5 Manfaat Olahraga Untuk kesehatan Otak


Vemala
17 March 2018

Melakukan Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bermanfaat untuk kesehatan otak manusia.

Melakukan Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bermanfaat untuk kesehatan otak manusia.
Ketika melakukan olahraga, maka akan membuat peningkatan yang baik bagi peredaran darah, sehingga pembuluh darah di dalam otak menjadi lebih baik, dan membuat kinerja otak bisa digunakan menjadi lebih baik pula.
Makanan yang di konsumsi memerlukan pengolahan dengan melakukan olahraga, sehingga nutrisi tersebut bisa memenuhi kebutuhan otak untuk berkembang dengan maksimal. dengan adanya aliran pembuluh darah dalam otak menjadi lancar dari latihan olahraga yang dilakukan, Jadi tidak heran, ketika seseorang memiliki latihan olahraga dengan cukup, maka kesehatan otak akan terjaga dan lebih baik di bandingkan dengan seseorang yang jarang melakukan olahraga.
1. Membantu Meningkatkan Konsentrasi Otak
Konsentrasi otak perlu di latih dengan belajar dan di dukung dengan melakukan olahraga, agar lebih baik lagi. Karena melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi seseorang, seperti penelitian yang di ungkapkan di amerika serikat terhadap pelajar, dengan hasil yang menunjukan bahwa tingkat konsentrasi terhdapat orang yang melakukan olahraga meningkat di banding dengan yang tidak melakukan olahraga.
2. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Dari beberapa bagian otak manusia, ada yang namanya otak Hipokampus. Dimana otak bagian tersebut memiliki peranan dalam mengingat suatu hal . melakukan olahraga yang rutin, maka dapat melatih otak tersebut dengan memberikan respon.
3. Memperlambat  Terjadinya Demensia
 Dalam melakukan olahraga, maka otak akan menstimulasi sel neuron yang baru dan mencegah terjadinya demensia, yang dapat membuat menurunnya fungsi mengingat, intelegensia, berbahasa dan juga visuospasial. Pada dasarnya memang terjadinya demensia yang di pengaruhi oleh usia, akan tetapi bisa memperlambatnya dengan cara berolahraga.
4. Mengurangi Dan Menghilangkan Stress
Stress bukan hanya berdampak buruk terhadap perasaan seseorang, akan tetapi dapat mengganggu kesehatan tubuh, karena ketika stress , tubuh dapat memproduksi hormone epinephrine dan karsitol. Dengan berolahraga dapat menurunkan hormone tersebut dan mengeluarkan hormon endhorphin dan serotonin yang dapat merubah perasaan menjadi bahagia dan membuat tubuh menjadi terasa rileks.
5. Merubah Susana Perasaan
Perasaan yang menyenangkan tentunya di inginkan setiap orang, maka dari fungsi dari berolahraga bukan hanya menyehatkan tubuh, akan tetapi dari merubah perasaan seseorang menjadi lebih bahagia. Karena tubuh akan mengeluarkan hormone endorphine yang dapat membuat tubuh dan perasaan menjadi lebih baik.
Tips Melakukan Olahraga
 
Dari sekian banyaknya manfaat melakukan olahraga, nyatanya banyak orang yang masih enggan dalam melakukan olahraga, yang di pengaruhi berbagai macam alasan yang ada. Namun, bagaimanapun alasan tersebut bukanlah hal yang baik untuk di biarkan begitu saja, maka diperlukan tips yang tepat untuk melakukannya.
Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa malas melakukan olahraga, salah satunya memiliki aktifitas yang sibuk seperti olahraga, maka jika alasan pembaca itu , bisa melakukan olahraga di malam hari atau bisa dengan melakukan olahraga di kantor tempat anda bekerja.
Malas pergi ke tempat Gym juga menjadi salah satu penyebab seseorang tidak melakukan olahraga, dari pada terus menunda karena malas pergi ke tempat olahraga, maka bisa dengan melakukan olahraga di rumah saja. Bisa dengan cara melakukan olahraga saat menonton Televisi, mengepel lantai, angkat beban dengan Dumbell, atau bisa melakukan olahraga ringan, seperti olahraga pilates, olahraga yoga hingga olahraga olah nafas.
Alasan-alasan malas berolahraga memang di pengrahui oleh berbagai macam hal, namun yang paling penting sebaiknya lakukan kegiatan yang aktif yang melibatkan tubuh banyak bergerak, dimanapun anda berada, dari pada tidak sama sekali melakukannya.


Leave a Reply