5 Penyebab Badan Lemas Setelah Berolahraga


Vemala
10 March 2018

Melakukan olahraga tentunya menjadi hal baik untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh, dan disaat melakukannya

Melakukan olahraga tentunya menjadi hal baik untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh, dan disaat melakukannya tentu memerlukan persiapan yang cukup, seperti pola hidup yang sehat dan makanan yang dikonsumsi, untuk membantu melakukan olahraga bisa lebih bernergy ketika melakukannya.
Siapapun anda,ketika melakukan olahraga dan badan lemas setelahnya itu merupakan hal yang wajar, karena energy yang di dapat dari makanan dan sumber energy dari tubuh dibakar oleh tubuh untuk bisa melakukan olahraga dengan baik, namun beda lagi ceritanya ketika pasca latihan badan lemas tidak seperti  biasanya , dan mungkin anda melakukan kesalahan-kesalahan yang sebaiknya untuk anda hindari seperti pada penjelasan di bawah ini dan cara mengatasinya.
Berbagai Penyebab Badan Lemas Setelah Berolahraga
Banyak hal yang membuat tubuh anda menjadi lemas pasca melakukan olahraga dan mungkin anda sendiri sering melakukannya tanpa anda sadari sebelumnya. Namun, setelah membaca penjelasan ini, maka lakukan upaya tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari melakukan olahraga.
 
1. Kekurangan Cairan
Dalam melakukan olahraga, maka cairan tubuh akan lebih cepat berkurang dibanding ketika tidak melakukan olahraga. Kekurangan cairan tersebut, entah itu saat melakukan, setelah berolahraga maka akan membuat tubuh menjadi lemas dan membuat focus latihan sulit di dapatkan. Maka sebaiknya cukupi kebutuhan air pada saat melakukan olahraga dan juga setelah olahraga.
2. Kurang Pemanasan
Melakukan pamasan merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam membantu memaksilkan melakukan olahraga. Kurangnya melakukan pemanasan, dapat membuat tubuh cepat lemas saat berolahraga dan pasca melakukan olahraga. Mempersiapkan tubuh dengan melakukan pemanasan membuat tubuh menjadi siap untuk melakukan aktifitas yang lebih besar. Dan begitu juga melakukan pendingin dapat terhindar dari lemas pasca berolahraga.
Anda bisa membaca dari artikel sebelumnya tentang manfaat pemanasan dan pendingin pada olahraga , untuk melihat lebih banyak manfaatnya.
3. Baru Mulai Lagi Berolahraga
Memulai kembali olahraga setelah lama tidak melakukannya, maka lemas setelah berolahraga menjadi hal yang wajar dan itu besar kemungkinan terjadi, karena badan menyesuaikan kemabali dari aktifitas barunya tersebut. Namun, penting untuk di perhatikan sebaiknya anda ketika memulai kembali olahraga, lakukan dengan intensitas yang rendah agar badan tidak stress, meskipun anda sebelumnya sering rutin melakukan olahraga.
4. Olahraga Secara Berlebihan
Olarhaga berlebihan bukan hanya dapat membuat badan menjadi lemas setelah melakukannya, akan tetapi dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena bagaimapun tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kembali dan recovery otot pasca berolahraga.
Ketika tubuh di paksa untuk melakukan olahraga secara berlebihan , maka banyak otot yang rusak, karena tubuh merubah otot menjadikannya sumber energy dan setelah melakukan olahraga, maka akan membuat tubuh menjadi sakit, nyeri, pegal di bagian tubuh yang anda paksa tersebut.
 
5. Kurang Gizi
Makanan memiliki peranan dalam membantu membuat olahraga menjadi baik dan terhidar dari terjadinya lemas setelah berolahraga. Makanan sebelum dan setelah fitness atau olahraga merupakan hal yang sangat perlu untuk di konsumsi. Contoh makanan yang sebaiknya anda konsumsi adalah yang memiliki kandungan yang kaya akan protein untuk pembentukan otot dan recovery sel otot, terdapat kalori dan karbohidrat untuk memberikan energy saat berolahraaga.
Banyak makanan yang bisa anda pilih untuk di konsumsi dalam memenuhi kebutuhan tubuh ketika berolahraga agar terhindar dari lemas berlebih setelah berolahraga, seperti roti,pisang,daging ayam,putih telur dan makanan lainnya.
Melakukan olahraga bukan hanya melakukannya saja, namun perlu untuk diperhatikan hal-hal yang dapat membantu dalam memperbaiki kualitas olahraga yang dilakukan seperti yang saya jelaskan di atas.
Images : Shutterstock


Leave a Reply