5 Manfaat Berpuasa Bagi kesehatan Tubuh


Vemala
10 March 2018

Dari berabad-abad lamanya puasa menjadi hal yang biasa dilakukan, entah itu di dorong oleh factor

Dari berabad-abad lamanya puasa menjadi hal yang biasa dilakukan, entah itu di dorong oleh factor agama dan budaya. Bagi anda yang beraga islam, tentunya berpuasa merupakan bagian ibadah yang wajib dilakukan di bulan ramadhan. Dari dunia kedokteran dan juga agama memang berpuasa memiliki manfaat tentunya untuk kesehatan tubuh.
Melakukan puasa memang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan, namun ketika melakukannya dengan cara yang kurang tepat, maka puasa yang dilakukan malah dapat mengganggu kesehatan, maka dari itu, penting untuk diketahui bahwa penjelasan di bawah ini sangat penting di ketahui oleh anda. Sehingga , selain dapat mendapatkan nilai ibadah dengan baik, akan tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.
Ada beberapa aturan yang perlu untuk diketahui, bahwa dengan melakukan berpuasa di perlukan sahur dan berbuka puasa, karena tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk mencerna makanan yang di konsumsi, dan berpuasa sebenarnya dapat dilakukan oleh tubuh.
Dalam kondisi berpuasa, maka tubuh akan merespon dengan jumlah puasa yang dilakukan untuk merespon apa yang akan dilakukannya dalam memberikan energy ke tubuh. Contohnya, ketika dalam keadaan normal, tubuh akan mengambil gula yang tersimpan dalam otot dan hati untuk memberikan energy ke tubuh, ketika gula sudah terpakai, maka selanjutnya lemak dalam tubuh akan di rubah menjadi energy dan ketika gula dan lemak sudah terpakai , maka otot tubuh akan dirubah menjadi sumber energy setelahnya.
Bagi seseorang yang memiliki program dalam membantu menurunkan berat badan, maka sebaiknya melakukan berpuasa, agar tumpukan lemak dalam tubuh dapat di gunakan tubuh menjadi sumber energy dan secara perlahan akan menurunkan berat badan.
Berbagai Macam Manfaat Berpuasa
Melakukan puasa memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan psikis seseorang. Dan jika kita lihat lagi lebih dalam lagi, maka melakukan puasa ini memiliki segudang manfaat lainnya, yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.
1. Menjaga Kesehatan Jantung
Ada beberapa penelitian tentang manfaat melakukan puasa untuk kesehatan jantung, karena membantu menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 58% di bandingkan dengan seseorang yang tidak melakukan puasa satu kali dalam sebulan.
Selain itu, ada beberapa penelitian lain juga yang mengungkapkan, berpuasa dalam mengurangi resiko terjadinya diabetes. Namun, meskipun begitu, masih tetap memerlukan penelitian lainnya yang di dukung dengan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat juga tentunya.
2. Mengurangi Stress
Melakukan puasa dapat membantu menanggulangi terjadinya stress, karena bagi mereka yang menjali puasa dengan sabar, maka akan terlatih dan meningkat kesabarannya dengan menahan rasa lapar. Selain itu ketika beberapa hari melakukan puasa, maka dapat membantu dalam meningkatkan kadar hormone endorhip dalam darah, sehingga dapat membantu membuat perasaan bahagia.
3. Mengurangi Terjadinya Resiko Kanker
Ada beberapa penelian yang telah di ungkapkan terhadap tikus. Ketika melakukan puasa dapat membantu mencegah terjadinya kanker, karena adanya penurunan pembelahan sel dalam tubuh yang di sebabkan factor terbatasnya asupan. Namun, perlu di tindak lanjuti dari hasil penelitian tersebut, apakah manfaat berpuasa pada manusia juga dapat membantu mengurangi resiko kanker.
4. Menjaga Tubuh Ideal
 Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa dengan melakukan puasa dapat membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh, dengan merubah lemak menjadi sumber energy.
Bagi anda yang memiliki perhatikan juga saat berbuka puasa nanti, karena biasanya seseorang akan mengkonsumsi makanan yang manis untuk dikonsumsi, karena tubuh memerlukan asupan yang dapat memberikan energy ke tubuh. Dan sebaiknya konsumsi makanan yang cukup Gizinya dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula, yang dapat membuat berat badan akan cepat naik kembali.
5. Memperbaiki Kesehatan
Kesehatan yang akan di dapat tentunya jika melakukan puasa, namun ada beberapa hal yang dapat membantu dalam memperbaiki kondisi medis seseorang yang dapat memperbaiki, penyakit kulit, memperbaiki radang sendi, psisiosis dan juga radang sendi.
Dari banyaknya manfaat yang ada dari melakukan berpuasa, maka ini bisa menjadi alas an anda menjadi kuat kembali untuk melakukan berpuasa, bukan hanya tentang menjalani kewajiban saja, akan tetapi menjadi suatu kewajiabn lain untuk menjaga kesehatan.


Leave a Reply