7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara Alami


Vemala
18 March 2018

Memiliki kulit yang bersih dan segar tentunya menjadi idaman setiap orang, terutama bagia seorang perempuan.

Memiliki kulit yang bersih dan segar tentunya menjadi idaman setiap orang, terutama bagia seorang perempuan. Wajah berminyak yang terdapat pada kulit wajah seseorang tentunya menjadi hal yang kurang menyenangkan, karena dapat membuat wajah terasa lengket dan hal ini menjadi kerisihan tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain itu, kulit berminyak rentan terjadinya wajah menjadi kotor, karena debu dan kotoran akan menempel pada kulit yang dapat membuat wajah lebih gampang terkena jerawat.
Ada beberapa orang yang menyebutkan, dengan memiliki wajah yang berminyak memiliki manfaat yang dapat membuat wajah terlihat lebih awet muda, karena wajah akan terus lembab dan mencegah dari kering dan keriput. Namun, pernyataan tersebut belum ada penelitian yang membuktikan tentang pembenaran hal tersebut. namun yang di pastikan dengan memiliki wajah berminyak beresiko lebih banyak terjadi jerawat pada wajah di bandingkan dengan memiliki wajah yang tidak berminyak.
Bagi seseorang khususnya seorang wanita yang suka bermakeup, memiliki kulit wajah berminyak dapat mengganggu hasil penampilan yang didapat. Dimana, ketika wajah di pakai make-up dan wajah mengeluarkan minyak maka penampilan akan berubah menjadi terlihat kurang bagus. Jika sebagian dari kita pernah mengalaminya, maka penting sekali untuk mengatasi dengan membaca penduan di bawah ini dengan lengkap agar hal-hal yang merugikan tidak terjadi pada anda.
Berbagai Macam penyebab Wajah Berminyak
 
1. Factor keturunan
Jika anda memiliki kebiasan yang baik untuk menjaga kesehatan, akan tetapi wajah anda sering berminyak, maka sebaiknya liat kembali, apakah dari keluarga anda memiliki hal yang sama. Jika ia, maka hal itu bisa di sebabkan oleh factor keturunan.
2. Sering Stress
Disaat stress bukan hanya dapat berdampak kepada perasaan seseorang, tubuh juga akan merespon dengan mengeluarkan hormone karsitol yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu stress yang berlebih juga dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan minyak berlebih pada wajah.
3. Terdapat Perubahan Hormon
Perubahan hormon di isi adalah dimana kondisi seseorang dalam massa hamil dan juga massa puberitas. Pada massa tersebut keseimbangan hormone menjadi tidak seimbang, dan dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan minyak yang berlebih pada wajah.
4. Perubahan Cuaca
Kaluarnya minyak dalam wajah sebenarnya memiliki manfaat yang dapat menjaga kelembabannya. Perubahan cuaca  menjadi lebih tinggi, maka minyak yang dikeluarkan tersebut membantu dalam melindungi kulit wajah.
5. Salah Memilih Produk Kosmetik
Salah memilih produk kecantikan memiliki peranan mengapa wajah seseorang mengeluarkan minyak berlebih. Maka dari itu perlu untuk memiliki produk kosmetik dengan mempertimbangkan jenis kulit dan merk tertentu yang sudah teruji aman untukk kesehatan kulit anda.
6. Mengkonsumsi Banyak Makanan Berlemak
Mengkonsumsi makanan yang berlemak memang boleh-boleh saja, asalkan konsumsi secukupnya. Namun, sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak kandungan minyak, karena bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak minyak di wajah secara belebihan.
Tips Mudah Cara Menghilangkan Minyak Wajah Berlebih Secara Permanen 
Jika kemungkinan besar terjadinya kulit wajah berminyak seperti pada penjelasan di atas, yang anda alami, bukan berarti tidak cara untuk mengatasi,perawatan dan pencegahannya. maka penjelasan di bawah ini bisa anda praktekan di rumah tanpa perlu harus ke salon untukk membersihkan dan perawatannya.
1. Menjaga Kebersihan Wajah
Menjaga kebersihan dengan setiap hari adalah hal yang diharuskan dalam mengatasi wajah yang berminyak secara alami. Lakukan pembesihan 2 sampai 3 kali dalam sehari, pagi siang dan malam untuk membersihkan wajah dari debu yang menempel dan mencegah terjadinya jerawat. Dan pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam membersihkan muka anda menggunakan bahan yang terhindar dari bahan kimia dan terbuat dari bahan herbal.
2. Buah Apel
Buah apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan cara mengkonsumsinya dengan cukup. Namun , manfaat dari buah apel juga bisa dipergunakan untuk menjaga kesehatan wajah dari minyak yang berlebih.
Cara menggunakan buah apel sebagai masker , cukup dengan menghaluskannya bisa dengan cara memblendernya dan menceampurkannya dengan satu sampai 2 sendok madu dan oilehkan kemudian dan tunggu hingga 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.
Kandungan yang terdapat dari buah apel memiliki peranan dalam mengangkat lemak dalam wajah dan sekaligus dapat membersihkan wajah dari debu dan membuatnya segar kembali.
3. Menggunakan Jeruk Nipis
Lalukukan pemijatan dengan menggunakan jerus nipis yang sudah di buang airnya. karena kita akan membersihkannya dengan munggunakan kulit jeruk nipis bukan menggunakan airnya, dengan menempulkannya kewajah dan memijat-mijat halus hingga 30 menit dan setelah itu basuh muka menggunakan air bersih.
Lakukan perawatan ini dalam tiga kali dalam seminggu, karena selain dapat memberihkan wajah dari debu dan minyak, kulit jeruk nipis juga dapat memberihkan bakteri yang menempel pada wajah, yang dapat membuat terlihat kusam, jerawat hingga untuk mengatasi komedo.
4. Menggunakan Putih Telur
Putih telur juga merupakan cara yang alami dan ampuh untuk mengatasi wajah berminyak dan juga untuk menghilangkan komedo di hidung. Ambil satu buah telur dan pisahkan antara yang putih dan kuningnya dan gunakan putih telur sebagai masker dengan mengocooknya terlebih dahulu hingga berbusa. Dan gunakan hingga 20 sampai 30 menit dan setelahnya basuh dengan air bersih hangat. Dan usahakan pilihlah jenis telur ayam kampung.
Putih telur memiliki kandungan protein yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, selain itu ketika protein tercukupi dalam tubuh seseseorang, maka akan bermanfaat untuk megencangkan dan menjaga elastisitas kulit dan juga rambut. Jika anda ingin menjaga kesehatan wajah, maka bisa dengan mencukupi kebutuhan protein setiap harinya dengan cara mengkonsumsinya.
5. Menggunakan Daun Seledri
Mungkin daun seledri akan lebih mudah di temukan bagi sebagian pembaca, karena ini merupakan bahan bumbu dapur untuk memasak. Untuk menggunakannya dalam menjaga kebersihan wajah, bisa dengan menghaluskan seledri dan merebusnya dan diamkan selama 30 menit hingga dingin. Dan ketika sudah dingin gunakan sebagai masker hingga 30 menit pada wajah anda hingga meresap dan kering.
6. Menggunakan Mentimun
Menggunakan masker untuk membersihkan wajah yang berminyak dengan mengguakan mentimun ini caranya hampir sama seperti pada penjelasan di atas. Dengan cara menghaluskannya dan oleskan lalu diamkan selama 30 menit. Selain itu menggunakan masker dari timun ini akan mebuat wajah terasa segar.
Dari berbagai macam penggunaan buah dan sayur-syuran pada di atas , maka kita bisa menyesuaikan saja yang memungkinkan anda pilih untuk dilkakukan, terkait karena lebih mudah ditemukan untuk bahan bakunya atau hal lainnya.


Leave a Reply