Inilah Cara Bernapas Yang Benar Agar Lebih Sehat Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

  • Whatsapp
cara bernafas yang benar

Untuk menjalankan sistemnya, tubuh memerlukan oksigen cukup. Dan ini bisa didapatkan dengan cara bernapas. Akan tetapi pertanyaannya adalah bagaimana cara bernapas yang baik, agar lebih sehat dan berkualitas hidup?

Setidaknya tubuh bernapas 20 ribu kali dalam sehari. Namun proses itu tak pernah disadari oleh manusia. Latihan belajar bernapas sangat dianjurkan. Sebab hal tersebut dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan mengurangi rasa sakit.

Read More

Pernapasan buruk membuat orang mudah panik, tersinggung, atau mengalami masalah gangguan pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis. Sehingga tubuh lesu dan insomnia. Dan berikut cara mudah mendapatkan tubuh sehat, melalui tehnik bernapas yang benar :

  1. Mengurangi Stres Dan Kecemasan

Pengaruh perasaan buruk ini mempunyai keterkaitan dengan sistem pernapasan. Hal tersebut dapat diatasi dengan tehnik pernapasan, yang umum digunakan untuk mengobat hiperventilasi. Langkahnya : Berbaring di tempat tidur dengan bantal di bawah lutut. Letakkan satu tangan di dada bagian atas dan tangan lainnya di perut, tepat di bawah tulang rusuk.

  1. Untuk Mendapatkan Energi

Dikukan bila tubuh sering merasa lelah dan tak bersemangat. Caranya : Cobalah tarik napas dalam-dalam selama tiga detik, melalui satu lubang hidung. Lakukan sambil menarik perut bagian bawah secara fokus. Kemudian embuskan napas melalui lubang hidung lain dalam waktu setengah detik, seolah sedang meniup lilin. Tehnik tersebut akan mengaktifkan diafragma dan membantu membersihkan CO2 di dasar paru-paru. Mengerjakan itu, tubuh akan menjadi lebih berenergi karena paru-paru sudah lebih bersih.

  1. Memperkuat Tubuh

Yoga dipercaya mampu membuat tubuh kuat. Tertarik ingin mencobanya? Caranya : Bukalah mulut dengan posisi membungkuk, pusatkan pikiran pada bagian belakang tenggorokan. Tehnik tersebut sedikit menyempitkan saluran udara. Bernapaslah secara perlahan dan hiruplah udara sebanyak-banyaknya. Kendalikan tenggorokan saat sesak napas dibuang, lalu tutup mulut dan mulai bernapas melalui hidung.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Endorfin atau penghilang rasa sakit tubuh dan otak bagian tengah yang bertanggung-jawab tentang modulasi dan toleransi rasa sakit. Tehnik ini membuat intensitas rasa sakit menjadi berkurang. Caranya : Berbaringlah terlentang, letakkan satu tangan di dada dan satunya lagi di perut. Bernapaslah secara perlahan selama lima kali hitungan dari perut. Hitungan kelima melebardan hitungan kelima lagi mengempis.

  1. Meringankan Asma

Buat penderita asma, pernapasan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pernapasan, karena lebih banyak jumlah karbondioksida yang keluar. Di mana hal tersebut membuat darh menjadi terlalu basa dan saluran udara menyempit. Mengatasinya : Bernapaslah normal. Supaya paru-paru tidak penuh keluarkan sedikit demi sedikit. Jepit hidung dan tahan napas dengan mulut tertutup selama lima detik, setelah ada keinginan untuk bernapas. Kemudian masukkan udara sebanyak mungkin tapi keluarkan hanya sedikit saja. Lakukan setiap hari dan berulang-ulang sampai pernapasan terasa ringan nyaman di dada.

Secara lengkap dapat disebutkan manfaat dari latihan melakukan tehnik pernapasan ini adalah  :

  • Meredakan stres
  • Mengurangi rasa cemas
  • Membantu memperbaiki kesehatan fisik dan mental
  • Mengurangi rasa gugup
  • Menurunkan amarah
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Membantu proses Detoksifikasi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu mengurangi rasa sakit
  • Untuk relaksasi perut
  • Mempercepat proses terjadinya penurunan berat badan
  • Meningkatkan aliran Limfatik atau Getah Bening
  • Meningkatkan fungsi Paru-paru.

Related posts