Cara Melancarkan Haid Dengan Jamu Tradisional


Vemala
31 May 2018

Masa haid atau menstruasi yang tidak lancar merupakan salah satu ketakutan tersendiri bagi para kaum

Masa haid atau menstruasi yang tidak lancar merupakan salah satu ketakutan tersendiri bagi para kaum perempuan. Sebab, bagi para kaum perempuan, masa haid atau menstruasi yang terbilang normal ini adalah antara 30 hingga 35 hari sekali sehingga perlu adanya tindakan khusus bilamana Anda mengalami masa haid atau menstruasi yang tidak lancar ini.

Salah satu cara melancarkan haid atau menstruasi sendiri adalah dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis jamu tradisional. Ya, jamu tradisional ini dipercaya berkhasiat dan dipercaya mampu melancarkan masa haid atau menstruasi para wanita yang mengalami ketidaklancaran masa haidnya atau menstruasinya.

Mengapa memilih mengkonsumsi jamu tradisional untuk melancarkan masa datang bulan atau haid ini ? Ya, tentunya terdapat beberapa faktor faktor tertentu mengapa seorang wanita harusnya memilih jamu tradisional untuk digunakan sebagai obat yang berkhasiat guna melancarkan masa datang bulan atau haid seorang wanita. salah satunya adalah jamu tradisional ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena bahan bahan untuk melancarkan haid atau menstruasi dengan jamu tradisional ini dibuat dari bahan alami. Selain itu juga beberapa bahan baku untuk membuat jamu tradisional ini juga mudah didapatkan karena memang tersedia di pasar tradisional ataupun di supermarket. Lalu, untuk harga belinya sendiri juga cukup murah dibandingkan dengan Anda membeli obat melancarkan haid atau menstruasi di apotek.

Baca Juga :

Nah, salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan baku membuat jamu tradisional yang berkhasiat untuk melancarkan haid atau menstruasi ini adalah kunyit asam. Ya, sudah bukan menjadi rahasia umum bilamana kunyit asam sering kali dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk beberapa jenis jamu tradisional. Bahkan, beberapa produk kecantikan dan juga masker kulit juga menggunakan ekstrak kunyit asam yang tentunya juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Maka dari itu, tak heran jika kunyit asam ini banyak bermanfaat untuk tubuh karena memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk tubuh kita termasuk melancarkan masa haid dan juga meredakan rasa nyeri atau kram ketika Anda memasuki masa haid atau menstruasi.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara cara melancarkan haid dengan menggunakan media jamu tradisional yang terbuat dari bahan kunyit asam. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa langkah langkah untuk memanfaatkan kunyit asam ini sebagai jami tradisional guna memperlancar masa haid atau menstruasi bagi kaum wanita. Diantaranya adalah :

Bahan :

  1. Siapkan asam jawa secukupnya
  2. Siapkan kunyit yang telah dikupas dan dibersihkan sebelumnya
  3. Siapkan gula jawa secukupnya
  4. Sediakan 1 liter air matang
  5. Siapkan garam sedikit saja.

Cara Pembuatan :

  1. Parut atau giling kunyit yang telah dikupas dan dibersihkan sebelumnya.
  2. Setelah itu, peras kunyi yang telah diparut atau digiling hingga mengeluarkan sari sarinya
  3. Rebuslah terlebih dahulu air perasan kunyit dan kemudian masukkan asam jawa, gula jawa dan juga garam secukupnya.
  4. Jangan lupa aduk secara merata hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, maka diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit.
  6. Kemudian, tuang air rebusan kunyit yang telah dicampur dengan beberapa bahan seperti asam jawa, gula jawa, dan juga garam ke dalam gelas.
  7. Setelah itu, jamu tradisional ini dapat Anda minum.
  8. Minumlah jamu tradisional yang terbuat dari kunyit, asam jawa, gula jawa, dan juga garam ini secara rutin minimal 2 kali sehari.

Nah, itulah salah satu contoh jamu tradisional yang terbuat dari bahan alami yakni kunyit asam untuk memperlancar masa haid atau menstruasi.

images : pixabay



Leave a Reply