Apa Itu Bisnis Startup ? bagaimana sejarah dan perkembangannya


Vemala
14 July 2016

Sebelum saya menjawab apa itu bisnis startup, terlebih dahulu saya akan menjelaskan sejarah munculnya istilah

Sebelum saya menjawab apa itu bisnis startup, terlebih dahulu saya akan menjelaskan sejarah munculnya istilah tersebut. kata startup jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah proses memulai. Proses dalam memulai sesuatu bisa artikal tentang terbentuknya suatu organisasi atau suatu perusahaan dalam memulai perkembangannya.

Menurut penulis pribadi bahasa bisnis startup adalah perusahaan yang baru mulai dijalankan dan menjalani riset untuk tujuan pemasaranya.
 
Namun di inonesia sendiri bisnis startup sendiri selalu di kaitkan atau dihungkan dengan aplikasi, website teknologi dan yang lainnya yang ada hubungannya dengan teknologi masa kini.
Kenapa bisa demikian, karena ada sejarah munculnya bahasa bisnis startup. Jika kembali Melihat kebelakang pada saat itu mulai banyak perusahaan yang membangun website perusahaanya, dan saat istilah perusahaan dot-com banyak berdiri secara bersamaan.

Seiring berjalannya waktu bisnis startup mulai berkembang sangat pesat, banyak sekali perusahaan yang membuat website sendiri untuk profile perusahaan maupun untuk dokumen umum perusahaan. Perkembangan bisnis startup semakin hari semakin berkembang juga diantara lahirnya bisnis startup untuk produk,jasa aplikasi, sampai pekembangan dunia ekonomi.
Melihat potensi bisnis yang ada dari bisnis startup sehingga melahirkan potensi besar dari dunia internet dan hingga saat itu banyak pula orang yang mengenal internet dan menjadikan sasaran perekonomian baru untuk pertumbuhan ekonomi.
Ada beberapa jenis perusahaan yang bisa kita golongkan dari suatu bisa bisnis stsrtup ini, dan hingga saat ini bisnis startup tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 
  • Perusuhaan baru memualai sekitar 1 sampai 3 tahun lamanya
  • Perusahaan masih proses pengembangan
  • Memiliki website untuk kebutuhan operasinya
  • Produk yang dijual berbentuk suatu digital atau operasi
  • Pada dasarnya bergerak dalam dunia digital
  • Jumlah karyawan tergolong masih sedikit dibawah 30 orang
Dengan memilihat beberapa kriteria tentang bisnis startup itu, kesimpulannya adalah dari suatu bisnis startup yang bergerak di bidang teknologi dan online. Dan memang banyaknya ciri-ciri yang disebutkan diatas seakan mengarahkan bahwa bisnis startup tersebut adalah bisnis yang ada hubungannya dengan teknologi dan online.
Perkembangan Bisnis StartUp Di Indonesia
 
Perkembangan bisnis di Indonesia sendiri cukup pesat perkembangan bisnis startup ini, karna dengan meilihat perkembangan dari pengguna internet saja berkembang sangat besar sekali untuk pasar dalam suatu bisnis startup.

Dengan melihat banyaknya pengguna internet yang sangat terus meningkat hingga saat ini,sehingga melahirkan banyak pelaku bisnis startup ini bermunculan karena adanya pasar dari dari pengguna internet yang menggiurkan untuk memasarkan produk dari startup ini. Dan saat ini penulis melihat dari pelaku bisnis startup local di Indonesia sudah mencapai sekitar 2000 bisnis startup.
Bisnis startup Apa sih itu yang laris di Indonesia ?
Dengan meningkatnya pengguna internet yang besar, maka akan besar pula keinginan dan kebutuhan setiap orang. Dan saat ini banyak yang minat pasar di internet seperti perusahaan E-commerce, aplikasi, informasi, game dan masih banyak lagi.

Nah bagaimana menurut anda, apakan anda juga tergiur dengan memulai bisnis startup tersebut. Dan menurut penulis sendiri untuk saat ini bisnis startup masih menjadi pasar yang sangat baik untuk anda memulai bisnis tersebut.
 
Terima kasih.

 



Leave a Reply