti taman untuk olahraga. Sekarang ini banyak tempat olahraga yang bisa dilakukan bagi seseorang yang ingin melakukannya.
 
4. Melatih kekuatan, ketahanan Tubuh Dan Membentuk Otot
Olahraga ini bisa di sejajarkan dengan beberapa manfaat untuk membentuk otot tubuh, menjaga daya tahan tubuh, hingga melatih kekuatan otot yang di sesuikan dengan repetisi dan jumlah beban yang di berikan dari setiap latihannya.
 
Mempersiapkan Untuk melakukan Olahraga Calisthenics
Untuk melakukan olahraga kalistenik bukanlah hal mudah untuk dilakukan, terutama bagi seseorang yang belum terbiasa untuk melakukan olahraga, meskipun terlihat mudah untuk dilakukan. Sebaiknya terlabih dahulu ukur kemampuan otot anda, karena kalau tidak, akan kesulitan untuk melakukan dan terlebih terlalu memaksakan diri dapat membuat tubuh menjadi cidera.
Berat badan pelaku olahraga jenis olahraga ini menjadi beban yang diberikan kepada otot bagian tangan anda. Dan bayangkan jika kemampuan otot anda masih kecil dan di tambah berat badan anda tergolong berlebih, maka besar kemungkinan tubuh akan mengalami cidera. Maka penjelasan di bawah ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin melakukannya, terutama bagi seorang pemula.
Melatih Otot Tubuh Bagian Atas
 
Ada banyak latihan yang sebaiknya untuk dilakukan untuk memulai melakukan olahraga ini. Misalkan melatih otot di bagian lengan terlebih dahulu, otot dada dan otot lainnya.
Beban yang diberikan sebaiknya dimulai dengan yang kecil terlebih dahulu, agar menghindari cidera, misalkan melakukan latihan Push-up, latihan angkat Dumbbell  dan lain-lain.
Dan berikut adalah jenis-jenis olahraga jenis latihan kalistenik yang bisa anda coba, sebelum dan melakukan gerakan dasar kalistenik :
  • Plank
  • Jumping jack
  • Squat
  • Chin-up
  • Pull-up
  • Push-up
  • Lunges
  • Olahraga untuk melatih perut
  • Olahraga untuk mlatih otot lengan
  • Dan jenis olahraga lainnya untuk melatih otot bagian atas lainnya

 



Leave a Reply