8 Penyebab Tubuh Gampang Lelah Dan Capek


Vemala
18 March 2018

  Pernah anda mengalami hal dimana ketika melakukan suatu aktifitas, tubuh lebih mudah lelah di

 
Pernah anda mengalami hal dimana ketika melakukan suatu aktifitas, tubuh lebih mudah lelah di banding dari biasanya ? hati-hati jangan sepelekan hal tersebut, siapa tau itu merupakan tanda-tanda sebuah sinyal buat anda untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
Aktifitas yang dibarengi dengan energy yang besar tentunya dapat membantu aktifitas yang sedang dilakukannya pun menjadi bisa berjalan dengan semestinya. Namun ketika tubuh mudah lelah ketika beraktifitas yang ada bukan focus dalam melakukannya dan malah memikirkan hal lain, seperti ingin segera cepat pulang untuk beristirahat, ingin tdur dan meskipun bisa beraktifitaspun sulit untuk bisa berjalan dengan baik.
 
Bukan hanya aktifitas anda saja yang akan terganggu, akan tetapi kesehatan juga di pertaruhkan, dan segera melakukan tindakan untuk mengembalikan Energy tubuh, sehingga menjadi lebih sehat dan segar bugar.
 
1. Kurang Cairan Tubuh
Seperti yang penelitian yang disampaikan di sports Medicine texas oleh Ben Hogan, seorang diet kesehatan. Ia menyampaikan, bahwa ketika tubuh kekurangan cairan, maka darah dalam tubuh mengalami pengentalan, sehingga fungsi jantung dalam mengolah tubuh menjadi kurang efesien. Sehingga mengurangi kinerja jantung dalam mensuplai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dan juga menghambat kebutuhan oksigen ke tubuh.
 
2. Jangan Lupakan Sarapan
Seperti yang di ungkapkan Goodson, bahwa ketika pagi hari kita sarapan, itu di ibaratkan dengan menyalakan lilin di pagi hari untuk mengisi “bakan bakar “ tubuh. Ketika tidur di malam hari maka Gizi yang terdapat dari makanan yang dikonsumsi dimanfaatkan oleh tubuh untuk memompa oksigen dan memompa darah agar tetap mengalir. Maka dari itu di pagi hari di haruskan untuk sarapan agar dapat mengisi energy kembali untuk memberikan energy ketika beraktifitas seharian.
 
3. Jarang melakukan Olahraga
Olahraga dapat membantu dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, seperti yang di ungkapkan di University of Georgia.
 
4. Melewatkan Olahraga
Olahraga sebaiknya dilakukan untuk memulai suatu kegiatan, karena dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh , terutama dalam memberikan energy seharian, seperti yang telah di sampaikan dari artikel sebelum tentang manfaat olahraga di pagi hari untuk mengawali aktifitas anda.
 
5. Kurang Asupan Zat Besi
Kekurangan Zat besi dapat beakibat tubuh menjadi mudah capek, lelah dan juga membuat anda sulit untuk berkonsentrasi. Jika itu penyebab anda mudah cepat lelah, maka asupi kebutuhan Zat besi dengan mengkonsumsi makanan tertentu, seperti telur, kacang-kacangan, daging sapi , sayur mayur dan di bantu dengan asupan Vitamin C untuk membantu penyerapan Zat besi pada tubuh.
 
6. Sering Mengkonsumsi Makanan Berkarbohidrat Dan Gula
Seringnya dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula juga dapat membuat tubuh menjadi kelelahan sepanjang hari, karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Maka konsumsilah makanan yang mengandung protein dan kurangi asupan gula dan karbohidrat,seperti mengkonsumsi daging sapi, daging ayam,nasi merah dan makanan sejenisnya yang tinggi akan protein.
 
7. Terlalu Banyak Konsumsi Asupan Kafein
Dalam study mengataskan, bahwa dengan mengkonsumsi tiga cangkir dalam sehari baik untuk kesehatan. Akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein secara belebihan juga tidak baik untuk kesehatan yang dapat menyebabkan berkurangnya kualitas tidur anda menjadi kurang baik.
 
8. Kurang Berisitirahat
Tubuh menjadi mudah capek bisa juga disebabkan ketika tubuh membutuhkan istirahata yang cukup. Anda bisa memperhatikan kebutuhan istirahat terlebih dahulu, karena bagaimanapun tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk mengemblikan kebugaran dan kesehatan tubuh.
 
images : radiancespace.com
 


Leave a Reply