Bolehkan Olahraga Saat Perut kosong ? Ini Penjelasannya


Vemala
17 March 2018

Olahraga menjadi hal banyak orang perbincangan, dan tetunya di iringi dengan rumor yang beredar pula.

Olahraga menjadi hal banyak orang perbincangan, dan tetunya di iringi dengan rumor yang beredar pula. Dengan melakukan olahraga dalam keadaan perut kosong yang katanya  dapat membantu dalam pembakaran lemak lebih baik dan rumor-rumor lainnya yang mungkin pernah kita dengar juga. Namun, kali ini admin Vemala.com tidak akan membahas rumor-rumor yang ada, akan tetapi bahaya yang akan di timbulkan darinya.
Dalam melakukan olahraga dalam keadaan perut kosong memang dapat membantu dalam membakar lemak tubuh, akan tetapi dari hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh, terutama penurunan massa otot, karena tubuh ketika bahan bakar sudah tidak tercukupi lagi, maka akan mengambil protein dan merubahnya menjadi sumber energy dan hal ini tentunya dapat mengurangi massa otot. Padahal massa otot memiliki perananan dalam menjaga berat ideal tubuh.
Selain itu, seperti yang telah di ungkapkan oleh Biochemical Nutrition Laboratory di Baylor University , dengan melakukan olahraga dalam keadaan perut kosong dapat membuat pelepasan hormone karsitol dalam tubuh. sehingga dapat penguraian otot tubuh dan merubahnya menjadi bahan bakar untuk energy.
Dalam melakukan olahraga tentunya di haruskan untuk mengkonsumsi makanan yang cukup, agar ketika berolahraga dapat mendapatkan pasokan energy yang cukup dan terhindar dari cepat lelah, cepat lemas hingga mencegah penyusutan massa otot.
Makanan yang dikonsumsipun sebaiknya hanya sedikit saja, agar terhindar dari mual dan keram di sekitar perut. Misalkan dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 buah pisang dan makanan sejenisnya yang memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memberikan energy dalam jangka waktu yang relative cepat. Atau bagi anda yang ingin mengetahui jenis makanan apa saja yang diperlukan, bisa dengan membaca artikel sebelumnya tentang makanan sebelum olahraga dari link tersebut .
Jika kita membandingkan olahraga mana yang efektif , antara saat perut terisi atau pada saat kosong, maka hal yang baik dilakukan dan seperti yang direcomendasikan oleh para ahli,maka sebaiknya lakukan dalam perut berisi, karena ketika tubuh melakukan olahraga maka membutuhklan energy lebih besar, dan tetunya asupan makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga menjadi hal penting dalam memberikan energy pada tubuh, yang membuat olahraga yang dilakukan dapat bernergy dan tahan lebih lama dan memperngaruhi kualitas olahraga menjadi berjalan dengan maksimal dan lemak di dalam tubuh dapat terbakar dengan semestinya dan juga tidak menyusut massa otot tubuhnya.
Menurunnya Berat Badan Yang Baik
 
Jika anda yang memiliki program dalam menurunkan berat badan dalam melakukan olahraga, maka hal yang sebaiknya untuk diperhatikan juga, bukan hanya tentang menurunnya timbangan saja, akan tetapi perhatikan juga, apakah penurunan berat badan yang telah tercapai tersebut, merupakan benar-benar lemak yang di berkurang atau jangan-jangan malah massa otot yang berkurang.
Memiliki banyak otot yang terbentuk sebenarnya memiliki peranan dalam menjaga berat badan ideal, terutama untuk membantu pembakaran lemak yang berlebih dalam tubuh. Jadi kalau banyak massa otot yang hilang dari aktifitas olahraga yang dilakukan,justru lambat laun berat badan akan menjadi lebih cepat bertambah.
Untuk melakukan olahraga bukan hanya tentang program yang ingin anda capai untuk di raih, akan tetapi hal yang menjadi point utama adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan , dan terjaganya berat badan yang ideal, merupakan dampak baik dari olahraga yang dilakukan, apapun itu jenis olahraganya, entah itu untuk olahraga angkat beba, olahraga lari, dan olahraga lainnya.

 

Images : self.com


Leave a Reply