10 Kelebihan Dan Kekurangan Olahraga Malam Hari


Vemala
10 March 2018

Melakukan olahraga sekarang ini bukan menjadi hal tentang manfaat untuk menjaga kesehatan saja, dengan seiringnya

Melakukan olahraga sekarang ini bukan menjadi hal tentang manfaat untuk menjaga kesehatan saja, dengan seiringnya perkembangan jaman, olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup Modern, entah itu meningkatkan status social, membangun keakraban dengan pasangan, membangun social menjadi lebih baik dengan bergabung dari komunitas yang ada dan lain sebagainya.
Melakukan olahraga dimalam hari menjadi bagian dari gaya hidup tersendiri, dimana banyak tempat olahraga bisa banyak kita temukan orang melakukan olahraga. Selain dari gaya hidup yang memiliki peran dari banyaknya orang memilih melakukan olahraga di malam hari karena memiliki antifitas yang sibuk di siang hari dan memilih untuk berolahraga di malam hari sambil bersantai dan merilekan diri.
Dari beberapa orang , mungkin mempertanyakan , apakah melakukan olahraga dimalam hari ada dampak yang tidak baik, dan apa manfaat baiknya ? ya, tentunyalah itu pertanyaan bagus sekali untuk di pertanyakan, karena sebentar lagi anda akan megetahuinya dengan membaca penjelasan di bawah ini.
Berbagai Kelebihan Berolahraga Di Malam Hari
Manfaat yang di dapat dari melakukan olahraga malam, tentunya memiliki syarat yang harus dilakukan sehingga dapat memberikan manfaat untuk tubuh, seperti melakukan dengan tepat dan hal lainnya, pada penjelasan di bawah ini.
1. Tubuh Lebih Siap
Dibandingkan dengan melakukan olahraga pagi, olahraga di malam hari memiliki keunggulan, dimana tubuh lebih siap melakukan olahraga, karena melakukan aktifitas yang dilakukan, sehingga tubuh secara langsung telah di “panaskan” melalui aktiftas dan tubuh lebih lentur.
2. Cocok untuk membangun Massa Otot
Banyak para fitness mania melakukan latihannya di sore hari atau malam hari, karena dijam tersebut, seperti yang telah di ungkapkan beberapa penelitian, bahwa di mana di malam hari cocok untuk melakukan olahraga dalam membangun otot tubuh.
 
3. Mengisi waktu Luang Dengan baik
Biasanya, ketika seseorang melakukan aktifitas seharian, seperti bekerja, maka akan berdiam diri, dan terlebih menonton televisi sambil mengkonsumsi camilan, dan tentunya bagi anda yang memiliki program diet hal tersebut kurang baik untuk mencapai keberhasilan diet yang dilakukan. Olahraga malam merupakan cara terbaik untuk mengisi waktu luang.
4. Metabolisme Tubuh Sudah Siap
Melakukan pemasan memang penting untuk dilakukan untuk menjadikan olahraga yang dilakukan bisa berjalan dengan maksimal. Olahraga malam memiliki keunggulan, dimana metabolisme tubuh sudah siap untuk melakukan olahraga, karena di “panaskan” melalui aktifitas seharian, dan meskipun melakukan pemanasanpun tidak membutuhkan waktu lama di banding melakukan pemanasan di pagi hari.
5. Mengurangi Stress Atau Kepenatan
Ketika melakukan aktifitas bekerja, terkadang kita merasa penat dari aktifitas tersebut, dengan melakukan olahraga memiliki peranan untuk menghilangkan stress yang ada. Dengan melakukan mencurahkan semuanya melalui olahraga yang anda lakukan. Selain itu, melakukan olahraga dapat memicu produksi hormon endhorpin dalam tubuh, yang membuat rasa rileks, nyaman dan bahagia dan merubah kepenatan yang ada.
 
6. Membantu TIdur Lebih Nyenyak
Olahraga dimalam hari dapat membantu dalam membuat tidur menjadi nyenyak, karena ketika melakukan olahraga dapat membuat energy berkurang dan membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan energy dan membuatnya menjadi ngantuk. Namun dengan catatan, melakukan olahraga tersebut dilakukan paling tidak 2 jam sebelum tidur dan tidak terlalu malam.
Kekurangan melakukan Olahraga Malam
 
1. Gangguan Pada Kualitas Tidur
Ketika melakukan olahraga, maka metabolism tubuh akan meningkat, dan tentunya ini kurang baik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Contohnya melakukan olahraga terlalu rapat dengan jadwal tidur malam hari. Jika jarak antara tidur dan olahraga terlalu rapat maka Kualitas tidur menjadi berkurang.
 
2. Jadwal Olahraga Terganggu
Terkadang aktifitas seseorang membuat waktu untuk berkumpul dengan keluarga, teman dan pasangan anda berkurang. Dengan sedikit waktu tersebut yang dimiliki menjadi jadwal olahraga anda akan terganggu, akan tetapi aktifitas olahraga yang dilakukan bisa sambil dilakukan bersama seseorang tersebut.
 
3. Sosialisai Berkurang
Bukan hanya jadwal olahraga anda yang akan terganggu, akan tetapi sosialisasi anda akan berkurang, karena anda sering melakukan olahraga dengan program yang ingin di capai.
4. Kekurangan Energy
Aktifitas di malam harinya tentunya memiliki kekurangan dalam hal pasokan energy tubuh yang dimiliki, karena terkurang melalui aktifitas pekerjaan yang dilakukan.
Nah, berikut adalah beberapa penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan melakukan olahraga dimalam hari untuk diketahui, sehingga bisa melakukan olahraga dengan bijak.
Images : runsociety.com


One Response to “10 Kelebihan Dan Kekurangan Olahraga Malam Hari”

  1. […] memiliki aktifitas yang sibuk seperti olahraga, maka jika alasan pembaca itu , bisa melakukan olahraga di malam hari atau bisa dengan melakukan olahraga di kantor tempat anda bekerja. Malas pergi ke tempat Gym juga […]

Leave a Reply