Inilah Bahaya Jika Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan


Vemala
18 March 2018

Dari beberapa aktifitas orang memang membutuhkan duduk seharian, contohnya seperti pekerja kantoran yang mengharuskan duduk

Dari beberapa aktifitas orang memang membutuhkan duduk seharian, contohnya seperti pekerja kantoran yang mengharuskan duduk di layar monitor komputer, dari pagi hingga sore hari ketika jadwal jam kerja selesai. Dan mungkin sebagian besar dari kita tidak pernah menghitung jumlah berapa jam duduk setiap harinya. Namun, taukah anda bahwa dengan melakukan duduk terlalu banyak, maka itu dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh ?
Ya, bagi seseorang yang memiliki aktifitas yang mengharuskan duduk seharian, memang tidak bisa dihindari karena itu merupakan kewajiban, namun bahaya yang akan timbul penting sekali untuk diketahui, agar untuk kedepannya bisa tau tentang bagaimana cara mengatasinya.
Jarang gerak seperti pekerja kantoran tentunya memiliki resiko terjadinya otot tidak terlatih, kaku dan juga melemahnya fungsi sendi. Selain itu metabolism tubuh juga ikut menurun, sehingga rawan terjadinya berbagai penyakit, seperti penumpukan lemak dalam tubuh dan memperngaruhi organ tubuh dalam mengatur kadar gula, dan juga tekanan darah. Seperti yang telah peneliti lakukan terhadap sopir angkutan umum memiliki resiko dua kali lebih besar terkena penyakit serangan jantung di bandingkan dengan kondektur yang memiliki aktifitas berdiri aktif.
Namun, persolanan tentang bahanya duduk terlalu lama, bukan hanya sampai pada penjelasan di atas, akan tetapi ada beberapa hal yang mesti diketahui pada penjelasan di bawah ini.
Berbagai Macam Resiko Ketika Duduk Terlalu Lama
Dalam perkembangan dalam penelitian yang dilakukan, memang belum ada ukuran yang pasti tentang berapa lama seseorang untuk duduk. Akan tetapi jika duduk terlalu lama memiliki resiko yang merugikan bagi kesehatan.
1. Beresiko Pada Punggung
Ketika seseorang duduk tentunya beban yang diberikan akan ditumpukan lebih banyak di bagian otot punggung, leher dan juga tulang punggung. Jika dalam waktu yang lama melakukan duduk, maka kurang baik juga bagi kesehatan tubuh bagian tersebut.
2. Beresiko Diabetes
Sensitifitas sel tubuh terhadap Insulit akan menurun seiring terlalu banyak duduk, yang bisa mengganggu organ tubuh tertentu, seperti menurunya fungsi pembakaran gula dan karbohidrat dalam merubahnya menjadi energy.
 
3. Beresiko Perut Buncit
Karena proses pembakaran lemak dan gula terganggu, bukanlah hal yang tidak mungkin kegemukan seseorang akan lebih mudah terjadi, terutama di bagian perut.
4. Nyeri Kronis
Ketika seseorang duduk terlalu lama, dan di tambah dengan posisi duduk yang tidak tepat menjadi hal sangat merugikan bagi tubuh, seperti nyeri punggung dan bahkan dapat membentuk postur tubuh menjadi tidak bagus. Dan bahkan dapat membuat rasa nyeri yang terlalu lama, karena perubahan fostur tubuh yang terjadi.
5. Otot Bagian Bawah Melamah
Duduk terlalu lama dan di tambah kurang melakukan olahraga dapat beresiko terhadap penyakit atritofi otot. Dimana, otot di bagian bokong dan kaki melamah.
 
6. Resiko kanker
Untuk hal ini memang berlum ada riset yang di pastikan. Akan tetapi ada beberapa keterkaitan antara duduk terlalu lama dan beberapa hal yang mengundang penyakit tertentu, seperti kanker kantung usus dan kanker kemih.
7. Osteoporosis
Kurangnya bergerak aktif beresiko melemahnya kekuatan tulang dan dapat berakibat terjadinya osteoporosis.
Cara Untuk Mengatasi Resiko yang Disebabkan Duduk Terlalu Lama
Memang benar kegiatan seseorang mengharuskan lebih banyak duduk dan memiliki aktifitas yang sedikit dan itu sudah menjadi keharusannya. namun bukan hanya pekerja kantoran saja yang memiliki aktifitas duduk yang lama, seperti seseorang yang suka bermain game, menontong Tv dan kegiatan lainnya.
Untuk menghindari resiko pada penjelasan di atas, maka kegiatan olahraga atau bergerak aktif merupakan solusi yang baik untuk dilakukan dalam mencegahnya. Misalkan anda seseroang pekerja kantoran, maka lakukanlah olahraga di tempat kerja atau memilih jadwal olahraga di malam hari atau pagi hari sebelum berangkat kerja.
Images : livelovefruit.com


Leave a Reply