cara budidaya ubi cilembu

Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu Yang Baik Benar

7 views

Selain kentang dan singkong, kita juga akrab dengan ubi rambat atau sweet potato, yang bentuknya ada beberapa macam. Antara lain : Ubi ungu, ubi kepala kuda, ubi biasa yang berwarna putih kehijauan, hingga ubi madu Cilembu. Nah, yang terakhir disebut akhir-akhir ini begitu amat populer di kalangan pemilik program diet, sebab rasanya memang manis dan nutrisinya juga terbilang cukup.

Awalnya dulu dikenal di daerah Sumedang. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat sudah mulai familiar mengenali, terutama masalah kebaikan yang diambil. Hingga ramai-ramai mereka membudidayakannya.

Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu Yang Baik Benar

Buat yang penasaran cara menanamnya, berikut trik mudah mengembang-biakkan dari tunas sampai berbuah dan siap dipanen.

  1. Persiapan Lahan

Banyak yang menulis tentang pembibitan, tapi harusnya yang didahulukan perencanaan lahan yang dipikirkan terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mengefisienkan dana saat nanti dikeluarkan, membeli bakal bibit. Tentukan Anda hendak menanam secara luas atau sekadar di polybag, lalu mulailah anggarkan biaya.

  1. Menentukan Lokasi

Berikutnya tentang pentuan lokasi penanaman. Tumbuhan ini tumbuh subur di lokasi yang hangat, baik siang ataupun malam, dengan suhu di atas 30 derajat C. Jika memilih menanam dalam wadah, selalu kontrol air serta drainasenya.

Ubi tersebut menyukai tempat lembab, tapi tak tergenang air namun juga harus menyirami. Untuk dalam pot, rajinlah memeriksa. Bila tak memakai pupuk saat menanam, maka dua minggu setelah penanaman kerjakan instruksi perawatan yang benar.

  1. Trik Menumbuhkan Ubi

Yang dimaksud di sini setelah menyisihkan ubi yang hendak ditanam pada bulan berikutnya. Pengetahuan tentang perhitungan awal pertunasan juga yang lainnya. Para petani umumnya mempertimbangkan beberapa tunas per cm. Tapi bagi yang menamam di rumah, idealnya 10-15 tunas pada tiap akar diameter 2-5 cm.

Waktu yang diperlukan untuk menumbuhkan, sekitar 4 bulan, dengan suhu ideal berkisar 28-30 derajat, tingkat kelembapan 9%. Rajinlah melihat kecambahnya. Ketika sudah 2 cm siap dipindah.

  1. Menumbuhkan Tunas

Cara menumbuhkan tunas ubi Cilembu terbilang mudah, ia bukanlah tanaman yang rewel oleh cuaca dan butuh perawatan ekstra. Cukup sediakan saja tunasnya sesuai standar lahan yang dipakai, lalu lakukan langkah berikut! Kemudian pilih yang ukurannya sekitar dua inchi diameternya.

–          Pilih yang berkualitas baik, kemudian potong atau belah, di keempat sisi tusuk dengan lidi atau tusuk gigi, selanjutnya direndam dalam air.

–          Sesekali cek kadar air, ganti setiap saat untuk menghindari jamur bersarang di ubi.

–          Setelah tampak tunas, lakukan persiapan selanjutnya.

  1. Tentang Pertumbuhan Tunas

Satu hal yang harus Anda pahami, pada tahap pertumbuhan setelah ditanam di lahan, sudah tak bisa dilihat lagi. Keadaan ini tentu berbeda saat pertunasan, di mana semua dapat diawasi juga dikontrol. Ubi tumbuh dalam suhu 28-30 derajat, dan akan musnah pada suhu di bawah 20 derajat.

  1. Pertumbuhan Ubi

Pada masa ini, Anda tinggal merawat. Menyingkirkan tanaman penganggu atau gulma serta pemupukan. Idealnya tanaman harus terpapar sinar matahari secara langsung, selama kurang lebih antara 10-11 jam perhari. Oleh sebab itu, di awal artikel ini telah disebutkan untuk memilih lahan tanam. Karena salah satu tujuannya adalah memperkirakan sinar matahari dapat menjangkau area tersebut, sehingga proses pertumbuhan ubi tak terganggu.

  1. Tingkat Kematangan

Selama proses pertumbuhan dan perkembangan ubi tak terganggu oleh apapun, ubi Cilembu akan tatap terus tumbuh sepanjang tahun. Sedang penentuan puncak kematangannya, bisa diperhatikan dari warna daunnya yang telah menguning. Bila menemui hal demikian pada tanaman, itu tandanya ubi sudah siap dipanen. Tanaman tetap merambat, tapi daun-daunnya lama-lama akan mengering dan mati.

Siramlah terlebih dahulu, kemudian panenlah selagi masih musim panas guna menghindari kebusukan. Sehingga ubi tetap kering, dan jangan lupa menyisihkan sebagian yang kecil untuk pembibitan penanaman selanjutnya.

Demikian trik menanam ubi Cilembu. Sama seperti budidaya tanaman lain, memperhatikan secara detail merawat juga perlu, agar hasil yang diingin sesuai rencana. Sekian dan semoga bermanfaat.