Tips Olahraga Yang Tepat Saat Berpuasa


Vemala
10 March 2018

Melakukan puasa di bulan ramadhan merupakan hal yang wajib dilakukan, mulai dari terbitnya matahari hingga

Melakukan puasa di bulan ramadhan merupakan hal yang wajib dilakukan, mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. sekitar 13 jam tubuh tidak dapat asupan dari luar. Selain perubahan yang awalnya mengkonsumsi makanan di jam tertentu, dan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dan di tambah perubahan jenis makanan yang di konsumsi makanan, seperti kolak, es blewah , kuram dan lain sebagainya, maka dapat mempengaruhi fungsi pada tubuh anda.
Rasa lemas dan kurang bertenaga menjadi hal yang biasa terjadi, untuk melakukan kegiatan saja rasanya sangat malas sekali. Namun , bagaimanapun, kewajiban bukan hanya tentang melakukan puasa saja, ada kewajiban lainnya untuk di lakukan, seperti melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan.
Dalam melakukan puasa saja memiliki manfaat kesehatan secara medis, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat juga. Namun, alangkah baiknya jika kewajiban berpuasa tersebut dilakukan dengan cara mengisi waktu luang yang positif, seperti berolahraga.
Bagi beberapa orang , melakukan olahraga menjadi hal yang ingin mereka selalu lakukakn, meskipun sedang melakukan puasa, mungkin kamu salah satunya ?. Maka tips yang akan saya sampaikan di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk anda lakukan.
Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga
Sebelum melakukan olahraga yang akan dilakukan di bulan puasa, maka bisa dengan memilih waktu dan jenis olahraga terlebih dahulu, karena mengingat jenis olahraga ini dilakukan di saat perut sedang berpuasa untuk tetap merasa bugar, hingga berbuka puasa nanti.
Hal-hal yang Harus Dihindari saat berolahraga saat puasa
  • Hindari olahraga dengan intensitas yang tinggi
  • Hentikan olahraga ketika badan merasa sakit, pusing dan lemas
  • Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan makanan yang digoreng saat sahur dan berbuka puasa
  • Persiapkan asupan minuman pada saat melam hari untuk mencukupi kebutuhan air saat berolahraga saat berpuasa
  • Hindari melakukan olahraga di siang hari saat panah terika, karena dapat membuat tubuh cepat lelah dan rawan terjadi dehidrasi

 

1. Olahraga Di pagi Hari Setelah sahur
Siapa bilang melakukan olahraga dapat membuat tubuh lemas ? justru dengan melakukan olahraga di pagi setelah sahur dapat menjaga kebugaran tubuh anda. Karena udara di jam tersebut tidak panas dan masih segar, baik bagi untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun dengan cacatan olahraga yang dilakukan tidak melebihi batas tubuh saat berpuasa, seperti melakukan olahraga menjadi haus, karena dehidrasi dan sejenisnya.
 
2. Olahraga Di Sore Hari
Jika anda memiliki program dalam mempertahan kan massa otot, maka bisa melakukan olahraga di sore hari. Ya, itung-itung sambil ngebuburit istilahnya dengan cara yang sehat, yang dilakukan 2 jam sebelum menjelang buka puasa, dan olahraga yang cocok untuk program tersebut yakni dengan persentasi 50 persen olahraga angkat beban dan 50 persen untuk latihan kardio.
3. Olahraga Setelah Berbuka Puasa
Olahraga pada setelah berbuka puasa bisa melakukan dengan intensitas tinggi, karena ketika tubuh kekurangan cairan, maka tinggal minum saja. Namun, perlu di ingat jangan terlalu banyak makan saat berbuka, dan lakukan olahraga 2 jam setelah berbuka.
Untuk memilih jenis olahraga jenis apa yang harus dilakukan , maka tinggal disesuaikan saja sama jenis olahraga yang anda minati. Namun, perlu untuk di pertimbangakan lebih bijak , jangan samakan olahraga saat berpuasa dan tidak saat berpuasa, karena bagaimanapun yang terpenting adalah tubuh tetap bergerak aktif saat berpuasa.


Leave a Reply