Inilah Kesalahan Yang Sering Orang lakukan Dalam Berolahraga


Vemala
17 March 2018

Sudah menjadi hal yang banyak ketahui, dengan melakukan olahraga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh,

Sudah menjadi hal yang banyak ketahui, dengan melakukan olahraga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi kesalahan-kesalahan yang sering banyak orang lakukan justru akan membuatnya menjadi hal yang tidak sehat untuk tubuh dan mungkin sebagian dari pembaca juga pernah mengalaminya ?

Ada beberapa tanda-tanda dari kesalahan yang sering orang rasakan. Seperti badan mudah capek, pusing setelah berolahraga, olahraga tidak membuahkan hasil , dan lain sebagainya. Maka dari itu, setelah membaca penjelasan di bawah ini maka kesalahan tersebut tidak di ulangi kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seperti yang di inginkan.
1. Tidak melakukan Pemanasan
Suhu tubuh ketika melakukan olahraga dan tidak melakukan aktifitas itu berbeda.maka dari itu Untuk memulai olahraga di perlukan pemanasan untuk membuat suhu tubuh bertahap, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan , seperti pusing saat berolahraga, mudah lelah, rawan terjadinya cidera.
2. Tidak Melakukan Pendinginan
Jika melakukan pendinginan untuk mempersiapkan tubuh dari suhu rendah menjadi meningkat, maka melakukan pendinginan setelah berolahraga memiliki manfaat untuk mempersipkan tubuh dari suhu yang tinggi menjadi normal secara bertahap dalam menjaga terhindar dari pusing, badan lemas setelah berolahraga, dan cidera pada tubuh.

Untuk melihat lebih jauh dari manfaat pemanasan dan pendinginan dalam berolahraga bisa membacanya terlebih dahulu dari link halaman tersebut .

 
3. Olahraga Secara Berlebihan
Mungkin beberapa dari  kita pernah melakukan olahraga secara belebihan, karena ingin mencapai target yang ingin di capai,seperti ingin menurunkan berat badan, membangun massa otot dengan melakukan olahraga secara berlebihan. Melakukan olahraga secara berlebihan dan kurang memberikan jadwal istirahat pada tubuh maka akan membuat massa otot berkurang yang  di tandai dengan rasa nyeri, sakit, pegal setelah berolahraga.
Selain melakukan oalahraga, untuk menjaga kesehatan dan mencapai target yang di inginkan, melakukan istirahat yang cukup memberikan peranan dalam merecovery tubuh untuk memulihkannya kembali setelah berolahraga, agar badan menjadi lebih sehat dan segar bugar.
4. Memakai Pakaian Yang Tebal
Ada beberapa kesalahan yang sebagian dari kita lakukan dalam melakukan olahraga. Misalkan dengan menggunakan pakaian yang tebal, seperti celana panjang,jaket dan juga topi, karena mereka beranggapan bahwa dengan memakai pakaian seperti itu, maka akan membuat tubuh akan lebih cepat berkeringat, sehingga dapat membantu dalam membakar lemak dalam tubuh lebih banyak.
 Pernyataan tersebut sangatlah keliru, karena pasalanya, keringat yang keluar dalam tubuh merupakan regulasi tubuh untuk menjaga suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat, bukan lemak yang terbakar. Dan justru ini sangat bahaya bagi kesehatan tubuh, karena peningkatan suhu tubuh meningkat dengan cepat, yang membuat terkena Dehidrasi, yang membahayakan.
5. Asupan Makanan Yang Kurang Tepat
Sebelum  dan sesudah melakukan olahraga tubuh memerlukan asupan yang berbeda,namun secara keseluruhan Gizi makanan yang konsumsi harus di cukupi untuk memperbaiki atau untuk mencapai target di harapkan.
Ada beberapa orang yang justru sengaja tidak mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga, karena mereka beranggapan dengan membiarkan perut kosong saat berolahraga dapat membuat membakar lemak dalam tubuh. Namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan, karena bahaya olahraga saat perut kosong  memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan program yang ingin di capai.
Hal yang umum banyak orang capai dalam melakukan olahraga adalah, untuk menjaga tubuh ideal, membangun massa otot atau hanya untuk menjaga kesehatan. Misalkan bagi anda yang memiliki program untuk membangun massa otot dan menurunkan berat badan, maka protein merupakan salah satu asupan penting untuk tercukupi dari program yang sedang dilakukannya tersebut dan di dukung dengan Gizi lainnya.
Images : Stack.com

 



Leave a Reply