7 Penyebab Pusing Saat Berolahraga Dan Cara Mengatasinya


Vemala
17 March 2018

Menjaga kesehatan dan membuat badan menjadi segar bugar merupakan impian umum seseorang melakukan olahraga. Namun,

Menjaga kesehatan dan membuat badan menjadi segar bugar merupakan impian umum seseorang melakukan olahraga. Namun, apa jadinya olahraga yang sedang dilakukan justru membuat kepala menjadi pusing. Alih-alih dapat melakukan olahraga dengan baik, yang ada olahraga yang sedang dilakukan akan berhenti.
Mungkin sebagian dari pembaca pernah mengalaminya ? jika ia, maka sebentar lagi dengan membaca penjelasan di bawah ini dengan lengkap maka kemungkinan terjadinya pusing setelah melakukan olahraga akan di hindari dengan mempraktekannya nanti.
1. Berkurangnnya Cairan Tubuh
Dalam keseharian, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, terutama bagi anda yang sedang melakukan olahraga yang rentan membuat cairan tubuh berkurang dari keringat yang dikeluarkan. Sebelum melakukan olahraga maka cukupi kebutuhan air sebanyak 500 ml, ketika disela-sela melakukan olahraga merasa haus maka minumlah sedikit-demi sedikit dan konsumsi air setelah berolahraga juga untuk mengembalikan energy tubuh dan juga memenuhi kebutuhan air.
Banyak manfaat berkeringat dengan melakukan olahraga, seperti untuk menjaga kelembaban suhu tubuh, maka pastikan setiap berolahraga tercukupi dengan baik.
2. Cara Benafas Tidak Tepat
 
Mengatur nafas yang tepat yang disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan dapat membuat olahraga bisa berjalan dengan lancar. Hindarilah untuk bernafas dengan cepat dan terlalu dalam, tapi lakukan pernafasan dengan irama dari intensitas yang dilakukan. Atau anda bisa membacanya terlebih dahulu, cara mengatur nafas saat berolahraga dari link tersebut.
3. Kurang Kadar Gula
 
Asupan gula memanglah dibutuhkan untuk melakukan olahraga dengan baik, agar terhindar dari terjadi pusing saat melakukanya. Untuk mengatasi pusing, bisa dengan mengkonsumsi makanan 2 sampai 4 jam sebelum melakukan olahraga, lengkapnya bisa membaca artikel lainnya terkait mengkonsumsi makanan yang tepat sebelum berolahraga.
4. Berhenti Secara Tiba-tiba
 
Melakukan olahraga dan berhenti secara tiba-tiba dapat memicu terjadi pusing saat berolahraga. Misalkan disaat melakukan olahraga lari atau olahraga jenis lainnya, dan berhenti tiba-tiba. Ketika tubuh melakukan olahraga, maka kinerja jantung akan meningkat dan pembuluh darah akan melebar dan ketika tiba-tiba berhenti dari kegiatan tersebut maka efek pusing di kepala sulit untuk dihindari.
5. Tekanan Darah Rendah
Kurangnya tekanan darah memang bisa dapat menimbulkan rasa pusing ketika berktifitas aktif seperti berolahraga. Namun untuk pencegahannya bisa dengan mengkonsumsi makanan dengan Gizi yang baik, seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur mayur 2 jam sebelum berolahraga.
6. Penyakit Tertentu
Penyakit seperti hipetensi dapat memicu kepala pusing ketika berolahraga. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pemasanan sebelum olahraga 15 sampi 30 menit, sehingga pasokan oksigen dalam jantung dapat tercukupi dan siap untuk melakukan olahraga.
 
7. Kurang Istirahat
Kurangnnya Istirahat memiliki pernanan dalam memicu pusing , apapaun jenis olahraganya. Ketika tubuh kekurangan istirahat yang cukup, maka sebaiknya jangan lanjutkan untuk melakukan olahragra, akan tetapi cukupi terlebih dahulu istirahat yang dibutuhkan tubuh dan mulailah latihan olahraga ke keesokan harinya atau sampai tubuh benar-benar tercukupi kebutuhan Istirahatnya.
Nah, berikut adalah beberapa penyebab umum terjadinya pusing ketika melakukan olaharaga. Jika saat pusing yang disebabkan dari beberapa penjelasan di atas, maka sebiknya untuk berhenti sejenak dari melakukan olaharaga yang dilakukan dan jangan memakskan diri untuk tetep melakukannya. Karena itu merupakan sinyal untuk tubuh dan membutuhkan istirahat yang cukup, dan ketika badan sudah kembali segar bugar kembali, maka bisa dengan melakukan olahraga tersebut dan memulainya secara perlahan, karena agar tidak terjadi lagi pusing yang berkelanjutan.
Images : naver.com


Leave a Reply